Kisah Dibalik Berdirinya Bangunan fenomenal Patung Liberty oleh SegiEmpatTidak banyak yang mengetahui tentang asal-asul berdirinya bangunan yang melambangkan kebebasan masyarakat Amerika Serikat ini. Patung Liberty yang terkenal akan keindahan dan tempat berfoto para wisatan yang berkunjung ke AS ini dapat dikatakan salah satu keajaiban dunia. Ikon kebanggaan ini dibuat dengan kerja keras   dan tentunya dengan biaya yang cukup tinggi. Maka tak heran jika Patung Liberty dinyatakan sebagai struktur beton terbesar pada abad-19 di Amerika Serikat saat itu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah Patung Liberty berikut ulasannya.

Kisah dibalik berdirinya bangunan fenomenal Patung Liberty.

Perancang Awal

1 Kisah Dibalik Berdirinya Bangunan fenomenal Patung Liberty oleh SegiEmpatPatung fenomenal yang berada di Amerika Serikat ini ternyata buah tangan dari orang Perancis yakni Frederic Auguste Bartholdi. Seorang pria kelahiran 2 Agustus 1834 di Colmar, Perancis. Keahlian yang dimiliki sebagai seniman patung sejak kecil telah terbukti akan hasil karyanya dikala itu. Diketahui Bartholdi merupakan anak dari seorang tuan tanah yang makmur, namun sayangnya ayahnya meniggal dunia ketika dirinya masih berusia dua tahun. Setelah itu diketahui dirinya dirawat oleh Charlotte, ibunya sendiri yang memiliki jiwa keras dan posesif.   Ide pembuatan Patung Liberty muncul ketika dirinya ikut perang Franco-Prussian, dalam perang itulah dalam benaknya muncul ingin menciptakan suatu lambang kebebasan. Menyadari bahwa impiannya ingin menciptakan patung tersebut memerlukan dana besar Bartholdi pun akhirnya melakukan penggalangan dana sendirian. Usaha pencarian dana pun dilakukan dari kantor kekantor dengan meyakinkan orang Perancis bahwa buah tangannya tersebut nantinya akan membawa pengaruh yang cukup besar, namun tidak sedikit yang mengkritik serta berkomentar negatif tentang rencana tersebut. Berkat keuletannya akhirnya pada tahun 1879 dirinya berhasil mengumpulkan dana 250.000 Franc dan dengan itulah dia memulai kembali pembangunan Patung Liberty.

Pembuatan Patung Liberty

2 Kisah Dibalik Berdirinya Bangunan fenomenal Patung Liberty oleh SegiEmpatSejarah Patung Liberty dibuat sejak tahun 1876 dengan penambahan dana yang di dapat pada tahun 1879 akhirnya Bartholdi menyelesaikan kembali apa yang telah dia kerjakan. Desain patung ini terbuat dari metal-metal produksi Gustav Eifell yang diketahui bahan utama dari berdirinya Menara Eiffel. Kemudian dilapisi batu di beberapa bagian dan meyelesaikan tahap pengukiran sesuia dengan rancangan yang telah dibuat. Hingga akhirnya Patung Liberty selesai pada tahun 1884 di Perancis, itu artinya pengerjaan proyek besar ini mengalami pengerjaan kurang lebih 8 tahun.

Pengiriman Patung Liberty dari Perancis ke Amerika Serikat

3 Kisah Dibalik Berdirinya Bangunan fenomenal Patung Liberty oleh SegiEmpatSesaat setelah bangunan fenomenal ini selesai, kendala dana kembali datang pada tahap pengiriman. Semua dikarenakan pemerintah Perancis tidak menyetujui proyek ini karena tebilang memakan biaya yang sangat besar. Melihat hal tersebut Bartholdi kembali meminta sumbangan kepada Amerika Serikat untuk biaya pengiriman bangunan yang memiliki berat ribuan ton itu namun permintaan juga ditolak. Untungnya seorang jurnalis Joseph Putlizer memiliki ide brilian dengan menulis artikel untuk mempengaruhi warga Amerika menyumbang dana dan alhasil itupun berhasil. Patung Liberty pun akhirnya berlayar dari Perancis ke Amerika Serikat pada tahun 1885.

Tahap berdirinya patung simbol kebebasan Amerika Serikat

4 Kisah Dibalik Berdirinya Bangunan fenomenal Patung Liberty oleh SegiEmpatPenyambutan yang meriah dilakukan oleh para warga New York atas kedatangan patung tersebut. Walaupun membutuhkan waktu 6 bulan untuk dapat melihat bangunan megah tersebut berdiri kokoh di tanah Amerika pada tanggal 25 Oktober 1886. Kini patung Liberty menjadi daya tarik utama para wisatawan selain menjadi tempat untuk perayaan-perayaan hari besar seperti hari kemerdekaan Amerika dan perayaan pesta kembang api yang dilakukan setipa tahun.

Demikianlah informasi tentang kisah dibalik berdirinya bangunan fenomenal Patung Liberty. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY