Ada yang bilang kalau Indonesia sekarang udah setara dengan negara-negara miskin yang ada di Afrika, Cuma ya bener apa enggaknya sih saya balikin ke kamu-kamu lagi deh. Soalnya ya tahu lah hal kayak gini lagi sensi, entar malah ada yang bilang “media itu harus netral bla bla bla bla”.

Tapi kalau ngeliat kenyataannya sih emang banyak orang Indonesia yang hidupnya miskin, yang hidupnya dari hari ke hari, yang gak punya penghasilan tetap, kadang makan kadang puasa pokoknya yang kayak gitu deh.

Terus kalau yang punya kerja tapi seminggu abis gajian jadi melarat apa itu termasuk miskin?

Ya enggaklah, kan udah kerja udah punya penghasilan tetap yang bikin melarat mah gaya hidupnya aja yang terlalu banyak maunya.

Cuma ya emang sih diantara sekian banyak orang miskin di Indonesia itu ada juga yang miskinnya beda-beda. Kalau kata temen-temen MBDC sih “yang miskin terselubung” hehe, yang kayak gimana? nih 4 jenis orang miskin yang ada di Indonesia.

Yang Miskin Moral

Salah satu jenis yang paling banyak nih sebenernya, Cuma ya boro-boro deh ngaku kadang malah bawaannya sibuk cari pembenaran aja. Seperti misalnya koruptor, yang demi memperkaya diri dan kelompok duit hak orang lain diembat juga.

Tapi karena jenis kayak gini banyak itu berarti bukan Cuma koruptor aja, bisa juga kayak kamu-kamu yang hobi melanggar lalu lintas, melawan arah, bawa kendaraan seenaknya, suka buang sampah sembarangan ampe yang suka nyinyirin orang.

Yang Miskin Ilmu

Yang kayak gini banyak juga nih, bahkan sekarang makin banyak dan makin nunjukin eksistensinya. Jenis kayak gini bukan berarti gak sekolah ya, karena nyatanya mah orang miskin ilmu sebenernya banyak juga yang sekolahnya tinggi.

Jenis yang kayak gini paling gampang nih ditemin di sosmed, yang bawaannya gak bisa nerima opini lain selain opininya. Pokoknya sih yang paling bener mah Cuma dia yang lain ibaratnya Cuma kayak upil yang ngenganggu dan perlu dikeluarkan biar lega haha.

Yang Miskin Akal

Yang kayak gini biasanya sih yang termasuk kedalamnya suka ngerasa kreatif, banyak akal dan cerdas tapi sebenernya mah kagak. Soalnya yang kayak gini suka ngelakuin hal-hal yang gak masuk akal tapi ngira kalau dia banyak akal.

Salah satu contohnya saat trotoar yang dibuat khusus untuk pejalan kaki malah dipake buat berkendara motor atau markir mobil.

Yang Miskin tapi Sok Tajir

Nah ini nih yang paling legend, yang karena tuntutan gaya hidup kekinian, demi keperluan sosmed dan demi sebuah status sosial biar kelihatan orang berada bawaannya maksa punya segalanya padahal nyatanya mah gak punya. Jangankan punya pengen aja susah.

Yang kayak gini biasanya sih udah jadi jenis yang terkombinasi dengan jenis-jenis di atas. Yang miskin moral, miskin ilmu, miskin akal, miskin harta tapi sok punya semuanya. Biasanya sih yang kayak gini ujung-ujungnya ya kriminal.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY