Halo sob! gimana nih puasanya pasti nikmatin banget ya? gak ada deh istilah lemes-lemes gitu ya gak? toh juga masih hari pertama puasa masa sih udah lemes?

Gak kerasa banget emang kita per hari ini ampe 30 hari kedepan bakal ngejalanin puasa yang udah jadi kewajiban buat kita yang Muslim. Bawaannya masih kerasa aja hari-hari biasa tanpa puasa, yang bisa bebas makan dan minum atau ngelakuin apa aja yang kita mau.

Nah, karena per hari ini kita udah mulai puasa biasanya nih ya ada banyak hal-hal legend yang bakal kita temui. Entah itu bangun pagi langsung minum karena masih terbiasa dengan kebiasaan di hari sebelumnya atau yang tiba-tiba jadi sok religius di sosmed. Bahkan yang paling legend yang kayaknya bentar lagi bakal heboh adalah soal tempat makan. Ya seperti biasa sih kalau udah bulan puasa gini biasanya orang-orang yang pro dan kontra bakal tegang.

Cuma ya gak selalu kok tiap puasa itu-itu mulu, tapi ada juga hal-hal baik yang sering terjadi, seperti 6 hal legendaris kayak gini . . .

Mesjid Full di Waktu Tarawih

Bulan puasa itu spesial karena bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat, makanya buat umat Muslim bulan puasa ini kesempatan banget buat memperbanyak amal dan pahala. Salah satunya ya tentu dengan beribadah seperti melaksanakan sholat tarawih.

Nah, salah satu hal yang legend tiap bulan puasa itu adalah tempat-tempat ibadah yang selalu penuh saat shalat tarawih. Pasti kamu yang semalem lebih milih tarawih ketimbang pantengin motogp ngeliat banget dah gimana penuh sesaknya ya gak?

Cuma sayangnya sih hal kayak gini Cuma kejadian di awal-awal puasa aja lama kelamaan yang tadinya shaf bisa ampe 6 baris bisa tinggal 2 baris aja. Apalagi kalau udah makin deket lebaran hmm . . .

Macet Jelang Buka Puasa

Macet buat kota-kota besar sih emang udah bukan hal yang aneh lagi, malah udah jadi kebiasaan sehari-hari gitu ya gak? Cuma macetnya kalau puasa itu beda, bahkan dari pengalaman sih jauh lebih macet apalagi kalau udah jelang berbuka puasa.

Soalnya udah jadi tradisi buat mayoritas orang Indonesia untuk berbuka puasa dengan keluarga. Jadinya pasti bakal berlomba-lomba pulang biar bisa buka bareng di rumah. Tapi banyak sih yang gak langsung pulang, kebanyakan mah melipir dulu ke pasar atau market terdekat buat beli takjil dan alhasil yam akin macet. Karena yang satu buru-buru mau markirin kendaraannya dan yang satu lagi buru-buru mau keluar hmm . . .

Semangat Sholat Berjamaah

Semua umat Muslim tiap bulan puasa itu selalu disambut dengan suka cita, bukan Cuma karena spesialnya bulan puasa tapi juga karena puasa tahun depan belum tentu ketemu lagi.

Nah salah satu hal yang legend itu adalah euforia masyarakat kita dengan bulan puasa. Yang karena masih euforia banget nih bawaannya jadi begitu semangat untuk melaksanakan sholat berjamaah. Bagus banget sih sebenernya tapi ya seperti kayak hal sebelumnya, yang kayak ginian makin lama makin berkurang.

Sahur dan Buka dengan Menu 4 Sehat 5 Sempurna

Sahurnya makan enak, bukanya makan enak yup! Itu udah jadi salah satu hal yang legendaris buat umat Muslim Indonesia. Katanya sih biar bisa kuat puasanya tapi kalau diperhatiin lagi sebenernya sih karena euforia gitu.

Yang kalau sahur menunya lengkap dan seimbang, mulai dari makanan berprotein, vitamin ampe karbohidrat. Bahkan gak Cuma makan berat aja pasti bakal ada juga makanan penutup, entah itu camilan atau buah. Sewaktu buka puasa ya gitu juga semua nutrisi makanan di kontrol banget.

Cuma makin bertambah hari biasanya sih menunya gak bakal sehebat awal-awal puasa. Yang kalau tadinya bisa makan ayam dan daging jelang pertengahan ampe akhir puasa ya tetep ayam ama daging sih tapi ayamnya yang masih dalam bentuk telur terus dagingnya udah berbentuk mie instan hahah.

Semua Orang Masih Puasa

Hari pertama puasa ya udah pasti dong pada semangat, pokoknya bakal semaksimal mungkin untuk menahan diri, ya kecuali sih yang tiba-tiba kedatengan tamu atau karena sakit. Tapi kalau enggak mau makan sahur atau tidak pokoknya mesti ditahan puasanya.

Cuma giliran hari-hari terakhir mulai deh setengah-setengah, ada yang masang muka lemes biar dikira puasa, ada yang sok-sok ngeringin bibir biar dikira puasa padahal kagak. Mirisnya lagi kadang mah ada yang sengaja gak puasa dengan alasan “saudara muslim kita yang lain udah lebaran”. Cuma untungnya sih puasa tahun ini kita udah barengan jadi gak ada lagi modus kayak gitu haha.

Gak Kesel ama yang Bangunin Sahur

Udah jadi tradisi yang legendaris di Indonesia kalau tiap bulan puasa pasti bakal ada anak-anak bahkan kadang sampe orang dewasa yang keliling komplek atau kampung buat bangunin sahur.

Yang namanya bangunin orang sahur mah pasti berisik banget, dari yang sekedar teriak ampe yang bawa alat khusus tujuannya ya biar ribut aja gitu terus yang bakal puasa jadi bangun karena berisiknya.

Nah, di awal-awal puasa hal kayak gitu sama sekali gak ngeganggu, bahkan mau seribut apapun biasanya mah dari dalam rumah bakal ada yang ikut nyautin.

Cuma ya jangan coba-coba kalau udah masuk akhir pertengahan puasa, meski sebenernya kadang gak seribut di awal tetep aja segitu dibangunin bawaannya emosi.

Well emang sih ada banyak macam hal yang suka terjadi selama bulan puasa. Tapi ketimbang ngurangin pahala ya mending di nikmatin aja dah, oh ya selamat berpuasa buat kalian para pembaca setia SegiEmpat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY