Kendaraan diciptakan itu untuk mempermudah kita dalam menempuh jarak tertentu, dan makin kesini tiap kendaraan pun mulai diciptakan dengan berbagai fitur demi kenyamanan pengendara serta keamanan pengendaranya.

Cuma gak tahu kenapa di era yang teknologinya udah maju banget seperti sekarang ini, masih aja ada orang-orang yang malah Sering menyalahgunakan fitur-fitur yang ada. Entah itu karena emang bener gak tahu fungsinya atau gak mau tahu, ya tahu sendiri kan orang-orang di negara +62 yang emang kadang suka seenaknya? Dan biasanya 5 benda ini nih yang fungsinya sering disalahgunakan.

Hmm yakin sih kamu-kamu pasti ada yang kayak gini . . .

Spion

Pernah gak kamu kena tilang ama Bapak-Bapak Polisi atau mbak-mbak Polwan karena kendaraanmu gak punya spion? Itu udah nunjukin kalau spion itu benda yang fungsinya penting banget!

Tahu gak kenapa kamu kena tilang? Ya selain melanggar UU sih (termasuk nyari uang makan juga hehe piss) kamu ketilang karena kamu udah membahayakan keselamatan kamu dan orang lain.

Jangan salah spion itu punya fungsi yang penting banget demi kelancaran berkendara dan keamanan, karena dengan spion kamu bisa tahu kondisi kendaraan di belakang kamu untuk memastikan apakah kamu bisa belok atau mengubah lajur kendaraanmu.

Tapi ya kadang mah spion itu malah dipake buat hal lain, entah itu Cuma sekedar jadi hiasan kendaraan dengan berbagai  macam bentuknya atau dipake Cuma buat ngaca! Hayoo siapa nih yang suka ngelipat spionnya ampe pas ke muka?

Pedal Gas

Tanpa adanya benda satu ini bisa dipastikan kendaraanmu tidak akan bergerak, ya gimana mau bergerak kalau kamu gak bisa memproses pembakaran untuk menggerakkan kendaraan?

Fungsinya? Ya kamu-kamu pasti udah pada tahulah apalagi kalau bukan menggerakkan kendaraan, ya kecuali sih kendaraan kamu masih pake tenaga betis kayak sepeda gak butuh emang hehe.

Intinya pedal gas itu penting banget dan fungsinya pun jelas, Cuma ya bukan berarti kamu bisa makenya sembarangan. Yang karena udah ngerasa bisa bawa kendaraan tiba-tiba kamu berubah status layaknya pembalap. Yang ngegasnya kenceng-kenceng padahal di jalan raya. Yang namanya pembalap mah ada di treknya, Rossi aja yang udah juara dunia berkali-kali balapnya Cuma di sirkuit lha kamu yang gak pernah ikut kejuaraan sok-sok jadi pembalap?

Lampu Hazard

Fitur ini sebenernya sudah lama ada tapi baru belakangan ini aja diterapin di hampir semua kendaraan. Kalau dulu mah mesti dibawa ke bengkel lagi buat dipasangin alat biar lampu seinnya jadi lampu hazard.

Dari segi fungsi lapur hazard ini sebenernya penting, kenapa? karena ini bakal ngasih tahu ke orang-orang kalau kamu sedang dalam keadaan darurat atau bahaya. Termasuk juga buat ngasih tahu kalau kendaraan kamu sedang bermasalah jadinya kamu mesti melambat.

Cuma lucunya sih mayoritas orang Indonesia nyalain lampur hazard saat hujan, saat melintas di perempatan jalan, saat berangkat ke kantor udah telat ampe yang paling lucu-lucu ngegemesin pengen nampol adalah saat lagi konvoi. Yaelah bro! jadi bikers mah gak segitu juga kaleee mau amat sih ketahuan bikers? Eh tapi bukannya bikers itu mestinya lebih tahu ya? kan bikers bukan orang awam? Haha . . .

Lampu Sein

Kendaraan sekarang itu setiap benda yang ada punya fungsi masing-masing, entah itu ukurannya besar atau kecil ya termasuk lampu sein. Meski dari segi ukuran lampu sein itu kecil bahkan kadang lebih kecil dari spion fungsinya juga gak kalah penting yaitu untuk ngasih tahu kendaraan di belakang atau di depan kalau kamu mau belok atau berpindah lajur sederhana banget kan?

Cuma yang namanya orang Indonesia mah hal sesederhana itu aja kadang masih juga gak ngerti. Bahkan kadang gak dipake sama sekali, padahal ya penting banget. Entah itu buat belok, pindah lajur sampe mau mundurin kendaraan untuk parkir. Kadang sih ada juga sebenernya yang make tapi makenya Cuma pas belok kanan aja, belok kiri atau pindah lajur enggak. Yang mirisnya lagi ada tuh yang nyalain lampu sein kiri padahal belok kanan hmm kelakuan siapa nih kayak gini? . . .

Klakson

Salah satu benda yang paling sering dipake tidak sesuai dengan peruntukannya. Padahal sejatinya klakson itu diciptakan sebagai kode demi menciptakan lalu lintas yang aman dan tentu diperuntukkan untuk memberi tahu kendaraan di depan saat kamu ingin mendahului.

Tapi nyatanya? Ya emang sih dipake buat kode juga terus sering juga dipake buat ngasih tahu kendaraan yang ada di depan. Cuma ya ngasih tahunya itu yang malah diperuntukkan dengan cara lain. Entah itu ngasih tahu kalau marah, ngasih tahu kendaraan di depan buat jalan padahal lampu merah masih nyala ampe ngodein temen atau cewek. Yang paling ngegemesin sih kalau bunyiin klakson pas lagi macet, seolah jalanan emang sengaja dibuat macet biar bisa menghambat dia hmm . . .

Well ya gitu deh sebagian orang di negara berflower +62, kadang mah ada aja kelakuannya yang nyeleneh bahkan cenderung semaunya ampe seenak dengkulnya! Gak mikirin orang lain yang punya hak sama.

Padahal kan mestinya kalau emang mampu punya kendaraan apalagi yang harganya malah tuh otak mesti diupgrade juga ya gak? ehh kecuali sih duitnya udah abis buat kredit jadinya gak cukup duit buat upgrade otak hahaha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY