Manusia memang hanya bisa berencana. Namun Tuhan lah yang menentukan semua jalan kehidupan dari manusia itu sendiri. Sebuah pekerjaan memang tak pernah ada yang tidak mengandung resiko. Semua memiliki kesulitan dan resikonya masing-masing sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lokasi kerjanya. Pun begitu dengan pilot. Pilot merupakan “pengemudi” pesawat terbang yang harus siap sedia dengan resiko apa pun yang dapat terjadi dalam setiap penerbangan yang ia lakukan. Profesi ini pun tak pernah lepas dari salah satu resiko terbesar yakni kecelakaan pesawat. Ya, dalam dunia penerbangan dunia, tercatat ada beberapa kecelakaan pesawat yang sangat memilukan yang pernah terjadi. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Air Africa

Foto Air Africa Oleh Unik SegiEmpat

Salah satu kecelakaan pesawat yang paling memilukan adalah kecelakaan pesawat yang pernah dialami oleh Air Africa. Pesawat Air Africa ini lepas landas pada tahun 1996 dari Rusia. Sebenarnya, Air Africa tak memiliki izin penerbangan. Sebab pesawat ini diduga tengah membawa beberapa senjata berat. Tak hanya senjata, ternyata Air Africa juga membawa penumpang yang jumlahnya cukup banyak. Lantaran tidak memiliki daya yang cukup kuat untuk membawa senjata-senjata berat yang ada didalamnya, maka pesawat ini pun jatuh dan menimpa rumah penduduk yang ada daerah Kinshasha, Kongo. Sontak, kecelakaan pesawat ini pun dianggap sangat fatal. Sebab, kecelakaan ini mengakibatkan nyawa sekitar 348 orang melayang begitu saja. Sayangnya, pesawat ini tidak memiliki laporan kecelakaan yang jelas sebab kecelakaan terjadi di daerah yang ilegal.

2. Saudi Flight 163

Foto Saudi Flight 163 Oleh Unik SegiEmpat

Lain lagi dengan cerita jatuhnya pesawat Saudi Flight 163. Pesawat Saudi Flight 163 dinyatakan lepas landas dari Riyadh, Arab Saudi. Miris, sebab baru enam menit setelah pesawat ini take off, tiba-tiba saja terdapat sebuah laporan yang menyatakan bahwa terlihat kepulan asap yang terletak pada bagian kargo pesawat. Mengetahui hal tersebut, maka kru pesawat pun bergegas mencari tahu akibat munculnya kepulan asap tersebut hingga 40 menit lamanya. Namun kru memutuskan untuk kembali ke bandara. Kondisi tersebut justru menyebabkan timbulnya api yang berdampak pada kerusakan pada mesin bagian tengah pesawat. Kerusakan tersebut membuat mesin pesawat tiba-tiba saja mati. Sebenarnya, Saudi Flight 163 telah berhasil mendarat, namun tiba-tiba saja pesawat ini berguling hingga akhirnya kendaraan emergency dapat menghentikannya. Miris, sebab gulingan tersebut justru membuat sebagian besar penumpang meninggal di tempat. Hasil evakuasi menyebutkan bahwa rata-rata penumpang meninggal dunia lantaran memiliki masalah pada pernafasannya. Lebih nahas lagi, sebab dalam kondisi yang sebegitu gentingnya, pintu pesawat justru tidak dapat dibuka. Pintu tersebut baru bisa dibuka 15 menit kemudian. Kecelakaan ini telah menewaskan 301 penumpang beserta awak pesawat tanpa menyisakan satu pun penumpang yang selamat. Anehnya, hingga evakuasi dilakukan, belum diketahui pasti asal muasal asap tersebut. Namun sejak kecelakaan ini, pihak pengelola bandara dengan tegas mewajibkan pada setiap ku untuk mengecek barang bawaan penumpang di kargo dengan lebih hati-hati.

3. Japan Airlines 907

Foto Japan Airlines 907 Oleh Unik SegiEmpat

Kecelakaan yang tak kalah memilukan juga pernah terjadi pada pesawat Boeing 747 Japan Airlines 907 pada awal tahun 2001 silam. Kecelakaan pesawat yang terjadi di Yaizu, Shizouka, Jepang, ini telah menyebabkan 99 penumpang mengalami cidera. Mirisnya, kecelakaan pesawat ini terjadi beberapa menit setelah pramugari menyajikan minuman bagi para penumpangnya. Kecelakaan pesawat ini bermula ketika sebuah pesawat lain dengan nomor penerbangan 958 tiba-tiba saja terbang pada jalur yang sama dengan Boeing 747 Japan Airlines 907. Kesalahan tersebut menyebabkan Boeing 747 Japan Airlines 907 dan pesawat tersebut nyaris bertabrakan. Karena diketahui kedua pesawat tersebut akan bertabrakan, maka pesawat Boeing 747 Japan Airlines 907 pun mendapatkan perintah untuk menaikkan ketinggian. Namun nahas, menara kontrol salah memberikan perintah sehingga pilot pun langsung mengeksusi dengan cara terbang ke bawah guna menghindari tabrakan. Untungnya, nyawa dari 677 orang dari seluruh total penumpang berhasil selamat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY