Kita mungkin sudah terbiasa melihat fenomena uniknya para pengendara motor, yang lampu merah bukannya berhenti malah makin tancap gas. Udah gitu kalau kita berhenti di lampu merah, bakal ada pengendara lain dibelakang yang bunyiin klakson sekencang-kencangnya karena yang ada dipikirannya “buruan masih ada celah bisa lewat mumpung kendaraan lawan arah belum melintas”. Tapi giliran ada yang ditabrak pada ngomong “makanya jangan melanggar lampu merah”.

Saya sendiri gak habis pikir gimana gaya berkendara orang Indonesia, yang meski udah banyak korban tapi gak pernah ada jeranya. Saya sempat mikir “apa Cuma di Indonesia aja ya pengendara motornya kayak gini?” yang bahkan sekarang itu udah menular ke pengendara mobil. Tapi dari hasil penelusuran ternyata kita gak sendiri sob! ada negara-negara lain yang pengendara motornya juga kayak di Indonesia. Bahkan ada yang lebih parah, penasaran? Ada banyak sih tapi 4 dulu deh. Nih 4 negara dengan pengendara motor yang paling gak tahu aturan.

Republik Dominika

Republik Dominika yang berada di Amerika bangian Tengah juga punya pengendara motor yang sangat ekstrim. Para pengendara motor di negara ini gak Cuma hobi ngebut di jalan umum, tapi mereka juga hobi menerobos lampu lalulintas bahkan melanggar rambu-rambu yang ada di jalan. Sekacau apa? nih lihat videonya.

India

India emang paling dikenal dengan Bollywoodnya, tapi kalau dari sisi lalu lintasnya maka negara yang sebenarnya sudah lebih maju dibanding Indonesia ini juga terkenal dengan pengendara motornya yang gak kenal aturan. Orang-orang di India gak pernah mau tahu dengan istilah safety ride, pokoknya gas poll mau itu sendiri atau sekeluarga kayak video di bawah ini.

Nigeria

Di Benua Hitam sana, tepatnya Nigeria juga punya masalah yang sama pada pengendara motornya. Kalau dibandingkan sih masih mendingan di Indonesia, karena masih pada make helm semua. Kalau di Nigeria jangankan pake helm pokoknya jalanan itu yang punya Cuma yang pake motor, gak Cuma menerobos lampu merah tapi juga melawan arus dengan santainya.

Gak Cuma motor, mobil pun dengan santainya melawan arus.

Vietnam

Di negara tetangga Vietnam juga gak kalah ekstrimnya, yang bikin beda di sini selain pengendara motornya yang amburadul cewek-cewek pengendara motor pun suka berkendara sesukanya. Gak Cuma di Vietnam sih sebenarnya karena di Indonesia juga kayak gitu, suka belok gak liat kiri kanan, weser kanan beloknya kiri, main potong jalan udah gitu kalau gak dikasih jalan justru marah. Cuma kalau di Vietnam cewek-ceweknya gak takut tampil seksi plus dengan aksi nekat kayak gini.

Pada sadar gak kalau ke 4 negara tersebut punya kesamaan? Bukan bermaksud meremehkan ya, tapi ke 4 negara tersebut sama-sama disebut “negara ketiga”. Yang ngerti tahu lah apa istilah itu, Cuma masa iya kita mau disamakan sama mereka yang negara ketiga? Malu dong!

LEAVE A REPLY