" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Foto-Foto Hantu Paling Terkenal

foto hantu oleh segiempatSebagai manusia yang tumbuh dan dibesarkan di tanah air Indonesia, susah rasanya untuk tidak percaya dengan hal-hal yang mistis. Secerdas dan selogis apapun kita, faktor agama dan kedekatan kita dengan adat istiadat Indonesia membuat kita sedikit banyaknya masih percaya dengan hal-hal mistis yang tidak bisa kita nalarkan dengan akal sehat tersebut.

Bahkan bukan hanya di Indonesia, hampir di semua belahan dunia pun punya cerita-cerita mistis menarik yang bisa dibagi. Di semua tempat pasti selalu ada cerita-cerita tentang rumah kosong yang berhantu, tempat-tempat wisata dan adat yang keramat, hingga cerita-cerita rakyat yang menghidupkan sosok-sosok hantu lokal. Karena bersifat tidak kasat mata, semua orang selalu tertarik dengan pembahasan tentang penampakan-penampakan hantu sekedar untuk memvalidasi kepercayaan mereka tentang dunia mistis. Terdengar konyol memang, tapi inilah adanya.

Keingintahuan kita tentang dunia mistis inilah yang menarik banyak stasiun televisi swasta menayangkan program-program mistis di televisi. Beberapa diantaranya sedikit konyol dan berbau ‘maksa’. Ada yang  mewawancarai hantu penghuni kanal sampai perburuan mustika yang nampaknya sudah disembunyikan dulu sebelum kamera dinyalakan. Lucunya, hantu yang diwawancarai selalu saja kampungan. Ada yang cuma bisa bahasa daerah dan masih bicara soal kerajaan-kerajaan kuno (ya, mereka bicara soal kerajaan-kerajaan kuno di zaman internet ini!). Dan beberapa hantu lain juga tidak konsisten. Ada yang mengaku hantu harimau dan hantu  ular, tapi di akhir acara bisa ngomong juga. Kenapa harimau dan ular bisa ngomong? Konsisten dong jadi hantu!

Banyak juga penampakan-penampakan hantu yang pernah tertangkap foto dan kamera. Media internet kemudian dijadikan salah satu sarana untuk mencari foto-foto hantu dan penampakan-penampakan mahkluk halus di depan kamera. Sudah banyak sekali foto-foto hantu yang beredar di internet. Tapi tidak banyak juga yang masih bisa di verifikasi kebenarannya karena tekonologi hari ini bahkan sudah bisa membuat gambar nenek tua berpelukan dengan dinosaurus yang sudah punah.Di antara foto-foto hantu yang beredar tersebut, di antaranya ada juga yang otentik dan diyakini oleh dunia sebagai foto penampakan hantu yang asli, bahkan jauh sebelum internet ditemukan.

Yang manakah kemudian foto-foto hantu yang paling terkenal dalam sejarah? Dalam seri ini kita akan menguak foto-foto yang sejak dulu diyakini adalah gambar penampakan hantu yang asli.

Foto Hantu Gadis Kecil Korban Kebakaran

Jane Churm hantu gadis kecil korban kebakaran oleh segiempatSalah satu foto hantu yang paling terkenal adalah hantu gadis kecil yang diasumsikan adalah korban kebakaran tahun 1677. Foto ini sendiri diambil pertama kali oleh seorang bernama Tony O’Rahilly, seorang lelaki berkebangsaan Inggris. Foto ini diambil pada 19 November 1995. Ketika itu terjadi kebakaran hebat di Wem Town Hall di Shropshire, Inggris. Dari seberang jalan, Tony O’Rahilly dengan kamera berusaha mengabadikan momen-momen ketika para petugas pemadam kebakaran sibuk menjinakkan si jago merah.

Yang mengagetkan, pada hasil foto tersebut terlihat seorang gadis kecil berdiri di dekat pintu dengan latar belakang api yang yang sedang melahap gedung tersebut. Tidak ada seorang pun yang ingat keberadaan gadis tersebut di dekat pintu, dan juga tidak ada orang yang mengenali wajahnya. Foto tersebut kemudian membuat geger Inggris, sehingga foto dan filmnya pun diserahkan kepada beberapa pakar untuk diteliti keasliannya. Gambar tersebut kemudian disimpulkan sebagai sebuah foto dan film yang asli, tanpa rekayasa.

Berdasarkan penampakan gadis kecil dalam kobaran api di foto ini, dilakukanlah beberapa penelitian sejarah untuk setidaknya mengetahui latar belakang tempat dimana foto diambil. Kemudian ditemukan fakta bahwa pada tahun 1677 di kawasan Wem tersebut pernah terjadi sebuah kebakaran hebat yang melahap banyak rumah warga yang terbuat dari kayu dan juga banyak menelan korban jiwa. Menurut catatan kronologisnya, kebakaran terjadi karena Jane Churm, seorang gadis berumur 14 tahun ceroboh dalam menyalakan lilinnya. Tidak banyak dokumen yang tersisa untuk meneliti lebih jauh identitas Jane Churm, namun menurut sejarah ia sendiri adalah salah satu korban dalam bencana kebakaran hebat tersebut.

Berdasarkan penemuan jejak sejarah ini, banyak yang meyakini bahwa hantu gadis kecil yang ada di foto tersebut adalah hantu Jane Churm yang masih bergentayangan. Tapi beberapa orang berusaha melogiskannya dengan menyimpulkan bahwa gambar tersebut bukan gambar seorang gadis kecil, melainkan kepulan asap kebakaran yang menyerupai seorang gadis. Dan kebetulan sekali, kepulan asap itu menyerupai wajah seorang gadis kecil yang dulunya adalah korban kebakaran di wilayah tersebut. Logika yang sedikit dipaksa, bukan?

Benar tidaknya apakah gadis kecil dalam foto tersebut adalah hantu korban kebakaran, tidak ada yang pernah bisa memastikan. Tapi ketidakpastian itulah yang menjadi titik pandang indah sebuah cerita mistis, kan?

Foto Hantu Penampakan Prajurit yang Sudah Meninggal

foto hantu freddy jackson oleh segiempatSalah satu foto hantu populer lainnya adalah foto penampakan hantu seorang prajurit Inggris yang sudah meninggal. Foto ini diambil pada perang dunia I dan sempat menggegerkan Angkatan Udara Inggris pada saat itu. Selain karena prajurit yang tampak di foto tersebut diyakini betul sudah meniggal, juga karena pada saat itu belum ada program photoshop dan corelDRAW yang bisa membuat orang ragu dengan foto-foto hantu.

Prajurit yang dimaksud adalah Freddy Jackson. Ia ditugaskan di skuadron Royal Air Force pada perang dunia I. Pada masa penugasannya, ia menjadi montir skuadron yang bertugas untuk melayani HMS Deadalus. Pada tahun 1919, Freddy Jackson tewas terhantam baling-baling pesawat terbang.

2 hari kemudian, skuadron Royal Air Force melakukan foto bersama. Mungkin karena teknologi fotografi yang saat itu masih langka, hantu Freddy Jackson tampaknya tidak ingin ketinggalan juga. Sang prajurit yang sudah positif meninggal 2 hari yang lalu wajahnya ikut tampak di dalam foto di belakang seorang prajurit lain. Susah untuk menyangkal, karena struktur wajah di belakang telinga seorang prajurit ini nampak sangat jelas, dan bahkan terlihat tersenyum. Semua teman-temannya sangat yakin bahwa wajah itu adalah wajah Freddy Jackson, teman sekuadron mereka yang sudah meninggal 2 hari sebelum sesi foto bersama dilakukan.

Kejadian ini membuktikan 2 hal: 1. Hantu itu benar-benar ada, 2. Kenarsisan bisa menembus dua dunia.

Foto Hantu Lady Brown di Raynham Hall

foto hantu lady brown oleh segiempatFoto yang satu ini bisa dibilang salah satu foto hantu paling terkenal saat bidang fotografi sedang berkembang. Kenapa? Karena jika ada penghargaan foto hantu terbaik, foto ini pastinya bakal menang. Foto yang dikenal dengan foto hantu the Lady Brown, foto penampakan hantu yang paling jelas yang pernah ditangkap dengan kamera fotografi klasik.

Foto ini diambil dengan kamera ‘jadul’ pada tahun 1936 di sebuah rumah besar berumur 400 tahun yang dikenal dengan Raynham Hall di Norfolk, Inggris. Foto ini diambil oleh 2 orang fotografer bernama Kapten Provand dan Indre Shira yang bekerja untuk majalah Country Life. Kehadiran mereka meliput Raynham Hall memang berdasarkan cerita rakyat dan desas-desus yang beredar tentang keberadaan hantu bergaun coklat yang sering kali menampakkan diri di Raynham Hall. Nampaknya si hantu wanita bergaun coklat ini tidak menyia-nyiakan kesempatannya untuk ‘go international’.

Menurut cerita yang beredar, hantu the lady brown ini adalah hantu istri Charles Townshend, seorang bangsawan yang terkenal tempramen yang dulu tinggal di Raynham Hall. Wanita ini bernama Lady Dorothy Townshend. Konon katanya, Charles mengetahui ketidak-setiaan istrinya lalu mengurungnya di sebuah ruangan rahasia di Raynham Hall. Lady Dorothy tidak diperkenankan keluar dari ruangan tersebut, bahkan untuk bertemu dengan anak-anaknya. Lady Dorothy kemudian mati dalam pengurungan tersebut pada awal tahun 1700-an.

Sejak itulah banyak sekali tamu dan bangsawan-bangsawan yang tinggal di Raynham Hall melihat penampakan hantu bergaun coklat ini. Dimulai dari seorang pelaut bernama kapten Loftus yang menginap di Raynham Hall pada Natal 1835. Sang kapten bahkan bertemu dengan si hantu 2 kali, dan di salah satu petermuannya ia bahkan melihat jelas struktur gaun coklat sutra yang dikenakan sang hantu.

Kemudian ada lagi tamu bernama Frederick Marryat yang melihat penampakan si hantu coklat menuruni tangga. Frederick Marryat karena kagetnya bahkan sempat menembakkan pistolnya ke arah sang hantu, tapi pelurunya meluncur tembus dan hanya mengenai anak tangga.

Banyak lagi penampakan hantu the Lady Brown sampai beberapa dekade berikutnya, hingga penampakannya yang terkenal itu diabadikan dan diterbitkan di majalah Country Life pada September 19, 1936.

Foto Hantu Seorang Ibu di Kursi Belakang Mobil

foto hantu di kursi belakang mobil oleh segiempatSaya setuju bahwa pada titik tertentu di usia lanjut, seorang kakek-kakek atau nenek-nenek sudah terlihat sama menyeramkannya dengan hantu. Coba perhatikan sosok hantu Freddy Krueger dengan kulit wajah yang keriput dan susunan gigi yang tidak sempurna. Anda pasti akan mendapati beberapa kesamaan pada struktur kulit dan susunan gigi kakek-nenek Anda yang berusia 70 tahun ke atas.

Nah, foto hantu yang satu ini juga terkenal. Selain karena ke-otentikannya, juga karena hantu yang nampak adalah hantu seorang nenek-nenek (jadi double seramnya!). Cerita tentang foto ini diawali oleh seorang wanita bernama Mabel Chinnery  yang berencana untuk berziarah ke makan Ibunya pada suatu pagi ditahun 1959. Ia juga membawa sebuah kamera yang rencananya akan digunakan untuk mengambil foto-foto di tempat pemakaman.

Setelah mengambil beberapa gambar makam ibunya, ia kemudian juga  memotret suaminya yang sedang menunggu sendirian di dalam mobil.

Setelah beberapa pekan, film kamera tersebut selesai dicuci. Mabel Chinnery dan suaminya kaget melihat sosok wanita tua berkacamata duduk di kursi belakang mobil. Berita ini sempat membuat geger ketika dipublikasikan di sebuah koran lokal. Seroang ahli fotografi kemudian mengambil film dan foto milik Mabel Chinnery untuk diteliti kebenarannya. Sang ahli kemudian mengatakan bahwa figur wanita dalam foto tersebut bukan refleksi bayangan objek lain ataupun efek terbakar yang biasa terjadi pada kamera film. Dan untuk hasil analisanya itu ia berani mempertaruhkan reputasinya sebagai seorang ahli.

Mabel Chinnery sendiri sangat yakin bahwa figur wanita tua berkacamata yang duduk di kursi belakang mobil tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Ibunya sendiri, wanita yang makamnya baru saja ia ziarahi di pagi yang sama.

Foto dan film ini kemudian disimpan dengan hati-hati oleh Mabel Chinnery sebagai cindera mata terakhir dari Ibunya. Sementara untuk suami Mabel Chinnery (si menantu kualat), ini menjadi pelajaran bahwa saat ziarah kubur ia sebaiknya ikut turun bersama istrinya.

Foto Penampakan Hantu Kursi Goyang

foto penampakan Archie Bunker oleh segiempatSebuah benda yang sangat dicintai seseorang terkadang selalu menjadi objek yang membantu penampakan. Sudah banyak cerita tentang gitar dan piano kesayangan yang berbunyi sendiri dengan nada yang teratur saat tuannya sudah tidak lagi hidup. Cerita seperti ini banyak datang dari Eropa dan Amerika (karena objek kesayangan yang berhantu di Indonesia hanya keris dan mustika konyol)m, walaupun pada akhirnya tidak bisa menjadi lebih dari sekedar cerita rakyat.

Tapi hantu pemilik kursi goyang yang satu ini tertangkap kamera. Cerita yang beredar tentang foto ini dimulai dari seroang kakek bernama Archie Bunker yang memang dikenal sangat mencintai kursi goyangnya. Ia tidak memperbolehkan orang lain duduk di kursinya dan dia sendiri dapat menghabiskan waktu berjam-jam lamanya duduk di kursi itu sendirian. Archie Bunker meninggal pada tahun 1891.

Tidak lama setelah kepergiannya, seorang juru potret diminta untuk mengambil foto ruang perpustakaan, ruangan dimana kursi itu berada. Saat foto diambil, para penghui rumah sedang berada di pemakaman Lord Combermere yang berjarak 4 mil dari rumah tersebut.

Dia meninggal tahun 1891. Pada saat itu, seorang juru potret mengambil foto ruang perpustakaan di mana kursi Bunker berada. Sementara seiisi rumah tengah berada di pemakanan Lord Combermere yang jaraknya 4 mil dari sana.

Betapa terkejutnya sang juru potret ketika ia melihat sesosok laki-laki duduk di kursi goyang tersebut saat gambar diambil. Ia pun tidak salah, karena penampakan sesosok pria tersebut juga tertangkap oleh kameranya. Seluruh penghuni rumah yakin bahwa lelaki dalam gambar itu adalah Archie Bunker yang sedang duduk di kursi goyangnya.

Erwin Miradi
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

Hubungan Semakin Kuat Dengan Mengurangi Intensitas Telefonan

Disaat pasangan sudah merasa nyaman bersama pasangan, maka sudah menjadi hal yang umum jika pada kondisi demikian pasangan akan melakukan berbagai upaya agar hubungan...

4 Cara Bijak Menyeimbangkan Hubungan Asmara Dengan Teman

Kehidupan seseorang tentu akan tidak akan hanya membuatnya berada dalam lingkup kehidupan bersama keluarga terlebih hanya bersama orang tuanya, melainkan kehidupan sejak ia masih...

4 Tanda Saat Wanita Sangat Bergantung Dengan Kekasihnya

Tujuan dalam membina suatu hubungan asmara dengan seseorang tentu adalah agar masing-masing pasangan dapat mengerti dan memahami pasangannya terhadap keinginan mereka satu sama lain....