" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Perempuan-Perempuan Paling Berkuasa di Dunia (Part 2)

Cerita tentang perempuan-perempuan paling berkuasa di dunia tak hanya berhenti hingga di artikel sebelumnya (Perempuan-Perempuan Paling Berkuasa di Dunia (Part 1)). Sebab, sederet perempuan-perempuan di bawah ini juga memiliki sebuah pergerakan yang tak kalah aktif untuk ikut serta membangun negaranya masing-masing. Penasaran dengan kelanjutan kisahnya? Langsung simak saja ulasannya berikut ini:

1. Johanna Sigurdardottir (Islandia)

foto johanna oleh unik segiempat

Johanna Sigurdardottir yang lahir pada tanggal 4 Oktober 1942 ini merupakan Perdana Menteri perempuan pertama Islandia yang dilantik pada tanggal 1 Februari 2009. Sebelumnua, Sigurdardottir merupakan Menteri Urusan Sosial dan Keamanan Sosial periode 1987-1994 dan menjabat lagi dengan posisi yang sama untuk periode 2007-2009. Sigurdardottir juga merupakan kepala pemerintahan pertama yang secara terbuka menyatakan bahwa ia adalah seorang lesbian. Bahkan pada 27 Juni 2010 Sigurdardottir telah menikahi pasangannya tersebut setelah Undang-Undang Baru tentang pernikahan sesama jenis di Islandia diberlakukan.

2. Sheikh Hasina (Bangladesh)

foto hasina oleh unik segiempat

Sheikh Hasina lahir pada tanggal 28 September 1947 dan merupakan putri sulung dari presiden pertama Bangladesh Sheikh Mujibur Rahman. Sheikh Hasina merupakan Perdana Menteri Bangladesh yang telah dilantik pada tanggal 6 Januari 2009. Sheikh Hasina sebelumnya juga mendapat posisi yang sama untuk periode 1996-2001. Ayahnya tewas dibunuh dalam sebuah kudeta berdarah yang terjadi pada tanggal 15 Agustus 1975. Namun, ia bersama adiknya, Sheikh Rehana, selamat dari peristiwa berdarah tersebut karena mereka tengah berada di Jerman Barat. Mereka kemudian pindah ke Inggris, kemudian ke New Delhi, hingga akhirnya kembali lagi ke Bangladesh pada tanggal 17 Mei 1981.

3. Portia Simpson-Miller (Jamaika)

foto portia oleh unik segiempat

Portia Simpson-Miller yang lahir pada tanggal 12 Desember 1945 ini merupakan pemimpin oposisi pemerintahan Jamaika, Partai Rakyat Nasional atau People’s National Party (PNP). Sebelumnya, Miller pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dengan periode pemerintahan yang realtif singkat, yaitu dari tanggal 30 Maret 2006 hingga 11 September 2007. Pada tahun 2006, Miller mengambil alih kursi perdana menteri yang dulunya diduduki oleh P.J. Patterson. Miller pun menjadi perdana menteri perempuan pertama Jamaika, sekaligus yang ketiga di negara Karibia yang berbahasa inggris, setelah Eugenia Charles dari Dominika dan Janet Jagan dari Guyana.

4. Dalia Grybauskaite (Lithuania)

foto dalia oleh unik segiempat

Salah satu negara yang dulunya tergabung dalam Uni Soviet, Lithuania, juga dipimpin oleh seorang perempuan bernama Dalia Grybauskaite. Grybauskaite terpilih menjadi presiden setelah ia memenangi pemilu yang berlangsung pada tanggal 17 Mei 2009. Ia memenangi suara sebanyak 68,18 persen dan maju sebagai calon independen walaupun mendapatkan banyak dukungan dari partai-partai besar. Grybauskaite adalah kepala negara perempuan pertama Lithuania yang dikenal sangat keras dalam berbicara dan bersikap. Ia juga dikenal sebagai “wanita besi dari Lithuania” karena sikap keras, tegas serta prestasinya yang telah mencapai sabuk hitam dalam beladiri karate. Grybauskaite juga fasih berbahasa inggris saat usia 11 tahun, dapat berbahasa Rusia, Perancis dan Polandia.

5. Pearlette Louisy (Saint Lucia)

foto pearlette oleh unik segiempat

Wanita bernama lengkap Calliopa Pearlette Louisy ini lahir pada tanggal 8 Juni 1946. Ia merupakan wanita pertama yang terpilih untuk mengisi jabatan sebagai Gubernul Jendral Saint Lucia. Lousiy dilantik pada tanggal 19 September 1997. Louisy belajar bahasa dan lingusitik di University of The West Indies dan Université Laval di Québec City, Kanada.

6. Joyce Banda (Republik Malawi)

foto joyce oleh unik segiempat

Ternyata, bukan hanya Lithuania saja yang memiliki kepala negara seorang perempuan. Karena Republik Malawi juga tengah dipimpin oleh seorang presiden perempuan bernama Joyce Banda yang lajir pada tanggal 12 April 1950. Banda telah menyandang jabatan sebagai presiden keempat Republik Malawi sejak 7 April 2012. Ia juga merupakan pendiri dan pemimpin People’s Party (Partai Rakyat) yang dibentuk pada tahun 2004. Banda merupakan pendidik dan aktivis hak persamaa gender yang selanjutnya beralih profesi menjadi seorang politisi. Sebelum menjabat sebagai presiden, Banda pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada periode pemerintahan 2006-2009. Selanjutnya, Banda dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Presiden perempuan pertama Republik Malawi dari Mei 2009 hingga April 2013.

7. Dilma Rousseff (Brazil)

foto dilma oleh unik segiempat

Kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 ini sekarang tengah dipimpin oleh seorang presiden perempuan bernama Dilma Rousseff yang dilantik pada tanggal 1 Januari 2011.

8. Laura Chinchilla Miranda (Kosta Rika)

foto chinchilla oleh unik segiempat

Pada tanggal 7 Februari 2010, Laura Chinchilla Miranda memenangi Pemilihan Umum Kosta Rika dan ia pun lantas menjadi presiden perempuan pertama di negeri yang dikenal aman dan nyaman tersebut dan menjadi presiden perempuan kelima di negara-negara Amerika Latin (Nikaragua, Panama, Cile dan Argentina). Miranda kemudian dilantik pada tanggal 8 Mei 2010 untuk menggantikan posisi presiden yang sebelumnya diisi oleh Oscar Arias tersebut.

Laura Chinchilla Miranda lahir di Desamparados, Kosta Rika, pada tanggal 28 Maret 1959. Miranda merupakan lulusan Master Ilmu Politik Universitas Goergoetown, AS tahun 1989. Sebelum menjadi presiden, istri Jose Maria Rico ini pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Keamanan Publik dan selanjutnya diangkat sebagai Menteri Keamanan Publik pada tahun 1994. Kemudian pada tahun 2002, Miranda terpilih sebagai anggota Kongres. Kemudian pada tahun 2006, ia dipercaya mengisi dua posisi sekaligus dalam masa pemerintahan Oscar Arias, yaitu menjadi wakil presiden Kosta Rika yang sekaligus menjabat sebagai Menteri Kehakiman.

Nurdina Bestari
Nurdina Bestari
Gadis yang friendly, pantang menyerah, dan senang mencoba hal yang baru. Sangat gemar menonton dan shopaholic, namun tetap menerapkan pola hidup hemat.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

Survei: 7 Resolusi Wanita Di Tahun 2013 Untuk Kehidupan Asmaranya

Hubungan asmara tentu menjadi suatu keinginan bagi setiap orang. Jelas bagi mereka yang belum menemukan kekasih ataupun calon pendamping hidup membuat masing-masing orang membuat...

5 Kekhawatiran Pria Tentang Masa Depannya yang Sebaiknya Anda Pahami

Pria tentunya adalah mereka yang nantinya akan menjadi kepala rumah tangga yang tentu pula akan bertanggung jawab terhadap keluarganya kelak. Namun, hal demikian cenderung...

5 Cara Jitu Mengembalikan Rasa Percaya Diri Pasca Putus

Berkeputusan untuk menjalin hubungan asmara dengan seseorang tentu berarti Anda sudah berani untuk mengambil resiko mengalami sakit hati apabila hubungan asmara Anda berakhir nantinya....