Mitologi adalah sebuah kepercayaan yang dimiliki oleh sebuah masyarakat di sebuah daerah tertentu. Hal ini menjadi sebuah hal yang sangat kental dengan unsur adat dan juga magis di sebuah daerah tersebut. Namun kali ini kita akan membahas mengenai sebuah makhluk mitologi yang dipercayai oleh banyak orang. Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah makhluk mitologi yang dipercayai oleh sebuah negara yaitu Korea Selatan yang dikenal dengan boyband, drama dan juga segala hal seninya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keunikan makhluk mitologi asal Korea Sleatan yang perlu diketahui.

 

1. GumihoFoto gumiho oleh unik SegiEmpatKeunikan makhluk mitologi pertama asal Korea Selatan adalah sebuah makhluk yang diberi nama dengan Gumiho. Gumiho ini adalah sesosok makhluk yang cukup mengerikan karena berbentuk seperti rubah. Gumiho ini sendiri adalah siluman rubah berekor sembilan yang memiliki mata merah dan juga ukuran yang besar. Namun Gumiho ini kerap berganti dan menjelma sebagai seorang wanita cantik yang merayu para pria dan akhirnya akan memakan hati dan jantung dari pria tersebut. Hal ini juga dipercayai memiliki banyak bentuk perubahan tergantung daerah yang mempercayainya.

 

2. DokkaebiFoto dokkaebi oleh unik SegiEmpatKali ini kita akan membahas sesosok makhluk mitologi asal Korea Selatan yang bukan merupakan sesosok hantu, namun hantu yang bertransformasi dari benda mati. Makhluk yang bernama Dokkaebi ini adalah sebuah makhluk yang kerap digambarkan sebagai sesosok makhluk yang lucu dan menggemaskan, namun beberapa legenda juga mengatakan bahwa Dokkaebi ini memiliki bentuk fisik yang sangat menakutkan dan juga memiliki ukuran pendek. Dokkaebi ini hadir untuk bisa melakukan kegiatan jahil kepada orang jahat dan juga memberikan beberapa pelajaran agar orang jahat tersebut jera. Selain itu, mitos yang lain juga adanya Dokkaebi Gemtu yang merupakan topi Dokkaebi yang bisa membuat manusia yang memakainya bisa tembus pandang.

 

3. MunshinFoto munshin oleh unik SegiEmpatBisa dikatakan bahwa makhluk mitologi yang satu ini adalah sesosok dewa yang sangat dipercayai oleh warga Korea Selatan dan banyak sekali pemujaan yang dilakukan oleh dewa pintu yang bernama Munshin ini. Pemujaan kepada Munshin ini banyak dilakukan di Pulau indah yaitu Pulau Jeju yang akrab disebut sebagai Munjeon. Mungkin dalam beberapa drama Korea, Anda akan mengetahui adanya pemujaan dari Munshin ini. Namun hal ini menjadi sebuah hal yang sangat unik karena dewa pintu ini dipercaya sebagai puntu yang menjaga sebuah bangunan dari efek sial. Bahkan pemujaan ini kerap dilakukan setiap tahun di bulan Maret dengan mengorbankan ayam jantan dan juga ritual lainnya.

 

4. YaksaFoto yaksa oleh unik SegiEmpatMakhluk mitologi yang selanjutnya yang berasal dari Korea Selatan ini adalah sebuah makhluk yang bernama Yaksa. Yaksa ini adalah makhluk yang sangat keren yang digambarkan sebagai roh yang baik hati yang memiliki tugas untuk bisa merawat dan mengeluarkan dan menjaga kekayaan dalam bumi. Yaksa ini hadir dalam dua bentuk yaitu Yaksa pria dan perempuan yang juga bersama untuk bisa menjaga kelestarian. Bahkan di beberapa bagian, Yaksa ini dijadikan sebagai patung yang sangat melegenda di Korea Selatan dan menjadikan Yaksa ini menjadi salah satu makhuk yang terkenal.

LEAVE A REPLY