Perang Bersejarah saat Bulan Puasa oleh SegiEmpatDi bulan Puasa selama ini selalu identik dengan keceriaan dan semua hingar bingar Ramadhan yang dilakukan oleh setia umat Muslim. Mulai dari “berburu” takjilm sholat tarawih, sahur hingga “berburu” baju lebaran. Bahkan bulan Ramadhan sekarang ini pun selalu identik dengan perdamaian.

Tapi siapa sangka dalam sejarah umat Muslim, ribuan tahun lalu ibadah Puasa harus dijalani dengan penuh kekerasan, disaat puluhan ribu umat Muslim pada ribuan tahun lalu harus terlibat dalam peperangan. Seperti apa kisahnya? Berikut 4 perang bersejarah saat bulan puasa.

Perang Hattin di Yerusalem

Perang Bersejarah saat Bulan Puasa oleh SegiEmpatTahun 1187 pasukan Salahudin Ayubi yang berasal dari Dinasti Ayyubiyyah Kurdi berperang melawan tentara Salib yang berasal dari kerajaan Yerusalem. Perang Hattin terjadi selama 2 hari di bulan puasa ini tercatat sebagai salah satu peperangan yang besar di kawasan Yerusalem. Peperangan ini melibatkan 30 ribu pasukan Muslim yang di pimpin Salahudin Ayubi melawan 20 ribu pasukan Salib. Dalam peperangan sengit ini pasukan Muslim berhasil perlawanan pasukan kerajaan Yerusalem dengan hanya sedikit korban.

Perang Guadalete di Andalusia, Eropa

Perang Bersejarah saat Bulan Puasa oleh SegiEmpatPerang Guadelate tercatat sebagai perang bersejarah yang juga terjadi saat bulan Puasa, tepatnya pada tahun 711. Tariq bin Ziyad bersama pasukan kecilnya ini justru mampu menaklukkan puluhan ribu pasukan Raja Roderic yang berasal dari Kerajaan Visigothic dan akhirnya lewat perang ini pasukan Muslim perlahan mampu mengembangkan sayapnya di kawasan Andalusia, di Eropa.

Perang Pembebasan Mekkah

Perang Bersejarah saat Bulan Puasa oleh SegiEmpatPerang yang melibatkan puluhan ribu pasukan yang berasal dari umat Muslim dan kaum Kafir Quraish ini juga tercatat sebagai perang besar dalam sejarah yang terjadi saat bulan puasa. 10 ribu pasukan Muslim yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW ini mampu menaklukkan dengan mudah bangsa Kafir Quraish yang menguasai Mekkah. Bahkan Abu Sofyan yang merupakan salah satu pemimpin Kafir Quraish memeluk Islam dan mengakui Allah adalah Yang Maha Esa.

Perang Badar

Perang Bersejarah saat Bulan Puasa oleh SegiEmpatDalam riwayat perjalanan umat Islam, perang Badar merupakan perang yang paling melegenda. Bahkan peperangan ini pun disebutkan dalam Al-Qur’an. Perang Badar menjadi peperangan yang sangat bersejarah bagi umat Islam, pasalnya dalam perang ini pasukan Muslim yang dipimpin Nabi Muhammad SAW yang hanya berjumlah 300 –an orang menyerbu lebih dari 1000 pasukan Kafir Quraish. Bahkan membuat 1000 pasukan Kafir Quraish melarikan diri.

Itulah 4 perang bersejarah yang terjadi saat bulan Ramadhan, peperangan tersebut tentu tidak harus terjadi di era sekarang ini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY