Ada banyak sekali sejarah kehidupan yang sangat menarik untuk dikuak, termasuk sejarah mengenai nama-nama laut-laut yang terkenal di dunia. Nah? Penasaran bukan mengapa nama laut-laut yang biasanya kita lihat di peta tersebut digunakan untuk menamai laut-laut yang besar dan terkenal di dunia? Yuk, baca sejarah lengkapnya berikut ini.

1. Laut Arab

Foto Laut Arab Oleh Unik SegiEmpatSalah satu laut yang memiliki letak dan fungsi yang sangat strategis adalah Laut Arab. Sejak zaman kuno silam, laut Arab menjadi salah satu jalur perjalanan laut utama yang menghubungkan kawasan Arab dengan benua Afrika hingga negara-negara lain yang ada di benua Asia seperti India dan China. Sedangkan kini, Laut Arab berfungsi sebagai jalur perhubungan yang dapat mengirimkan barang yang datang dari benua Eropa menuju India. Nama Laut Arab ternyata diambil dari letak geografisnya yang berada di kawasan Samudera Hindia dan dikelilingi oleh wilayah negara India bagian timur, wilayah Pakistan dan Iran bagian utara, serta Semenanjung Arab bagian barat.

2. Laut China Selatan

Foto Laut China Selatan Oleh Unik SegiEmpatBukan hanya Laut Arab, Laut China Selatan juga memiliki sejarah tersendiri mengenai pemilihan nama yang ia gunakan. Nama “China Selatan” diberikan oleh seorang pelaut berkebangsaan Portugis yang pernah melakukan perdagangan dengan China. Pelaut Portugis tersebut awalnya menyebut laut itu dengan nama “Laut Selatan”, namun karena masih banyak sekali laut lain yang juga membatasi wilayah China bagian selatan, maka namanya pun kemudian diubah menjadi “Laut China Selatan”. Namun uniknya, laut yang terletak di bagian Samudera Pasifik ini memiliki julukan yang berbeda-beda di setiap negara. Mungkin hal ini karena faktor letak geografisnya yang berada di sekeliling beberapa negara. Contoh kecilnya dapat terlihat di China. Menurut para pakar, masyarakat China menyebut Laut China Selatan dengan sebutan “Laut Selatan” karena letaknya yang membatasi wilayah China di bagian selatan. Sedangkan oleh bangsa Vietnam, salah satu laut luar paling besar di Bumi ini disebut dengan nama Laut Timur karena terletak di bagian timur negara yang beribukota di Hanoi tersebut.

3. Laut Merah

Foto Laut Merah Oleh Unik SegiEmpatSatu lagi lautan yang juga memiliki pemilihan nama yang unik, yakni Laut Merah. Kata Laut Merah sebenarnya merupakan terjemahan dari bahasa Yunani Kuno yang berarti “Erythra Thalassa”. Banyak sekali ilmuwan yang meneliti asal muasal pemilihan nama laut ini. Bahkan, pendapat mereka terpecah menjadi dua teori. Teori pertama menyebutkan bahwa pemilihan kata “merah” berasal dari jenis bakteri merah yang suka muncul di permukaan air laut pada musim tertentu. Sedangkan teori lainnya menyebutkan bahwa kata “merah” dipilih guna menggambarkan adanya gunung-gunung berwarna kemerahan yang berdiri kokoh di pinggir Laut Merah. Gunung-gunung berwarna merah tersebut tercatat memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi serta unsur warna merah yang begitu kental.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY