Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kita mengetahui adanya sebuah pakaian adat yang ada di setiap negara dan daerah dan hal ini adalah sebuah hal yang mencerminkan kebudayaan dan juga adat istiadat atau kebiasaan dari warganya mulai dari jaman dahulu kala hingga saat ini. Sebaiknya, hal yang berhubungan dengan budaya terutama pakaian adat ini harusnya bisa terus dijaga agar anak cucu kita bisa menikmatinya. Oleh karena itu, pelestarian pakaian adat ini bisa dengan banyak cara dan salah satu caranya adalah dengan mempelajarinya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keunikan pakaian adat yang popular di dunia.

 

1. KimonoFoto kimono oleh unik SegiEmpatKeunikan pakaian adat yang pertama yang popular di seluruh dunia adalah pakaian adat dari negara Jepang yang bernama Kimono. Ya, mungkin Anda akan mengetahui atau sebagian dari Anda ingin mencoba pakaian adat asal Jepang yang sangat menarik dan juga sopan ini. Kimono ini adalah pakaian adat perempuan Jepang yang panjang dan menutupi semua bagian tubuh yang berbentuk T dengan lengan panjang yang sedikit melebar. Dengan dandanan ala Jepang dengan rambut yang disanggul ini benar-benar terlihat sangat cantik dan menarik. Motif mulai dari bunga Sakura hingga yang lain dengan perpaduan warna ini bisa membuat Kimono ini menjadi salah satu yang terbaik.

 

2. KebayaFoto kebaya oleh unik SegiEmpatSudah bukan hal yang aneh lagi jika kita membicarakan mengenai pakaian adat yaitu Kebaya. Ya, Kebaya ini adalah sebuah pakaian adat dari negara Indonesia dan sebagian negara Asia Tenggara lainnya. Kebaya ini adalah sebuah pakaian atas yang memiliki motif dan juga corak tersendiri lengkap dengan berbagai macam kain yang sangat berbeda dengan pakaian lainnya. Selain itu, hal yang membuatnya unik adalah Kebaya ini biasa dipadukan dengan kain sebagai bawahan dan kain ini tergantung darimana asal Kebaya ini. Kain ini disesuaikan dengan kain adat sebuah daerah seperti kain batik, songket dan lainnya. Perempuan yang menggunakan Kebaya ini akan terlihat anggun dan juga dengan riasannya akan terlihat sangat kalem.

 

3. OuchankaFoto ouchanka oleh unik SegiEmpatPakaian adat yang berikutnya yang juga sangat menarik adalah pakaian adat dari negara Rusia dan juga Skandinavia. Meskipun pakaian ini tidak pakaian seluruh tubuh dalam artian bukan baju, atau celana, namun pakaian ini hanya berupa sebuah topi. Jika melihat Ouchanka ini, pastinya Anda akan membayangkan sebuah tempat yang sangat dingin dan juga tidak terlepas darinama Rusia. Ouchanka ini adalah topi dari bulu yang berbentuk bulat seukuran kepala dengan bagian telinga yang sedikit memanjang untuk melindungi telinga dan kepala dari udara dingin. Sungguh lucu bukan?

 

4. SariFoto sari oleh unik SegiEmpatMenarik karena memiliki banyak warna dan corak mungkin adalah kesan ketika kita melihat pakaian adat yang satu ini. Pakaian adat yang berasal dari India dan dikenakan oleh para kaum wanita di India ini adalah Sari yang menjadi salah satu pakaian adat yang sangat menarik. Mengapa? Karena pakaian adat ini hanya berupa sehelai kain yang panjang mencapai 20 meter yang digunakan dengan beberapa acara seperti hanya diselempangkan, dililitkan hingga dibentuk menjadi sebuah pakaian yang manis dan juga cantik. Pakaian ini ada sejak tahun 100 SM dan hingga kini, para wanita India masih aktif menggunakannya dalam berbagai acara.

LEAVE A REPLY