Bukannya pengen ngebahas soal politik nih ya tapi kalimat “kita gak butuh infrastruktur!” belakangan ini jadi begitu heboh di sosmed, yakin deh kamu-kamu belakangan ini akrab banget dengan omongan kayak gitu bener kan?  yang bilangnya kritik tapi nyatanya demi tujuan politik. Dengan alasan kalau masyarakat Indonesia itu butuh hal lain selain infrastruktur.

Dari segi politik hal kayak gitu sih sebenernya ya Cuma akal-akalan aja buat ngejatohin lawan, tapi dari segi kenyataan ya gak bener kayak gitu lah. Soalnya infrastruktur itu emang penting banget, masa iya seterusnya mau bergelantungan dari satu pohon ke pohon lain ehh haha.

Cuma nih ya kalau dilihat dari kenyataan diantara berbagai pola tingkah laku, kebiasaan dan sikap sebagian besar masyarakat Indonesia (bukan berarti saya memihak ya) sebenernya kalimat “kita gak butuh infrastruktur!” ya ada benernya. Ambil contoh halte bus, atau salah satu hal yang paling legend di Indonesia yaitu jembatan penyebrangan.

Coba deh perhatiin gimana kondisi jembatan penyebrangan, emang kepake? Kagak! Yang ada mah orang-orang malah milih nerobos jalan ketimbang nyebrang dengan jembatan penyebrangan.

Aneh juga sih ama hal kayak gitu, apa mungkin orang Indonesia itu gak peduli dengan hal yang bagus? Atau emang gak pantes?

Well, kalau saya sih bukan karena gak peduli atau bukan karena gak pantes. Soalnya sebenernya orang Indonesia itu pedulian orangnya buktinya hal yang sebenernya gak perlu ditahu malah dikepoin abis, itu kan bukti kalau orang Indonesia itu peduli ya gak? terus sebenernya orang Indonesia itu juga pantes banget dapet hal bagus, karena sebagai negara berkembang yang mulai ikut peradaban masa sih gak pantes dapet hal bagus ya gak?

Jadi sebenernya sih bukan soal kepedulian atau kepantasan tapi karena belum siap aja, kenapa? nih 7 alasan kenapa orang Indonesia belum siap dengan hal bagus.

Karena Gak Dimanfaatin

Nyatanya ada banyak hal bagus di Indonesia yang sama sekali gak dimanfaatin, seperti jembatan penyebrangan tadi.

Kamu-kamu tahu lah tujuannya itu buat apaan, ya selain memudahkan kamu-kamu saat nyebrang jalan jembatan itu juga buat ngurangin angka kecelakaan karena kamu nyebrang sembarangan. Tapi ya namanya orang Indonesia, udah dikasih yang bagus bukannya dipergunakan malah gak dimanfaatin sama sekali. Kadang juga di manfaatin tapi dimanfaatin untuk hal lain.

Karena Gak Punya Rasa Memiliki

Orang Indonesia itu bukannya gak pedulian, tapi sebenernya ya karena kurang punya rasa memiliki. Coba deh perhatiin taman-taman kota yang emang sengaja dibikin khusus biar cakep dan sengaja ditumbuhin pohon, rerumputan dan bunga biar makin indah. Tujuannya ya biar orang-orang yang manfaatin fasilitasnya betah karena segar dan damai.

Tapi nyatanya taman kota bukannya dijaga malah di rusak, apalagi dengan adanya trend selfie rumput yang tadinya gak boleh diinjek malah dijalanin. Bunga yang gak boleh dirusak malah abis dicabutin. Kalau pun di tegur bawaannya “yaelah kan ada tukangnya yang nanti rapihin lagi”.

Karena Kelewat Kreatif

Orang Indonesia itu sebenernya kreatif, ada aja hal-hal yang bisa memancing ide-ide brilian. Cuma ya kadang kreativitas orang Indonesia itu suka kelewatan, yang bahkan jadi gak sesuai dengan fungsi dan manfaatnya.

Seperti misalnya halte bus, kamu-kamu tahu lah halte itu dibikin untuk apa. Cuma boro-boro deh dimanfaatin yang ada kalau gak dijadiin tempat kencing malah dijadiin tempat mesum.

Karena Suka Takabur

“Jangan takabur!” itu salah satu nasehat yang sebenarnya sampai sekarang masih dipercaya. Cuma ya gitu deh masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Dikasih hal bagus buat dipergunakan malah diabaikan.

Contohnya helm, bagus dong helm apalagi manfaatnya emang penting banget buat keselamatan. Cuma ya karena takabur, dikasih helm bukannya dipake malah ditaruh di dengkul. Kadang mah ada juga yang bahkan kagak make sama sekali yang ngerasa tuh kepala udah standar SNI.

Karena Kurang Bersyukur

Ini nih yang paling nyata, masih banyak orang Indonesia yang kurang bersyukur. Yang udah dikasih bagus bawaannya malah pengen yang jeles. Seperti misalnya yang udah dikasih badan standar tapi malah pengen gemuk, ada juga yang biasa aja malah ngerasa kurus.

Karena Keseringan Belagu

Sering juga nih dilakuin orang Indonesia yang segitu ngeliat hal bagus bawaannya langsung belagu, padahal ngerti cara pakenya aja kagak apalagi ngerti manfaatnya.

Ya sebut aja kayak alat musik, pernah nemu kan orang yang bahkan kagak tahu mainin tapi sok-sok bikin video sambil megang alat musik. Ya kalau emang suaranya bagus sih gak masalah, lha suara juga pas pasan gitu.

Karena Lebih Suka Susah

Well ini nih yang disadari atau enggak masih jadi salah satu hal yang dilakuin orang Indonesia, Cuma ya pada gak pengen ngaku aja. Yang katanya sih modern tapi masih lebih suka hidup susah, contohnya soal kendaraan.

Banyak tuh orang Indonesia yang bawaannya nge-modif kendaraannya. Padahal ya kita tahu lah semua kendaraan di Indonesia itu udah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Tapi tetep aja di modif gak jelas, kalau modifnya dibikin keren ya gak masalah apalagi kalau emang dibikin makin nyaman. Cuma ya itu motor/mobil malah di ceperin, giliran dapet jalan berlubang susah sendiri deh.

Nah, gimana dengan kamu sendiri? Apa kamu termasuk salah satu yang suka kayak gitu? Semoga sih enggak karena kalau pembaca SegiEmpat mah cerdas-cerdas orangnya, udah gitu cakep lagi tapi sayang masih banyak jomblo sih bhahahaha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY