Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kondisi geologis yang dapat dikatakan sangat labil secara tektonik. Letak negara Indonesia yang berada diantara Samudra Pasifik dan Samudera Hindia merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya gempa. Seperti yang diketahui bersama, terjadinya gempa disebabkan pelepasan energi secara tiba-tiba dari dalam ke permukaan bumi sehingga menciptakan gelombang seismik (patahan atau ledakan). Dalam sejarah bencana alam, gempa bumi yang terjadi di Indonesia terjadi berulang-ulang kali tercipta. Namun dalam pembahasan ini kami akan merangkum sejarah gempa yang menelan ribuan korban jiwa.

Berikut Deretan sejarah gempa terdahsyat menelan ribuan rakyat Indonesia yang pernah terjadi hingga kini.

Gempa Daratan Pulau Bali 1917

Gempa Daratan Pulau Bali 1917 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatWalaupun frekuensi gempa di Bali di nyatakan sedang, namun tercatat Gejer Bali atau Bali berguncang merupakan gempa bumi yang sangat dikenang karena menewaskan kurang lebih 1.500 korban jiwa. Gempa yang terjadi di daratan Bali ini terjadi pada tanggal 21 Januari tahun 1917 pada pukul 06.50 waktu setempat. Gempa yang diperkirakan memiliki kekuatan 6,6 skala richter mengakibatkan terjadinya tsunami setinggi 2 meter. Selain menelan ribuan korban jiwa, bencana alam ini pun menjadi kerusakan terparah di kawasan Bali terutama di bagaian selatan yang merupakan titik gempa. Dari ribuan korban yang telah dinyatakan tewas sebagian besar kematian dari faktor tanah longsor yang terjadi.

Gempa Papua 1976

Gempa Papua 1976 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatDeretan gempa selanjutnya terjadi di bumi Papua. Kejadian yang terjadi di pengunungan Jayawijaya tersebut memiliki kekuatan gempa 7,1 skla richter namun tidak terjadi tsunami. Kerusakan terparah yang terjadi yakni 6 desa dinyatakan hancur total, lebih dari 450 orang tewas dan lebih mengerikan lagi kurang lebih 5000 orang dinyatakan hilang akibat tanah longsor. Bencana alam yang terjadi pada tanggal  25 Juni 1976 tersebut memberikan trauma sangat besar bagi masyarakat Papua. Terlebih lagi getaran yang dihasilkan oleh gempa dahsyat tersebut dapat dirasakan oleh mayarakat wilayah barat dan timur dari Papua Nugini.

Gempa Flores, Nusa Tenggara Timur 1992

Gempa Flores, Nusa Tenggara Timur 1992 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatBencana tsunami setinggi 29 meter yang terjadi akibat gempa di laut Flores, sebelah utara pulau ini mengakibatkan hilangnya nyawa ribuan masyarakat. Tercatat lebih dari 2000 orang meninggal, 500 orang hilang, kurang lebih 500 orang terluka parah dan 5000 orang harus mengungsi. Gempa yang terjadi pada pukul 13.29 WITA tanggal 12 Desember 1992 ini memiliki kekuatan 7,8 skala richter dengan kedalaman 33km. Gempa dahsyat ini mengakibatkan tsunami menyapu bersih wilayah yang dilaluinya terutama daratan pantai utara Maumere dan sekitarnya yang merusak lebih dari 1.000 bangunan termasuk 18.000 rumah, 113 sekolah dan 90 rumah ibadah.

Gempa Andaman Sumatera 2004

Gempa Andaman Sumatera 2004 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatDeretan gempa berikut ini merupakan gempa maha dahsyat yang dirasakan pula oleh negara-negala lain yang berada di posisi tengah samudera dan lepas pantai semudera Hindia. Gempa yang terjadi 26 Desember 20014 di sebelah barat dari propinsi Aceh ini memiliki kekuatan bervariasi yakni dari 9,0 skala richter dan meningkat menjadi 9,1 lalu menjadi 9,3 skala richter. Bencana paling mematikan sepanjang sejarah ini menewaskan 283,106 jiwa rakyat Sumatera diikuti ratusan jiwa lainnya di 14 negara berbeda. Bencana ini menghancurkan seluruh bangunan yang berjarak 5 kilometer dari pesisir pantai sehingga jutaan orang pun kehilangan tempat tinggal. Karena kekuatan gempa yang begitu dahsyat, bencana alam dan tsunami Samudra Hindia ini diperkiraan mengeluarkan energi yang setara dengan 1500 bom atom Hirosima.

Gempa Pulau Nias, Sumatera Utara 2005

Gempa Pulau Nias, Sumatera Utara 2005 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatGempa bumi di Pulau Nias, Sumatera utara ini menimbulkan luka yang mendalam bagi kurang lebih 2.000 keluarga korban. Gempa yang terjadi tanggal 28 Maret 2005 sekitar pular 23.09 WIB memiiliki kekuatan sebesar 8,7 skala richter. Sesaat setelah gempa terjadi pulau ibu kota Nias, Gunung Sitoli bagaikan kota mati, suasana duka menyelimuti diantara puing-puing bekas reruntuhan. Gempa bumi ini meruapakan gempa bumi terbesar ke-2 di dunia setelah tahun 1964, untungnya bencana gempa ini tidak disusul bencana tsunami. Gempa dahsyat ini menelan 1.246 korban jiwa dengan durasi gempa selama 5 menit.

Gempa Jogjakarta, Selatan Jawa Tengah 2006

Gempa Jogjakarta Selatan Jawa Tengah 2006 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatTanggal 26 Mei 2006 tanah Jawa dilanda kesedihan berkepanjangan, tercatat lebih 6.000 jiwa melayang pada hari tersebut. Gempa yang memiliki kekuatan 6,3 skala richter itu berlangsung selama 57 detik.  Peristiwa gempa bumi tektonik ini terjadi sekitar pukul 05.55 WIB, dengan lokasi gempa pada koordinat 8,007° LS dan 110,31° dikedalaman 17,1km menurut Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Mineral Indonesia. Akibat gempa dan gempa susulan yang terjadi mengakibatkan gedung-gedung rusak parah, situs kuno diantaranya Candi Prambanan, Makam Imogiri, Bangsal Kraton Yogyakarta (Bangsal Trajumas) dan Objek wisata Kasongan yang sangat terkenal di daerah tersebut.

Gempa Sumatera Barat (Lepas Pantai) 2009

Gempa Sumatera Barat (Lepas Pantai) 2009 Deretan Sejarah Gempa Terdahsyat yang Menelan Ribuan Rakyat Indonesia oleh SegiEmpatDeretan gempa bumi  terdahsyat yang menelan ribuan rakyat Indonesia terjadi di Lepas pantai Sumatera Barat pada tanggal 30 September 2009 ini mudah-mudahan menjadi yang terakhir dalam bencana alam terbesar Indonesia. Tercatat waktu kejadian gempa pukul 17:16 WIB di sekitar 50 km barat laut kota Padang. Gempa bumi ini menghancurkan beberapa kabupaten dan kota di wilayah Sumetera Barat dengan korban jiwa mencapai 1.117 meninggal dunia, 1.214 luka parah dan 1,688 mengalami ruka ringan. Keganasan bencana dahsyat inipun terlihat dari kerusakan parah 135.448 tempat tinggal dan ribuan lainnya rusak ringan.

Demikianlah informasi tentang deretan gempa bumi terdahsyat yang menelan ribuan rakyat Indonesia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY