Pernah gak sih kamu dilarang buat nyalain TV tapi diem-diem tetep kamu nyalain? Pasti pernah kan? bahkan mungkin ada yang lebih parah, misalnya jangan buang di dalem tapi karena gak tahan akhirnya kamu buang di dalem. Hayoo lhoo siapa nih yang ngeres pikirannya? Haha puasa puasa . . .

Yakin sih salah satu diantara kamu pernah ada yang ngelakuin hal kayak gitu, yang udah jelas-jelas dilarang tapi tetep aja dilakuin bahkan meski itu udah diberi sanksi bagi siapa aja yang ngelanggar bener kan? ngerasa aneh gak sih ama kebiasaan kayak gitu? Kayak ada aroma-aroma gblknya gitu haha.

Tapi tenang sob! karena sebenernya hal kayak gitu mah udah biasa banget buat orang Indonesia, jadi ya kamu gak mesti ngerasa bersalah banget toh nyatanya banyak yang kayak gitu ya gak? haha gak lah, kalau kamu punya pemikiran kayak gitu berarti ada yang salah ama mental kamu. Ya kalau gak dibolehin kenapa mesti dilakuin? Udah gitu gak ngerasa salah lagi hmm . . .

Sebenernya sih semua orang Indonesia itu ngerti kalau emang ada hal-hal terlarang yang gak boleh dilakuin, Cuma gak tahu kenapa bukannya dipatuhi malah dilanggar. Mirisnya lagi kadang udah jelas-jelas melanggar terus udah jelas-jelas salah tapi bukannya nyadar malah marah ampe ngerasa kriminalisasi.

Buang Sampah Sembarangan

Semua orang tahulah yang namanya buang sampah sembarangan itu hal yang salah, kenapa? karena itu bakal munculin masalah, ya bayangin aja kalau kamu buang sampahnya ke muka orang kan bakal jadi masalah hehe.

Gak segitu juga sih emang tapi ya tetep aja kan namanya buang sampah sembarangan itu hal yang terlarang? Tapi ya tetep aja gak bisa megang sampah dikit bawaannya langsung pengen buang di mana aja. Padahal bisa banget tuh sampahnya di simpen dulu nanti kalau ketemu tempat sampah baru deh dibuang pada tempatnya. Apalagi kan tempat sampah juga udah banyak, ehh bener gak sih?

Main Hakim Sendiri

Salah satu kebiasaan terlarang yang sampai sekarang masih dilakukan. Entah itu ada copet, jambret, begal ampe debt collector bawaannya kayak gak bisa nahan diri untuk langsung mukulin.

Kebiasaan kayak gini sih terlarang sebenernya tapi ya jujur aja sih hal kayak gini juga suka gak bisa dihindarin. Apalagi kalau emang dulu pernah ikut jadi korban bawaannya mah emang udah kayak monyet begok yang sok perkasa gitu hehe.

Ngambil Sesuatu Tapi Gak Dibalikin Ke Tempat Ambilnya

Hayoo siapa nih yang punya kebiasaan kayak gini? Yang kalau ke supermarket suka ngambil makanan atau benda yang dirasa butuh tapi karena gak jadi atau karena gak cukup duit gak dibalikin lagi ke tempatnya? Tapi yang paling sering sih minjem sesuatu ama temen tapi sehabis make gak dibalikin.

Hal kayak gini emang sebenernya gak seberapa sih apalagi kalau dipikir mah nanti juga petugasnya bakal balikin lagi. Cuma kebiasaan kayak gini udah nunjukin seberapa besar tanggungjawabmu, kalau hal kayak gini aja gak bisa kamu lakuin ya gimana nanti kalau kamu dikasih tanggungjawab yang besar?

Berhentiin Kendaraan di Zebra Cross

Yakin sih kamu pasti pernah nemu beberapa pengendara yang kalau di lampu merah kendaraan lain udah berhenti tapi kendaraannya masih di maju-majuin ampe tepat di atas zebra cross, bahkan kadang ampe lewat tuh.

Ini salah satu hal yang paling membingungkan, padahal dari TK aja udah diajarin tuh tapi ampe gede ampe bisa bawa kendaraan sendiri masih aja gak ngerti. Padahal kan mau dia di depan atau di belakang ya gak bakal ngebuat dia sampai tujuan lebih cepet.

Sakit Dikit Minum Obat

Sebenernya kebiasaan kayak gini gak beneran terlarang sih, toh obat-obatan dibuat kan emang untuk menyembuhkan. Yang dilarang itu kalau sampe mengandalkan obat-obatan, yang kena flu dikit langsung minum obat, bersin-bersin dikit langsung minum obat tapi setelah sembuh bukannya dihindarin semua penyebabnya tapi malah dilakuin lagi.

Menerobos Lampu Merah

Ngeliat lampu lalulintas menunjukkan warna merah, bukannya ngerem tapi malah ngegas. Kadang mah gak Cuma kendaraannya aja yang digas tapi orangnya juga ikut ngegas.

Hal kayak gini ya udah jelas terlarang lah tapi ya tetep aja dilakuin ama orang Indonesia. Padahal tahu tuh kalau kebiasaan kayak gini dilarang dan bisa menimbulkan kecelakaan lalulintas. Dari pengalaman nih, orang kayak gini biasanya sih kalau ampe nabrak bakal gak ngerasa bersalah. Kalaupun dijelasin biasanya kalau gak marah ya nyalahin yang lain, misalnya “tuh mobil/motor depan juga melanggar”.

Nyerobot Antrian Tapi Gak Merasa Bersalah

Sumpah deh ini nih salah satu kebiasaan yang paling ngegemesin, yang kalau nemu orang kayak gini entah itu di pom bensin atau gerai ATM rasanya kayak pengen ngetokin kepalanya pake martil.

Ngeselin banget deh, apalagi kalau ditambah dengan gayanya yang gak ngerasa salah. Anehnya nih orang kayak gini ini biasanya yang paling emosian kalau dia yang digituin. Persis tuh kayak orang main game pake cheat yang gak ngerasa bersalah tapi giliran ngelawan cheater auto report akun haha.

Gak Make Helm

Nah ini ni kebiasaan terlarang yang kayaknya paling demen dilakuin orang Indonesia. Padahal udah tahu kalau pake helm itu gak Cuma sekedar peraturan aja tapi juga untuk keselamatan diri sendiri. Biasanya sih baru nyesel segitu dikasih tahu kalau udah telat seminggu.

Ehh ini apaan sih maksudnya kan helm saat berkendara kok jadinya mengarah kesitu? Ah tapi udahlah toh dua-duanya juga sama haha.

Well, sob! buat kamu-kamu nih pembaca setia SegiEmpat, karena semua hal itu udah jelas terlarang jangan sampe kamu lakuin lagi ya? ayolah belajar dari orang dewasa gak usah kayak anak kecil apalagi kalau udah salah tapi gak terima disalahkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY