Tempat-Tempat yang Masih Alami Di Bumi

Eksploitasi sumber daya alam dan perusakan ekosistem asli beberapa flora dan fauna membuat wajah bumi semakin suram. Belum lagi banyaknya polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan kerusakan danau akibat limbah industri nuklir yang semakin melengkapi kerusakan bumi. Jika bumi terus-terusan dibiarkan larut dalam keserakahan manusia, lantas bagaimana wajah bumi kita beberapa puluh tahun lagi? Lantas tahu kah Anda jika ternyata di beberaoa wilayah bumi ternyata masih ada tempat-tempat yang masih alami? Penasaran dengan kisah lengkapnya? Berikut ulasannya. Semoga dapat menyadarkan kita agar lebih menghargai dan menjaga planet ini.

1. Namibia

foto namibia oleh unik segiempat

Negara yang berada di benua Afrika bagian tengah ini memang dikenal sebagai tempat yang sangat jarang dihuni oleh manusia. Namun jangan salah. Sebab negara yang namanya diambil dari nama Gurun Namib (habitat 2.500 ekor cheetah, hewan tercepat di dunia) ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dan masih alami. Bukit pasir raksasa, petroglif kuno, kawah dan air terjun merupakan landscape menakjubkan yang dapat Anda temui di sini. Untuk menjaga kelestarian alamnya, pemerintah setempat bahkan mencantumkan beberapa hal yang terkait dengan penjagaan kesehatan ekosistem.

2. Kepulauan Galapagos

foto galapgos oleh unik segiempat

Kemurnian Kepulauan Galapagos terbukti dengan masih ditemukannya beragam spesies seperti kura-kura raksasa, iguana, singa laut, pinguin, ikan paus dan ikan yang menjadikan Kepulauan Galapagos sebagai habitatnya. Kemurnian alamnya membuat 23.000 manusia memilihnya sebagai tempat tinggal. Bahkan karena kealamian alamnya, Kepulauan Galapagos juga didapuk menjadi tempat pelestarian hayati laut selama kurun waktu lima puluh tahun.

3. Papua Nugini

foto papua nugini oleh unik segiempat

Ternyata, salah satu negara yang terletak di bagian timur Indonesia ini, Papua Nugini, juga memiliki pemandangan dan sumber daya alam yang terbilang masih alami. Banyak ilmuwan yang meyakini bahwa beberapa spesies flora dan fauna yang belum diketahui masih bersemayam di alam Papua Nugini. Sayangnya, pemandangan indah tersebut masih sulit tersentuh karena kondisi lingkungan yang masih kasar, sistem hukum yang berlaku serta biaya pengembangan infrastruktur yang masih sangat tinggi.

4. Seychelles

foto seychelles oleh unik segiempat

Seychelles merupakan negara kepulauan yang menyimpan pemandangan pantai yang sangat murni dan masih menjadi habitat bagi beberapa spesies burung seperti burung Beo Hitam Seychelles. Karena kealamian lingkungan yang ia miliki, maka 50 persen wilayahnya telah menjadi bagian dari konservasi. Sayangnya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini masih sangat sedikit.

5. Bhutan

foto bhutan oleh unik segiempat

Negara yang dikenal sebagai Tanah Naga Guntur ini memiliki hutan yang menyelimuti 60 persen dari keseluruhan wilayahnya. Sedangkan seperempat wilayahnya digunakan sebagai taman nasional atau semacam kawasan lindung. Bhutan juga memiliki pegunungan bermedan terjal serta beberapa lembah yang membuatnya semakin terlihat kaya dengan keanekaragaman hayati.

6. Daintree National Park

foto daintree oleh unik segiempat

Hutan hujan berumur 110 juta tahun ini merupakan salah satu ekosistem tertua di muka bumi yang dapat Anda temui di dalam kawasan Daintree National Park. Taman Nasional yang terletak di Far North Queensland, Australia ini merupakan habitat dari ribuan jenis tumbuhan dan pohon yang usianya mencapai lebih dari 2.500 tahun.

7. Fiordland

foto fiordland oleh unik segiempat

Jika ingin menemukan wilayah yang tak memiliki bangunan sama sekali, ada baiknya jika Anda mengunjungi Fiordland. Wilayah yang terletak di ujung selatan pantai barat Selandia Baru, ini terlihat masih sangat kasar. Wilayahnya diselimuti dengan gunung tinggi yang jatuh ke dalam perairan berbatu gerigi. Uniknya, Fiordland tak memiliki penduduk tetap. Biasanya orang Maori (suku asli Selandia Baru) hanya mengunjunginya untuk berburu, memancing dan mengumpulkan batu giok yang berhasil mereka cari. Asupan udara yang bertiup dari Antartika membuatnya menjadi wilayah terbersih di muka bumi.

Avatar
Nurdina Bestari
Gadis yang friendly, pantang menyerah, dan senang mencoba hal yang baru. Sangat gemar menonton dan shopaholic, namun tetap menerapkan pola hidup hemat.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...