Semua orang kalau ditanya pasti gak suka ama kebohongan, ya emang ada yang suka dibohongin? Ya gak ada lah. Tapi uniknya nih ada aja yang gak suka kebohongan tapi suka berbohong. Udah gitu kalau omongannya udah mulai diragukan, mulai deh ada yang namanya sumpah-sumpahan, kayak gini:

“Serius Bro! Gak Bohong Gua! Samber Gledek Deh”

Gledek alias petir, ya semua orang termasuk kamu pasti takutlah ama petir, ya gila aja kan kalau sampe kesambar? Jangankan kamu pohon ampe jalan aspal aja bisa bolong kalau kesambar petir.

Cuma meski ditakutin, ada aja orang yang malah sok sumpah-sumpahan kesambar petir. Yang kayak gini sih asli gambling banget, soalnya ya petir kalau mau nyambar mah gak milih-milih.

“Gak Bohong Gua Bro! Lo Ngajak Sumpah Pocong Juga Mau”

Sumpah pocong, ini salah satu hal klasik yang legend nih di Indonesia, yang kalau kata orang-orang tua hal kayak gini itu udah ada sejak jaman dulu.

Gak tahu kenapa sih hal mistis kayak gini suka dijadiin sumpah, padahal kan pocong itu salah satu mahkluk gaib yang suka ditakutin ini malah dijadiin sumpah.

Kalau kata orang-orang sih sumpah kayak gini kalau dilakuin bakal kena musibah, ya gak tahu sih bener apa enggak karena ada juga yang bilang kalau yang bohong bakal diteror ama pocong.

“Kalau Gua Bohong Gua Mandul!”

Sumpah yang jadi penentu idup dan matinya kesuburan seseorang ini, malah sering dipake sama bocah-bocah SD. Padahal ngerti juga gak apa itu mandul. Udah main sumpah-sumpah aja.

“Iris Nih Kuping Gua!”

Hmm rasa-rasanya kok kayak pernah denger ya sumpah kayak gini?

Ngiris kuping emang udah jadi salah satu sumpah yang udah sering dipake, biasanya sih yang ngambil sumpah kayak gini itu orang-orang yang berani plus ngomongnya dengan nada tinggi biar meyakinkan.

Cuma ya gitu deh, hal kayak gini mah sukanya Cuma di mulut aja gak ada yang beneran berani ngelakuin. Kalau ketahuan bohong ya ujung-ujungnya ngeles gitu.

“Potoh Nih Kemaluan Gua Kalau Bohong”

Hayo siapa yang masih inget sumpah kayak gini?

Ngeri sih ngebayanginnya Cuma ya gitu deh, omongan kayak gini juga sering dipake ama orang buat meyakinkan gitu. Entah itu meyakinkan orang kalau omongannya bener atau biar gak ketahuan bohongnya.

Tapi ya tetep aja sih ujung-ujungnya gak dilakuin juga kalau ketahuan bohong. Bilangnya paling Cuma becanda terus sambil pasang muka tembok.

Well, ya sebenernya hal kayak gitu bisa dimaklumin sih, karena namanya juga makhluk hidup yang emang udah dari sononya kalau udah kepepet pasti bakal berusaha ngebela diri. Cuma ya gitu deh kadang caranya kalau gak main sumpah-sumpahan, ya nyalahin orang lain. Hmm . . .

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY