Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua. Udah dari dulu semboyan itu melekat buat kita masyarakat Indonesia, yang emang merujuk pada perbedaan orang Indonesia yang beragam tapi tetap satu. Cuma sekarang? . . .

Udah jadi rahasia umumlah gimana masyarakat kita jadi terbelah di tahun politik ini, apalagi makin dekat pemilihan nih nyatanya mah makin kencang pengaruh dari dua kubu yang bertarung. Yang satu sibuk teriak cebis yang satu juga makin getol teriak preti

Tapi sebenernya sih meski perbedaan itu ngebuat mereka saling tuding, saling menjelekkan atau bahkan saling bersitegang tetep aja semboyan Bhinneka Tunggal Ika melekat dalam diri masing-masing. Buktinya meski berbeda kalau udah ngomongin 7 hal ini semuanya langsung bersatu. Apa aja? nih 7 hal yang bisa mempersatukan Indonesia.

Timnas Sepak Bola

Soal sepakbola sebenernya sih hampir sama kayak politik, karena masing-masing punya tim kesayangan karena pengaruh kedaerahan. Apalagi sejak isu soal pengaturan skor mulai menyeruak makin getol deh pada ngebela tim kesayangan.

Cuma meski kayak gitu, hebatnya orang Indonesia adalah saat timnas sepak bola kita lagi berlaga. Semua orang gak peduli suporter tim mana, kalau timnas udah berlaga semuanya bersatu ngedukung. Apalagi kalau yang dilawan itu tim dari negara yang dianggap musuh bebuyutan, semua orang Indonesia langsung kompak banget! Gak ada deh mikirin pilihan politik yang ada semuanya pada kompak ngedukung, kompak ngebully, kompak rusuh pokoknya kompak deh semuanya.

Gosip

Dari segi budaya maupun norma, ngomongin orang lain itu gak baik bahkan yang ngelakuin kalau sampe ketahuan pasti bakal dapat sanksi sosial. Entah itu dijauhin, diomongin balik ampe gak diajakin ngegosip.

Cuma meski kayak gitu gosip itu sebenernya termasuk salah satu hal yang mempersatukan Indonesia, coba aja deh perhatiin Ibu-Ibu komplek atau para asisten rumah tangga. Semuanya pada akrab bahkan jadi kayak geng itu karena apa? ya karena gosip, apalagi kalau ada satu tetangga baru yang belum apa-apa udah gonta ganti mobil.

Rokok

Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang susah dihilangin, bahkan nih ya kalau dulu yang ngerokok itu Cuma cowok sekarang mah cewek aja ada yang ngerokok coy! Padahal sih semuanya pada tahu kalau rokok itu gak baik untuk tubuh, Cuma tetep aja dilakuin.

Tapi ya percaya atau enggak yang namanya rokok juga bisa mempersatukan Indonesia. Mau itu lagi ngapain, di mana aja ampe merk rokoknya kalau udah ngerokok pasti bakal jadi akrab. Jangankan yang udah akrab yang gak akrab bahkan gak pernah kenalan sama sekali kalau udah ngerokok bareng ujung-ujungnya pasti jadi akrab. Biasanya sih berawal dari omongan “mas pinjem apinya mas”.

Selera

Soal selera biasanya sih emang semua orang bakal beda-beda, ada yang sukanya diaduk tapi ada juga yang sukanya gak diaduk. Ada yang sukanya indomie tapi ada yang suka yang sedap.

Tapi kalau soal selera sebenernya meski berbeda-beda tapi hal ini juga jadi pemersatu nih. Meski yang bersatu itu yang sama-sama suka aja, entah itu soal makanan, musik, game atau buku kalau sama-sama suka yang awalnya gak pernah deket aja jadi deket. Apalagi kalau udah soal selera film, biasanya sih meski berbeda selera kalau udah ngomongin film yang itu bakal bersatu juga hehe.

Artis

Sebagai publik figure artis emang gak pernah sepi dari sorotan, meski kadang ada yang ngefans kadang juga ada yang jadi haters.

Tapi yang namanya artis itu juga bisa mempersatukan Indonesia, coba aja deh kamu lagi di tempat rame gitu terus gak ada angin gak ada ujan kamu ngomongin artis yang terkenal. Ngomongin apa aja deh, pasti yang tadinya gak akrab bakal jadi akrab. Ya gimana gak akrab, kalau udah ngomongin artis mah dari yang tahu bener, yang tahu aja ampe yang sok tahu sekalipun bakal ikut nimbrung ngomong.

Mistis

Mistis atau pun hal-hal gaib itu udah ada sejak lama buat orang Indonesia, bahkan ya diakui atau enggak hal kayak gitu mah turut serta terlibat dalam proses perjuangan para leluhur dulu. Cuma ya kadang sekedar mitos belaka sih, yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Tapi meski kayak gitu, hal-hal mistis atau gaib sih juga termasuk pemersatu Indonesia. Gak percaya? coba deh kamu omongin soal mistis-mistis gitu pasti deh bakal ada yang nimpalin cerita. Dari yang ikut ceritain pengalaman yang sama, yang ikut ceritain pengalaman berbeda ampe yang ikut ceritain pengalaman orang tapi ngakunya pengalaman sendiri.

Ya gitu deh hal-hal mistis mah emang selalu menarik perhatian, orang mah gak peduli itu beneran apa Cuma karangan yang penting sensasinya.

Link

Well ini nih yang paling jadi pemersatu bangsa, meski katanya bisa berdampak buruk bahkan ngebuat pemerintah jadi sibuk ngeblok sana sini tapi nyatanya link itu tetap jadi pemersatu bangsa. Dari yang muda, yang tua, yang udah tua tapi sok muda sampai timses dua kubu aja bakal bersatu kalau udah urusan link.

Link emang pemersatu deh, bener gak? hayo ngaku deh siapa nih yang pada suka bilang “no link hoax?”.

Semoga sih perbedaan pilihan gak bikin kita jadi terpecah belah, soalnya kalau ampe terpecah siapa dong yang bakal bagi-bagi link? Haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY