" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

10 Pekerjaan Paling Aneh di Dunia

Anda kesulitan dalam mencari pekerjaan? Wajar saja. Sempitnya lapangan pekerjaan dan sulitnya mendapatkan pekerjaan tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di luar negeri, termasuk negara-negara adidaya seperti Amerika dan negara-negara besar Eropa.

Kenapa ini bisa terjadi? Coba saya jelaskan sedikit dengan singkat.

“Jumlah populasi manusia terus bertambah, sementara 2/3 jumlah populasi manusia dewasa di dunia hanya mau berebut lapangan pekerjaan yang sempit yang disediakan oleh 1/3 populasi manusia dewasa lainnya,”

Ya, itu dia masalahnya. Memang kedengarannya cukup sederhana, tapi ini membuat lapangan pekerjaan semakin kering, yang pada akhirnya menciptakan banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang agaknya terlalu maksa walaupun memang kreatif.

Di Indonesia yang banyak yang berpikir bahwa dengan jadi sarjana saja masa depan mereka sudah terjamin dunia dan akhirat. Jika Anda salah satu dari mereka yang dulu berpikir seperti itu tapi sampai sekarang masih saja berstatus pengangguran kering, pada seri ini akan saya perlihatkan 10 pekerjaan-pekerjaan paling aneh di dunia. Beberapa pekerjaan ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda.

1. Seniman Siul

lelaki bersiul oleh segiempat

Seperti namanya, orang dengan pekerjaan ini adalah seniman musik dengan siulan. Ya, bersiul seperti yang Anda lakukan di kamar mandi dan tanpa bantuan alat musik lain.

Tapi menjadi seniman siul tidak mudah seperti yang Anda bayangkan. Menjadi seniman siul tidak hanya bermodal paru-paru dan bibir monyong saja. Tapi juga dibutuhkan talenta khusus dan kemampuan untuk menghasilkan musik instrumental yang indah hanya dengan siulan yang sederhana.

Harry Brady (58) misalnya, sudah menjadi seniman siul yang berhasil berkeliling dunia dan banyak menyentuh hati para pendengar dengan siulannya yang khas.

2. Penguji Bau

mengendus ketiak orang lain oleh segiempatOrang-orang yang bekerja di bidang ini adalah mereka yang mengklaim bahwa hidungnya lebih peka dari kebanyakan manusia lain. Jika Anda berpikir bahwa pekerjaan ini hanya sebuah pekerjaan yang sederhana, Anda benar. Karena memang untuk bekerja di bidang ini Anda hanya memerlukan hidung yang peka, yang rasanya hampir semua orang juga punya.

Tugas para penguji bau adalah memastikan bahwa parfum dan deodoran sudah efektif menghilangkan bau tak sedap sebelum produk diluncurkan di pasaran. Mereka lah yang menetukan apakah sebuah produk deodoran dan parfum layak untuk dipasarkan.

Setiap pekerjaan tentu mempunyai tantangannya masing-masing. Tidak terkecuali dengan pekerjaan ini. Tantangan paling berat bagi para penguji bau adalah  mengendus bau deodoran langsung dari ketiak para sukarelawan yang menjadi eksperimen deodoran dan produk pengawi badan lainnya. Untuk hidup dengan pekerjaan ini, jangan lupa untuk mengasuransikan hidung Anda karena ketiak beberapa orang bisa saja membuat hidung Anda pendarahan.

3. Penguji Mebel

penguji sofa oleh segiempatBisnis mebel adalah salah satu bisnis terbesar di pasaran. Bayangkan saja, mebel pasti dapat ditemukan hampir di semua rumah beradab di dunia ini. Tapi bisnis mebel juga adalah salah satu binsis dengan persaingan yang sangat ketat. Banyak sekali para pemula bisnis di dunia mebel harus rontok dan lunglai, bahkan sebelum mereka bahkan mampu menjual produknya.

Mereka-mereka yang sudah enggan untuk ikut campur ke dalam kompetisi bisnis mebel, terpaksa menawarkan diri sebagai penguji mebel. Kedengarannya memang keren. Tapi pekerjaan ini sama sekali tidak melibatkan teknologi tingkat tinggi untuk menguji ketahanan bahan mebel. Tidak, tidak sekeren itu. Tugas para penguji mebel hanya duduk, bersandar, dan berbaring di 200 kursi dan sofa setiap harinya untuk menguji dan menilai kenyamanan produk-produk mebel.

4. Pembersih Muntah

pembersih muntahan oleh segiempatPetugas pembersih biasanya bertugas untuk membersihkan segala macam bentuk kotoran, mulai dari sampah hingga kotoran. Tapi bagaikan seorang dokter, para petugas pembersih yang satu ini bisa dibilang sudah mengambil sekolah ‘spesialis’ khusus di bidang kebersihan.

Petugas-petugas pembersih spesialis ini secara spesifik hanya membersihkan muntahan saja, dan tidak kotoran lain. Lalu dimana saja orang-orang ini biasanya dipekerjakan? Tentu saja di tempat-tempat yang paling banyak orang muntahnya.

Petugas pembersih muntahan biasanya dipekerjaan di wahana-wahana hiburan yang memacu adrenalin seperti roller coaster. Tugas mereka cukup bolak-balik dan memastikan lantai wahana bersih dari muntahan para pengunjung wahana roller coaster yang perut gendutnya terguncang hebat saat sedang mengendarai wahana. Sedangkan untuk menjamin kebersihan lantai dari sampah-sampah, jagan harap mereka mau perduli karena itu tidak terdapat dalam kontrak kerja mereka sebagai spesialis pembersih muntahan.

5. Penguji Makanan Hewan

penguji makanan hewan oleh segiempatBerbeda dengan kebanyakan orang di Indonesia yang menunjukkan cinta mereka kepada binatang peliharaan dengan tendangan, orang-orang di Eropa dan Amerika sangat perduli pada peliharaan mereka, bahkan hingga ke rasa setiap makanan yang mereka berikan.

Sayangnya, tidak ada binatang peliharaan yang bisa melaporkan rasa setiap makanan hewan dan mengomentarinya seperti Pak Bondan Winarno saat mengomentari masakan. Karena itu mereka merasa perlu untuk mempekerjakan orang-orang yang khusus bertugas untuk mencicipi produk-produk makanan hewan sebelum diluncurkan di pasaran.

Mereka tidak mempeljari apakah makanan-makanan binatang tersbeut sudah memnuhi nutrisi yang dibutuhkan atau tidak. Karena sudah ada pekerjaan lain yang bertugas untuk memastikan itu. Khusus untuk para penguji makanan hewan ini, mereka hanya perlu untuk mengetahui apakah rasa dari makanan hewan tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan masing-masing perusahaan. Enaknya, para penguji makanan hewan ini tidak lagi perlu khawatir tentang kebutuhan makanan mereka sehari-hari karena sudah menjadi tanggungan perusahaan, walaupun itu hanya makanan hewan.

6. Penyelam Bola Golf

penyelam golf oleh segiempatGolf adalah salah satu olahraga yang paling tidak mendekati kategori olahraga. Bagaimana tidak, para pemain golf hanya memukul dengan tongkat, dan berpindah dari satu posisi ke posisi lain pun masih menggunakan kendaraan. Tapi untungnya olahraga ini hanyalah mainan mereka-mereka yang berdompet tebal. Jadinya, banyak sekali pekerjaan-pekerjaan lain di tempat permainan golf yang sebenarnya kurang begitu dibutuhkan.

Salah satu pekerjaan aneh yang tersedia di tempat permainan golf adalah penyelam bola. Saking malasnya para pemain golf ini, pada setiap tempat permainan golf mereka memperkerjakan orang-orang yang memang khusus ditugaskan sebagai penyelam bola golf. Tugas mereka tidak banyak, mereka hanya diperlukan saat bola golf masuk ke dalam danau-danau dan kolam-kolam yang menghiasai lapangan golf. Bola-bola yang kemudian sudah tercemplung ke dalam danau-danau dan kolam ini akan dijual kembali.

Tidak hanya itu, para penyelam bola golf ini bahkan dilengkapi dengan alat menyelam yang lengkap, yang sepertinya tidak begitu diperlukan. Karena tentu saja, danau-danau dan kolam di lapangan permainan golf hanya dirancang untuk penghias saja, dan tidak untuk menyelam.

7. Pengendus Tisu Toilet

pengendus tisu toilet oleh segiempatOrang Indonesia memang tidak pernah suka yang ribet-ribet. Untuk kebanyakan orang Indonesia, tisu toilet tidak begitu sering digunakan di kamar mandi. Untuk kamar mandi orang Indonesia, kita paling tidak hanya butuh gayung dan bak air bersih saja. Berbeda halnya dengan orang-orang di Eropa dan Amerka. Tisu toilet adalah hal serius bagi mereka untuk menjamin kebersihan mereka saat keluar dari kamar mandi.

Saat sebuah tisu toilet berlabel ‘tanpa aroma’, maka tisu toilet tersebut harus betul-betul tanpa aroma. Jika sebuah tisu toilet berlaber ‘tanpa aroma’ memiliki sedikit saja aroma secara disengaja ataupun tidak disengaja, maka produk tersebut bisa ditarik dari pasaran dan ada denda yang dapat dikenakan kepada perusahaan yang memproduksinya.

Untuk itu, dipekerjakannya orang-orang yang telah dilatih untuk secara spesifik bertugas mengendus produk-produk tisu toilet sebelum diluncurkan ke pasaran. Pekerjaan mereka mungkin kedengaran tidak begitu penting bagi Anda, tapi di Amerika dan Eropa, merekalah yang menentukan apa tisu toilet layak diproduksi atau tidak.

8. Penguji Tantangan Maut

penguji tantangan maut oleh segiempatSebuah tantangan tidak akan dikatakan sebuah tantangan maut jika memang tidak ‘maut-maut’ amat. Untuk sekedar memberikan label maut kepada tantangan-tantangan tertentu, hadirlah orang-orang yang secara spesifik bekerja sebagai penguji tantangan maut.

Sebenarnya, tugas utama mereka adalah memastikan keamanan sebuah tantangan sebelum acara berlangsung. Orang-orang yang bekerja sebagai penguji tantangan maut ini paling banyak dipekerjakan di acara-acara seperti Fear Factor. Dalam acara Fear Factor, mereka harus memeastikan bahwa tantangan-tantangan yang akan diberikan kepada peserta memang aman dan tidak berbahaya. Jadi merekalah yang lebih dulu mencicipi bola mata sapi dan kecoa untuk kemudian memastikan itu tidak berbahaya bagi para peserta Fear Factor.

9. Tukang Tidur Profesional

tukang tidur profesional oleh segiempatJika saja Si Kabayan hidup di zaman sekarang, mungkin ia bisa memaksimalkan kemalasannya untuk meraup uang. Karena saat ini sudah hadir pekerjaan sebagai seorang tukang tidur profesional. Ya, tugas mereka tidak lebih dan tidak kurang adalah tidur.

Siapa yang bisa menolak ketika ditawarkan bayaran hanya untuk tidur? Tentu saja tidak ada. Tapi walaupun pekerjaan ini memang kedengaran mudah, sebenarnya menjadi tukang tidur profesional tidak semudah yang Anda bayangkan.

Para tukang tidur profesional ini harus siap untuk tidur kapanpun saat mereka diperintahkan untuk tidur, terlepas dari kenyataan bahwa mereka sedang mengantuk atau tidak. Lalu, untuk apa orang-orang ini diperintahkan tidur? Para tukang tidur profesional ini banyak dipekerjakan di labolatorium-labolatorium penelitian tentang tidur. Mereka sangat berjasa bagi para peneliti-peneliti untuk mengetahui berbagai macam masalah dan gangguan tidur pada manusia.

10. Penguji Perosotan Kolam Renang

perosotan kolam renang paling tinggi oleh segiempatJika Anda ingin bermain prosotan kolam renang tanpa harus membayar, mungkin Anda sebaiknya mempertimbangkan pekerjaan ini. Para penguji perosotan kolam renang adalah mereka yang bahkan dibayar untuk naik ke perosotan kolam renang.

Perosotan yang ada di kolam renang, baik untuk anak-anak ataupun untuk dewasa, sebenarnya tidak mudah dalam pembuatannya. Perosotan di kolam renang tidak hanya sekedar papan licin untuk meluncur, karena jika dibuat tanpa pertimbangan bisa menyebabkan luka serius bagi mereka yang menaikinya. Perlu perhitungan yang matang tentang perbandingan ketinggian prosotan, kecepatan luncur dan ketinggian air kolam untuk memastikan keamanan orang-orang yang meluncur.

Ini kemudian membuat pekerjaan sebagai penguji perosotan kolam tidak seasyik kedengarannya.Karena mereka inilah yang bertugas untuk memastikan bahwa perosotan di kolam renang aman untuk para pengunjung nantinya. Mereka harus menguji apakah perbandingan tinggi perosotan, bobot badan dan ketinggian air sudah cukup aman bagi para pengunjung kolam. Jika pada akhirnya perosotan kolam  tidak terbukti aman, merekalah yang menemukan dan mereka jugalah yang menjadi korban-korban pertamanya.

Erwin Miradi
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

4 Tanda Saat Wanita Sangat Bergantung Dengan Kekasihnya

Tujuan dalam membina suatu hubungan asmara dengan seseorang tentu adalah agar masing-masing pasangan dapat mengerti dan memahami pasangannya terhadap keinginan mereka satu sama lain....

4 Tipe Kekerasan yang Wajib Diketahui Kaum Wanita

Pertengkaran dalam sebuah kehidupan asmara seseorang bersama sang kekasih memang sudah menjadi hal yang biasa dan wajar dialami ataupun Anda lihat. Namun, maraknya terjadi...

Merasa Ragu Dalam Hubungan Asmara Anda? Berikut Cara Mengatasinya

Ketika seseorang mengambil keputusan dalam kehidupan asmaranya yang tentu tidak lain adalah menerima pria yang mengisi kehidupan asmaranya, maka kondisi demikian tentunya harus mampu...