" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Binatang Herbivora Paling Berbahaya

herbivora berbahaya oleh segiempatKerajaan binatang adalah sebuah dunia yang keras yang tidak jauh beda dengan dunia politik Indonesia. Jika tidak ingin jadi santapan, mau tidak mau harus main keras, kalau perlu main kasar. Seperti yang kita ketahui bahwa di kerajaan biantang para pemangsa berdarah dingin dan binatang-binatang karnivora (pemakan daging) adalah binatang-binatang yang duduk di puncak rantai makanan.

Pemangsa-pemangsa daging yang kita kenal seperti singa, harimau, cheetah, anjing liar, ular dan buaya adalah binatang-binatang yang sudah jelas berbahayanya. Tapi ini tidak berarti bahwa binatnag-binatang herbivora lain di kerajaan binatang hanya diciptakan sebagai pemuas nafsu makan karnivora dan omnivora.

Tidak makan daging, tidak berarti tidak buas. Inilah sepertinya kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan ke-5 herbivora yang paling berbahaya yang pernah dikenal dunia ini. Daging mungkin bukan makanan mereka, tapi dibalik sifat alamiah ‘vegetarian’nya tersebut, ke-5 binatang ini terlahir dengan sistem pertahanan yang membuat mereka menjadi herbivora yang paling berbahaya, bahkan bagi predator terbuas sekalipun.

Seri berikut ini adalah seri 3 Binatang Herbivora Paling Berbahaya di Dunia.

1. Babi Liar

babi liar oleh segiempatKebanyakan babi yang kita kenal adalah babi ternak. Babi berwarna merah jambu yang suka kubangan lumpur dan sedikit ‘imut’ sampai-sampai dijadikan figur boneka. Tapi tidak semua babi seimut babi ternak ini, karena salah satu jenis babi yang hidup di hutan sana hampir sama berbahayanya dengan predator. Babi yang dimaksud adalah babi liar.
Babi yang satu ini juga biasa disebut dengan babi hutan. Tidak seperti kebanyakan babi, babi liar bukan seekor binatang vegertarian yang ketat. Selain memakan buah dan tumbuh-tumbihan liar, babi liar ini juga biasa memakan seranggan kecil, katak dan kadal. Bahkan dalam kondisi-kondisi tertentu, babi liar juga tidak akan menolak bangkai  (namanya juga liar). Dengan pola dan menu makanan yang tidak jelas ini membuat babi liar dapat tumbuh besar hingga berbobot 300 kilogram. Walaupun langka, beberapa babi liar dapat mencapai berat hingga 1 ton.
Babi liar atau babi hutan ini adalah salah satu binatang herbivora yang tidak tercipta semata-mata untuk menjadi korban keganasan binatang-binatang pemangsa daging. Karena selain bobot badan yang membuat mereka sulit ditaklukkan, babi liar juga dilengkapi dengan sistem pertahanan alamiah yang berupa sepasang taring panjang di rahang bawah mereka.
Sepasang taring besar dan susunan gigi-gigi tajam pada babi liar ini memang tidak digunakan untuk memangsa hewan lain, tapi ini sudah lebih dari cukup untuk merobek-robek perut pemangsa lain. Seekor babi liar dewasa dapat membunuh 2 seekor serigala tanpa harus bersusah payah.
babi liar tidak hanya menggunakan taring ini untuk bertahan dari serangan pemangsa. Taring ini terkadang juga digunakan babi liar untuk menyerang binatang lain yang dianggap mengancam. Pada babi liar betina, ukuran taring dan gigi-gigi mereka memang lebih kecil daripada babi liar jantan. Tapi babi liar betina dikenal lebih berbahaya bahkan bagi manusia sekalipun, apalagi ketika baru melahirkan dan ada anak-anak babi yang harus ia lindungi.

 

2. Gorilla

gorilla oleh segiempatBicara soal kecerdasan dan perilaku, Gorilla adalah kerabat terdekat mausia dalam kerajaan binatang setelah simpanse. Tapi berbeda dengan manusia yang memakan hampir segalanya, gorilla hanya mengkonsumsi buah-buahana dan tanaman. Walaupun begitu, gorilla adalah kera yang paling berat bobot badannya.

Gorilla punggung perak adalah gorilla yang biasanya menjadi pemimpin sebuah kelompok gorilla. Gorilla ini sedikti lebih besar dari gorilla lain, dan rata-rata berbobot minimal 200 kilogram. yang membuat gorilla menjadi salah satu herbivora berbahaya adalah kekuatannya. Seekor gorilla dewasa mempunyai kekuatan minimal 10 manusia dewasa. Dengan kekuatan seperti ini, bercanda dengan gorilla pun bisa jadi beresiko besar.

Gorilla adalah binatang herbivora yang sukses bertahan hidup. Walaupun hanya memakan buah dan tanaman serta tergolong binatang yang ‘ramah’, gorilla dapat menjadi agresif ketika binatang lain masuk ke dalam teritorinya. Binatang yang dianggap menyusup ke dalam teritori kelompok gorilla akan kesulitan untuk keluar, karena walaupun bertubuh bongsor, gorilla dapat berlari dengan kecepatan 2 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan manusia dewasa.

Selain panjang, lengan gorilla dikenal sangat kuat, bahkan cukup kuat untuk mengangkat bobot badan mereka ketika memanjat pohon.  Taring mereka sebenarnya dirancang untuk mengahancurkan buah dan merobek tanaman-tanaman berbatang keras, tapi ukurannya cukup besar dan cukup kuat untuk mencopot kepala seekor serigala.

 

3. Kasuari

burung kasuari oleh segiempatBurung kasuari atau Casuarius adalah salah satu burung dengan ukuran terbesar di dunia. Kasuari yang kita kenal berdiam di pedalaman hutan pulau Irian dan Australia adalah salah satu dari 3 spesies burung Casuariidae, dengan tubuh bongsor dan tidak bisa terbang. Kasuari adalah salah satu spesies burung yang cerdas dan dapat melakukan banyak hal. Mereka dapat berkomunikasi dengan burung kasuari lain dengan frekuensi yang sangat rendah. Apa yang biasa mereka gosipkan, masih menjadi pertanyaan banyak peneliti.

Selain itu, burung kasuari adalah burung dengan hiasan warna terang yang menarik pada tubuh mereka. Ini membuat kasuari adalah salah satu binatang favorit di berbagai kebun-kebun binatang. Tapi di samping warnanya yang menarik dan sifat naturalnya yang hanya mengkonsumsi buah, kasuari dianggap sebagai salah satu binatang herbivora paling berbahaya di dunia. Selain cepat, burung kasuari mempunyai kemampuan untuk menendang ala kungfu saat merasa terancam dengan keberadaan mahkluk lain di sekitarnya.

Kuku yang dimiliki oleh kasuari tajam dan berbentuk seperti keris. Kuku ini mereka gunakan untuk mempertahankan diri mereka dari serangan pemgansa. Di habitat aslinya, kasuari bukanlah tandingan anjing liar ataupun serigala. Dengan mudah, kuku panjang dan tajam mereka dapat mencabik-cabik kedua pemangsa ‘kelas menengah’ itu. Kuku burung kasuari bahkan cukup tajam dan kuat untuk merobek perut seorang pria dewasa, bahkan binatang lain yang bobotnya 3 kali bobot mereka sendiri seperti sapi dan kerbau liar.

Erwin Miradi
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

4 Tanda Saat Wanita Sangat Bergantung Dengan Kekasihnya

Tujuan dalam membina suatu hubungan asmara dengan seseorang tentu adalah agar masing-masing pasangan dapat mengerti dan memahami pasangannya terhadap keinginan mereka satu sama lain....

4 Tipe Kekerasan yang Wajib Diketahui Kaum Wanita

Pertengkaran dalam sebuah kehidupan asmara seseorang bersama sang kekasih memang sudah menjadi hal yang biasa dan wajar dialami ataupun Anda lihat. Namun, maraknya terjadi...

Merasa Ragu Dalam Hubungan Asmara Anda? Berikut Cara Mengatasinya

Ketika seseorang mengambil keputusan dalam kehidupan asmaranya yang tentu tidak lain adalah menerima pria yang mengisi kehidupan asmaranya, maka kondisi demikian tentunya harus mampu...