Sekarang emang bener-bener beda deh ama dulu, apalagi di era internet seperti sekarang ini. Dulu kalau mau ngobrol mesti ngumpul, dulu kalau mau mau mabar mesti ke rental atau yang kalau mau deketin cewek mesti tahu dulu nomor telepon rumahnya. Tapi sekarang mah mau itu ngumpul, mau itu mabar, mau itu deketin cewek bisa dilakuin di sosial media.

Rada miris sih emang karena sekarang kalau kita mau bersosialisasi udah gak kayak dulu lagi yang mesti berinteraksi langsung.

Tapi kalau diperhatiin lagi, sebenernya ada aja sih kelakuan orang-orang pengguna sosmed yang rada aneh. Seperti yang temen-temen MBDC bilang ibarat menuang garam di lautan, ada aja kelakuan pengguna sosmed yang sebenernya sia-sia belaka. Yang karena gak ngerti maksudnya apaan plus Cuma ikut-ikutan biar dikata kekinian malah ngelakuin hal yang percuma. Kayak gimana?

Nih 7 hal yang sebenarnya percuma tapi suka dilakukan di sosmed, pasti ada nih yang kayak gini.

Bikin Postingan Terus Dilike Sendiri

Seenggaknya sih kamu pernah nemu sekali nih, atau mungkin dulu kamu juga sering kayak gini Cuma karena keduluan sadar jadi akhirnya tobat. Yang entah itu post foto atau bikin status yang tiba-tiba terinspirasi dari kata-kata Mario Tegus terus dilike sendiri.

Hmm segitu kesepiannya kah mblo? Sampe temen-temen kamu di sosmed aja gak ada yang merhatiin? Kasian amat sih Haha.

Bikin Status/Upload Foto Terus Ngetag Diri Sendiri

Ini nih yang sering banget bikin betah di sosmed, bukan Cuma karena postingannya yang suka bikin seger mata tapi kadang emang ada aja kelakuan temen yang bikin senyum-senyum. Seperti ya ngetag diri sendiri. Yang entah itu bikin status romantis buat pacar tapi yang ditag gak Cuma pacarnya aja tapi namanya dia juga. Atau upload foto bareng pacar atau temen namanya juga gak ketinggalan di tag.

Gak masalah sih emang mau ngetag siapa aja, tapi kalau dipikir lagi sih hal kayak gini emang pecuma banget. Soalnya yang ngepost kan dia, orang mah pasti bakal tahulah, toh juga yang punya akun dia. Ya kecuali sih kayak fans anime garis keras yang ngepostnya foto-foto karakter anime kesukaan.

Bikin Status yang Katanya Gak Nyinggung tapi Isinya Nyinggung

Ini yang sempet rame nih di sosmed, jadi ada artis yang bikin insta story yang isinya sih ngeluhin orang-orang yang rada anarkis di sosmed terus sampe nyinggung gitu. Cuma uniknya nih ya, dari isi statusnya sih ya tetep aja dia juga nyinggung.

Hal kayak gitu emang sering banget tuh dilakuin orang-orang disosmed, yang katanya gak nyinggung tapi bikin statusnya tetep aja nyinggung yang disinggung. Kamu ngerti kan maksudnya? Hmm enggak? Ya udah deh intinya kayak gitu, kalau emang mau nyinggung orang yang nyinggung ya juju raja langsung gak usah pake istilah “no offense” segala karena nyatanya mah itu sia-sia.

RT Berkali-Kali

Masih inget ama twitter? Ya saya sih masih inget dan sampe sekarang masih make juga. Sosmed satu itu unik juga nih, gak Cuma karena pembatasan katanya aja tapi pengguna itu mulai banyak yang unik-unik. Yang pada suka mention-mentionan ampe retweet-retweet-an. Cuma uniknya sih kalau nge-retweet suka ada tuh yang nulis RTnya berkali-kali, padahal mah sekali aja udah cukup ya gak?

Nyindir Seseorang tapi yang Disindir Gak Temenan

Emang sih beneran, saya sendiri kadang suka ngerasa aneh banget ama kelakuan sebagian pengguna sosmed. Yang make sosmednya itu jadi overshare, yang gak Cuma pamer tapi sampe curhat segala. Dan biasanya yang dicurhatin itu kalau bukan soal romansa ya soal perasaan misalnya kayak lagi kesel ama seseorang. Bukannya ngomong langsung ke orangnya tapi bisanya Cuma nyinggung di sosmed.

Kalau yang disindir emang temenan sih gak masalah (ya paling yang disindir bakal nyindir balik, terus di screenshoot ama temen terus disampein ke yang nyindir, udah gitu sindir lagi terus yang disindir bakal nyindir lagi gitu aja terus) tapi biasanya yang disindir itu malah gak temenan. Aneh kan? ngapain nyindir kalau yang disindir gak temenan di sosmed?

Pake Hastag di Path

Kamu-kamu pengguna path berani taruhan nih pasti ada yang kayak gini. Seriring dengan tenarnya hastag, emang sih hampir semua sosmed itu munculin fitur hastag juga. Tapi kalau di path sih hastag kayak gini mah gak ada gunanya. Karena nyatanya kan hastag itu tujuannya untuk mempermudah pencarian, lha kalau di path emang pernah kamu ngepost pake hastag terus muncul di kolom search? Enggak kan?

Apapun Captionnya yang Dipost Foto Selfie

Dan ini nih salah satu hal yang paling sering dilakuin di sosmed. Pasti deh diantara sekian banyak temen-temen kamu di sosmed, atau mungkin juga kamu sih, pasti ada tuh yang  kayak demen banget upload foto selfie plus dengan captionnya.

Emang sih caption itu sebenernya buat menambah keterangan, tapi yang uniknya ya apapun captionnya yang di post itu foto selfienya dia. Kayak nulis caption “makan siang” tapi yang di post fotonya bukan makanannya. Atau bikin caption “vitamin sea” tapi yang diliatin Cuma mukanya dia. Ada kan kayak gini?

Well, yang namanya sosmed sih emang kadang unik, ya namanya juga sosmed yang pastilah banyak yang pake udah pasti juga kelakuannya beda-beda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY