Masih ingatkah Anda dengan kecelakaan pesawat yang terjadi di Malaysia beberapa bulan silam? Ya, sebelum diduga bangkainya telah ditemukan di salah satu samudera terbesar di dunia, pesawat berjenis MH 370 tersebut sempat menghebohkan masyarakat dunia serta melahirkan banyak misteri yang belum bisa terungkap. Namun nyatanya, kecelakaan dari salah satu pesawat milik Malaysia Airlines tersebut bukanlah satu-satunya kecelakaan pesawat yang mengundang kontroversi dan masih meninggalkan misteri-misteri yang belum terpecahkan. Sebab, sejarah penerbangan dunia mencatat bahwa beberapa pesawat berikut ini juga pernah mengalami kecelakaan yang belum terpecahkan hingga kini. Bagaimana kisahnya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Flight 19Foto Flight 19 Oleh Unik SegiEmpat

Salah satu kecelakaan pesawat yang masih meninggalkan misteri adalah peristiwa kecelakaan pesawat Flight 19. Pada saat itu, pesawat ini tengah melakukan sebuah misi pelatihan rutin untuk angkatan laut Amerika Serikat, US Navy. Namun sayangnya, pelatihan tersebut tak berjalan dengan mulus lantaran enam pesawat yang tengah berada di udara tiba-tiba saja lenyap dan menimbulkan legenda misteri Segitiga Bermuda. Lima dari enam pesawat yang mengikuti latihan rutin tersebut dipimpin langsung oleh Charles Taylor. Kelima pesawat tersebut berhasil lepas landas dari Fort Lauderdale, Florida, tepat pada tanggal 5 Desember 1945.

Cuaca yang sangat cerah saat itu membuat Taylor memberikan instruktur untuk menerbangkan pesawatnya dan pesawat-pesawat lainnya selama 90 menit lamanya di udara. Anehnya, transmisi yang ada membuat pilot kebingungan lantaran ia tak dapat mengenali landmark yang ada di bawahnya. Padahal, radio dan kompas yang ada di dalam pesawat Taylor dapat berfungsi dengan baik. Namun, saat menara mencoba mengarahkan Taylor untuk kembali ke Fort Lauderdale, ia justru meminta petugas untuk terus mengarahkannya ke lautan. Tak lama kemudian, menara pun kehilangan kontak dengan Taylor. Dan keenam pesawat yang tengah berada di atas pun tak dapat dilihat atau didengar lagi.

Fakta yang lebih mengerikan terjadi pada saat sebuah pesawat penyelamat yang berusaha mencari keenam pesawat tadi tiba-tiba saja ikut menghilang saat malam tiba. Kejadian ini menimbulkan berbagai macam kontroversi. Ada yang menyebutkan bahwa pesawat-pesawat tersebut meledak namun kerangkanya tak dapat ditemukan. Anehnya, sebelum latihan ini dimulai, Taylor sempat meminta pada atasannya untuk membebastugaskan dia dari latihan rutin tersebut, namun sayangnya permintaan tersebut ditolak.

Egypt Air 990Foto EgyptAir 990 Oleh Unik SegiEmpat

Lain lagi dengan peristiwa kecelakaan pesawat yang dialami oleh Egypt Air 990. Tepat pada tanggal 30 Oktober 1999, Egypt Air 990 tengah melakukan sebuah penerbangan. Namun, penerbangan tersebut tak berjalan dengan mulus lantaran Egypt Air 990 jatuh ke Samudera Atlantik dan menewaskan 217 orang yang menjadi penumpangnya. Kecelakaan ini membuat Otoritas Penerbangan Sipil Mesir mencoba untuk menyelidik kasus ini. Mereka bahkan meminta bantuan FBI untuk ikut menyelidiki dugaan atas kasus pembajakan.

Sejarah mencatat bahwa kecelakaan ini telah menimbulkan beberapa misteri. Salah satunya adalah rekaman black box (kotak hitam) yang berhasil ditemukan oleh tim penyelidik. Black box tersebut justru menimbulkan adanya dugaan konspirasi atau rencana bunuh diri yang diperjelas oleh rekaman perdebatan antara pilot dengan co-pilot. Pilot yang saat itu terdengar begitu panic sempat bertanya pada co-pilot, “Ada apa ini? Ada apa ini? Apakah Anda telah mematikan mesin pesawat?”. Anehnya, co-pilot tersebut menjawab dengan kata-kata yang hingga kini masih menimbulkan misteri besar yakni, “Saya mengandalkan Tuhan”.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY