Bagi kita kalau menyebut nama kepulauan maka yang paling pertama terlintas mungkin adalah keindahan alamnya. Karena memang ada banyak pulau-pulau di Indonesia yang menawarkan pemandangan alam yang begitu eksotis.

Untungnya kita tidak memiliki pulau terlarang, meski sampai sekarang mungkin masih ada pulau tak berpenghuni. Beda halnya dengan ke 7 pulau di bawah ini, meski punya pemandangan yang cukup mengagumkan namun pemerintah setempat memutuskan kalau pulau tersebut terlarang bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya, kenapa?

Dari pada menebak-nebak, langsung aja deh. Berikut kisah 7 pulau terlarang dari berbagai negara.

Pulau Farallon

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatFarallon island yang berada di Amerika, sejak tahun 1959 sampai 1970 sudah menjadi pulau yang digunakan untuk membuang sampah radio aktif. Menurut media setempat diperkirakan setidaknya puluhan ribu drum sampah radio aktif yang dibuang, dan sampai sekarang pun efek radioaktifnya masih ada. Karena itu pemerintah setempat memutuskan untuk melarang siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat ini. Apalagi pulau Farallon pun menjadi salah satu habitat hiu ganas.

Pulau Ramree

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatPada masa perang dunia ke II, pulau Ramree di Myanmar ini adalah salah satu pulau yang paling mencekam. Pasalnya dulu tak banyak yang tahu kalau pulau ini adalah habitat buaya air asin yang dikenal dapat tumbuh hingga 10 meter. Alhasil banyak pasukan militer yang tewas bukan karena peperangan tapi karena dimangsa oleh buaya. Sejak saat itu pulau ini mulai dikenal berbahaya sampai akhirnya ditutup secara resmi oleh pemerintah, karena ternyata selain buaya pulau ini juga jadi habitat nyamuk malaria.

Pulau Bikini

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatMendengar namanya mungkin Anda langsung berpikir “wah asik nih kalau ke sana, pasti banyak yang pake bikini”. Jangan ketinggian mengkhayalnya, karena meski namanya cukup menggoda tapi pulau Bikini yang berada di Republik Kepulauan Masrhal ini juga terlarang. Kenapa? karena pulau ini dulunya menjadi tempat ujicoba nuklir sejak 1946 sampai 1958, yang sampai sekarang radiasinya masih tinggi. Apalagi di pulau ini juga dihuni ribuan hiu ganas.

Pulau Surtsey

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatKalau Anda ingin menikmati indahnya erupsi gunung berapi yang ganas, maka Anda bisa berkunjung ke pulau Surtsey di Islandia. Tapi itu kalau ada yang mau mengantar Anda sih. Pulau Surtsey ditetapkan sebagai pulau terlarang karena pulau ini memiliki gunung berapi bawah laut yang masih sangat aktif. Tidak ada yang bisa memastikan kapan waktu aman karena gunung tersebut bisa meletus kapan pun ia mau.

Pulau Gruinard

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatedikit bergeser ke Skotlandia, pulau ini dulunya dibeli oleh Pemerintah Inggris untuk dijadikan sebagai tempat ujicoba senjata biologis. Akibatnya karena virus anthrax yang menyebar luas mengakibatkan 95 persen penduduk Pulau Gruinard tewas. Sejak saat itu pulau ini pun ditutup karena pencemaran virusnya yang tidak dapat dihentikan sampai sekarang.

Pulau Ilha da Queimada Grande

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatPulau ini sebenarnya merupakan pulau yang indah dengan khas hutan tropisnya. Tapi ini juga merupakan pulau yang sangat terlarang. Pasalnya pulau ini adalah habitat khusus ular dari berbagai jenis, baik itu yang berbisa atau yang tidak berbisa.

Pulau Sentinel Utara

7-pulau-terlarang-oleh-segiempatKalau pulau ini sih sebenarnya gak dihuni hewan-hewan buas seperti pulau lainnya, atau kawasan berbahaya karena radiasi. Tapi pulau ini pun ditutup untuk umum, alasannya pulau ini adalah salah satu pulau yang dihuni oleh suku primitif yang masih menganut kanibalisme. Berani datang kesini? Awas dimakan!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY