Kemajuan Negara-Negara Tanpa Ujian Nasional

Mungkin bagi sebagian siswa, mungkin salah satu hal yang sangat menyusahkan ketika bersekolah dan hendak lulus adalah karena seseorang siswa ini harus melewati ujian yang biasa disebut sebagai Ujian Nasional. Ujian Nasional ini dijadikan acuan dalam berbagai institusi pendidikan dan hal ini dianggap sebagai salah satu syarat kelulusan. Namun diantara negara yang ada di dunia, ada beberapa yang tidak menggunakan Ujian Nasional ini sebagai acuannya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kemajuan negara tanpa ujian nasional di dunia.

 

1. JermanFoto jerman oleh unik SegiEmpatNegara pertama yang merupakan salah satu negara yang tidak menerapkan sebuah Ujian Nasional adalah sebuah negara yaitu Jerman. Jerman ini adalah sebuah negara yang sangat kaya dan juga maju, namun ternyata dibalik kemajuannya ini Jerman juga menerapkan sistem pembelajaran yang sangat baik tanpa adanya Ujian Nasional yang menjadi acuan. Warga Jerman ini percaya bahwa setiap siswa yang dikeluarkan dari sekolah ini akan bisa memiliki pengetahuan yang sangat tinggi dengan cara yang dilakukan di hampir semua sekolah. Seperti penyediaan, guru yang sangat berkompeten, adanya fasilitas dan juga media pembelajaran yang sangat nyaman bagi siswa dan juga adanya banyak evaluasi yang kerap membuat siswa menjadi siswa yang berkualitas tinggi.

 

2. AustraliaFoto australia oleh unik SegiEmpatKali ini kita akan membahas menganai sebuah negara yang juga tidak menerapkan sebuah Ujian Nasional dan negara ini adalah Australia. Australia ini tidak menggunakan bahkan tidak memperkenalkan metode Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan. Di Australia ini menggunakan Ujian State dimana seorang siswa dilatih untuk bisa menjawab pertanyaan untuk bisa menentukan di kelas atau di sekolah lanjutan mana mereka bisa bersekolah terus. Di Australia ini, semua siswa akan lulus 100%, namun hanya tinggal nilai Ujian State yang menentukan kemana mereka akan meneruskan sekolah.

 

3. FinlandiaFoto finlandia oleh unik SegiEmpatBisa dikatakan diantara semua negara, negara yang satu ini adalah sebuah negara yang memiliki sistem pendidikan yang sangat baik dan terbaik. Negara Finlandia ini adalah sebuah negara dimana kemajuan pendidikan sudah tidak diragukan lagi dan ternyata majunya pendidikan ini tidak didukung dengan adanya sebuah Ujian Nasional. Semua hal yang berkaitan dengan nilai dan kemampuan siswanya semua diserahkan kepada guru sehingga disini profesi menjadi guru menjadi profesi yang sangat mulia dan benar-benar profesional. Sungguh keren bukan?

 

4. Amerika SerikatFoto amerika serikat oleh unik SegiEmpatNegara yang berikutnya yang merupakan sebuah negara yang sangat unik dan juga tidak menyelenggarakan sebuah Ujian Nasional adalah sebuah negara yang bernama Amerika Serikat. Amerika Serikat ini sudah bukan hal yang baru lagi merupakan sebuah negara yang maju dengan industrinya bahkan dengan dunia pendidikannya. Namun menurut pakar pendidikan di Amerika Serikat ini mengatakan bahwa untuk menentukan tolak ukur siswa, tidak bisa digunakan dengan adanya Ujian Nasional sehingga mereka akan cenderung untuk bisa memperbaiki kualitas guru dan juga menurut evaluasi yang diselenggarakan di setiap sekolah sendiri. Hal ini dikatakan mampu menimbulkan ide dan kreatifitasan siswa dan guru di sekolah.

Avatar
Nurdina Bestari
Gadis yang friendly, pantang menyerah, dan senang mencoba hal yang baru. Sangat gemar menonton dan shopaholic, namun tetap menerapkan pola hidup hemat.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...