Di Indonesia tempat-tempat bersejarah itu ada banyak, dari yang sejak era penajahan Belanda, Jepang sampai jaman purba dikala manusia masih hidup di gua. Emang enak ya jadi orang Indonesia, ya terlepas dari mirisnya orang-orang yang punya kedengkian terhadap kelompok yang berlawanan.

Tapi ah udahlah saya gak pengen bahas itu toh pada nantinya semua itu bakal jadi sejarah juga. Tinggal kitanya aja ngadepinnya gimana, mau dihadepin dengan santai atau dijadiin sejarah kelam sekelam hari-harinya jomblo, ehh kok jomblo lagi sih? ahh intinya gitu deh.

Nah, ngomong-ngomong soal tempat bersejarah nih sebenernya sebagian orang itu punya tempat bersejarah masing-masing. Seperti misalnya anak kost, yang diakui atau enggak buat anak kost itu gak ada yang lebih bersejarah ketimbang kamar kost-nya sendiri. Kenapa? nih 8 alasan kenapa kost-an itu bersejarah.

Hal Mistis

Bisa dibilang hal kayak gini itu salah satu hal paling melegenda di dunia kost-kost-an (ttssahh haha), karena emang cerita-cerita mistis itu selalu ada di setiap kost-an. Entah itu tangga angker, kamar horor, kamar mandi angker, pohon angker sampai Ibu kost. Kok bisa mistis sih Ibu kost-nya?

Ya bisa jadi mistis juga kan kalau kamunya udah telat 3 bulan gak bayar kost-an.

Kamar Mandi

Yang namanya kost-an itu ada yang nyediain fasilitas nyaman tapi ada juga yang enggak. Seperti misalnya soal kamar mandi, ya tahu sendiri kan kalau gak semua kost itu nyediain kamar mandi di dalem? Apalagi kalau sewanya ratusan ribu perbulan.

Meski kurang nyaman, sebenernya sih kamar mandi di luar itu ya bersejarah juga karena biasanya suka ada jam-jam tertentu yang ngebuat kamu bakal rebutan. Ya kadang suka ngeselin sih tapi disitu serunya, ya kali aja bisa mandi berdua bhahaha.

Geng Kost-an

Buat anak kost kebersamaan itu selalu jadi nomor satu, ya gak tahu kenapa juga sih entah itu karena sependeritaan, sekampung atau karena emang sama-sama nyaman setelah sekian lama tetanggan. Makanya suka ada tuh yang bikin geng, entah itu geng kamar atas atau kamar bawah.

Tetangga Kost- yang Ngegemesin

Ini nih salah satu hal yang paling identik di kost-an, selalu aja ada tetangga kamar yang ngegemesin. Cuma ya kalau ngegemesin karena cakepnya sih gak masalah tapi kalau ngegemesin karena paling ribut? Hmm bikin naik darah sih.

Makanan yang Sering jadi “Korban Thanos”

Udah pada nonton kan filmnya Avenger terbaru? Yang di endingnya itu ya gak enak karena bukannya menang beberapa Avenger malah hilang kayak debu. Kejadian kayak gitu sih emang gak mungkin, Cuma buat anak kost kejadian kayak gitu mungkin banget.

Yang paling sering sih ya makanan, yang kalau udah di taruh di meja suka yang tadinya ada bisa ngilang tiba-tiba, kadang juga ilangnya kepingan demi kepingan haha.

Kamar Dijadiin Basecamp

Yang namanya kamar kost, biasanya sih gak ada yang beda. Kalau pun ada bedanya itu ya Cuma di fasilitas, ukuran sampai biaya sewanya aja. Dari segi isi ya semua sama, Cuma biasanya ada tuh tipe anak kost yang mengutamakan kenyamanan. Makanya doi bakal ngebuat kamar kost-nya senyaman kamar sendiri. Yang mulai diisi dengan segala pernak pernik sampai fasilitas.

Cuma biasanya tipe yang kayak gitu sih udah yang paling apes, karena bisa dipastikan kamarnya bakal dijadiin basecamp. Entah itu main PS, ngerjain tugas, ngopi, ngemil sampai nyanyi-nyanyi.

Yang Tadinya Beda Kamar Jadinya Sekamar

Nah, ini nih yang paling legend diantara lainnya, tapi biasanya sih Cuma bakal ada di kost-an yang campur. Yang awalnya gak kenal, tapi sering ketemu jadinya akrab. Udah gitu lanjut deh jadi sering ngobrol, jadi lebih deket ehh tiba-tiba cinlok. Iya cinta lokalisasi ehh lokasi maksudnya (tapi ya ada sih yang udah kayak lokalisasi hehe).

Kalau udah cinlok gini ya biasanya sih ujung-ujungnya yang tadinya si cewek kamarnya di lantai dasar bakal hijrah ke lantai atas. Yang tadinya beda kamar jadinya sekamar, ya apalagi kalau bukan biar irit biaya plus bisa saling menghangatkan.

Hayoo siapa nih yang kayak gini? Ehh tapi kamu ama dia apa kabar? Masih lanjut apa udah putus nih? Ahh pasti udah putus, ya kan sukanya bukan karena cinta tapi Cuma asas pemanfaatan semata. Yang kalau udah dapet yang lebih ya ditinggalin, haha gak semua sih.

Ibu Kost yang Merangkap Jabatan

Kost-an itu ada banyak tipenya, gak Cuma yang kamar mandi dalem aja tapi ada yang elit, yang bebas, yang campur sampai yang si empunya kost ikutan nge-kost.

Nah, biasanya nih yang paling berperan itu ya Ibu kost yang bahkan gak Cuma sebagai kasir tapi juga bakal merangkap jabatan sebagai debcollector sampai security. Tapi biasanya sih yang suka ngegemesin itu ya kalau si Ibu kostnya udah jadi security yang tiap malam bakal sweeping dari satu kamar ke kamar lain. Ya kan yang lagi sekamar jadi mesti balik ke kamar masing-masing padahal udah hampir klimaks haha.

Well, namanya juga kost-kost-an yang emang setiap kejadiannya itu sulit dilupakan. Jadi kamu yang anak kost-an gak usah ngerasa rendah diri, karena kamu itu salah satu bagian dari sejarah yang gak bakal punah! Kan lumayan tuh bisa jadi bahan cerita buat anak cucu kelak. Ya kalau dapet jodoh sih haha becanda pasti dapet kok tapi kapan ya? bhahaha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY