Ada berapa sih negara di dunia? Anda pasti bisa dengan mudah menjawabnya, karena kalau menurut data PBB sekarang ini diseluruh dunia setidaknya ada 193 negara. Tapi tunggu dulu, jumlah tersebut sebenarnya tidak pasti karena yang tercatat hanyalah negara-negara yang bergabung dengan PBB. Jadi negara lain yang tidak termasuk anggota PBB masa sih tidak boleh kita akui?

Jadi pertanyaannya tidak sesederhana itu kan? bahkan Anda pun bakal mengerutkan dahi karena mungkin 7 negara ini sama sekali belum pernah Anda dengar sebelumnya. Negara apa saja? Nah, berikut 7 negara yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya, kata orang-orang sih cukup misterius.

Negara Abkhazia

Pernah gak dengar nama negara Abkhazia? Tapi sebelum baca artikel ini ya. Well, negara yang berada di Georgia ini memang sangat jarang diketahui, tapi sebenarnya Abkhazia pun termasuk negara yang punya sejarah panjang, bahkan negara ini pun hanya sedikit lebih kecil dari Scotlandia.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatAbkhazia awalnya terbentuk dari sebuah kerajaan yang sudah berdiri sejak tahun 1.008, sebelum akhirnya bergabung dengan Georgia di masa jaya Uni Soviet. Saat Uni Soviet runtuh, Abkhazia memilih untuk berpisah dari kesatuan Georgia yang memicu peperangan pada tahun 1992. Tahun 1993 bantuan PBB berhasil meredam perang dan akhirnya Abkhazia pun mendeklarasikan kemerdekaannya.

Republic of Artsakh

Negara yang satu ini pasti tidak kalah asing ditelinga Anda bukan? maklum karena Republic of Artsakh yang dulunya dikenal dengan nama Nagorno Karabakh ini memang sangat terasing. Dulunya Nagorno Karabakh masih menjadi bagian dari Armenia di Azerbajian. Namun saat Uni Soviet runtuh pemerintah setempat memutuskan untuk memisahkan diri.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatNegara ini baru pertama kali terbentuk setelah melalu masa perang yang panjang, aksi penculikan, kekerasan sampai pembunuhan setidaknya menewaskan lebih dari 30 ribu orang. Peperangan akhirnya berhenti setelah Baku tak lagi berkuasa di wilayah Karabakh, dan disaat yang sama pemerintah setempat pun mendeklarasikan kemerdekaannya. Sayangnya negara yang luasnya 4 ribu kilometer persegi yang dihuni 150 ribu orang, sampai sekarang masih tak diakui termasuk Armenia sekalipun.

Republik Demokratik Sahara Arab (SADR)

Negara ini juga sering disebut negara yang misterius, tapi itu hanya karena Negara ini memang sangat jarang disebutkan. Republik Demokratik Sahara Arab atau yang disingkat SADR adalah negara kecil yang berada di bagian barat gurun Sahara.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatNegara yang juga sering disebut Western Sahara ini sebenarnya sudah mendeklarasikan kemerdekaannya sejak 27 Februari 1976, tapi sampai sekarang pemerintah Sahara Arab sendiri hanya dapat menguasai 20 persen dari wilayahnya. Sementara 80 persen lainnya dikuasai oleh Maroko. Hal ini bermula setelah Spanyol melepaskan kekuasaannya atas Sahara Arab ke tangan Maroko yang tak ingin melepas kekuasaannya terhadap Sahara Arab. Akhirnya sampai sekarang Republik Demokratik Sahara Arab pun tak diakui kemerdekaannya oleh Maroko.

Negara Transnitria

Ini adalah negara yang masih kental dengan masa-masa perang dingin di Eropa. Negara yang berada di bagian timur Maldowa ini sebenarnya sering jadi primadona bagi para wisatawan. Kalau Anda punya duit lebih boleh ke negara ini, apalagi Transnitria ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatBisa dibilang Transnitria ini sangat identik dengan Uni Soviet, terbukti sampai sekarang mata uang sampai sistem pemerintahannya pun masih menganut pemerintahan ala Uni Soviet. Meski sebenarnya Transnitria sudah merdeka sejak tahun 1990.

Iraqi Kurdistan

Irak adalah negara yang sampai sekarang masih berkecamuk dengan peperangan, terlebih setelah kelompok militant ISIS yang mengatas namakan agama masuk menguasai sebagian wilayah Irak. Setidaknya itu yang selalu kita lihat di televisi. Padahal sebenarnya ada satu negara di Irak yang jarang terekspose yaitu negara Iraqi Kurdistan.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatJangan salah meski etnis Kurdi sering tertindas, mereka sebenarnya memiliki negara yang merdeka. Bahkan sekarang para pasukan Iraqi Kurdistan menjadi pasukan militer yang paling aktif dalam menumpas ISIS.

Freetown Christianian

Mendengar namanya Anda mungkin mengira kalau ini hanyalah sebuah kota dengan penduduknya yang kecil. Memang Freetown Christianian ini tampak tak seperti negara. Tapi sebenarnya Freetown Christianian ini sudah mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepas diri dari Denmark.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatUnik memang, apalagi populasinya lebih terlihat seperti sebuah kamp ketimbang sebuah negara. Tapi ternyata hal tersebut cukup bersejarah bagi warga Freetown Christianian, pasalnya negara mereka dulunya memang merupakan barak tentara yang sering digunakan para pecandu untuk berkumpul. Sampai akhirnya entah bagaimana mereka mendirikan negara dan mendeklarasikan kemerdekaan. Yang tak kalah unik, di negara ini tidak diperbolehkan penduduknya memiliki kendaraan bermotor atau properti lainnya dan  mereka pun melegalkan obat-obatan terlarang. Sepertinya memang khusus para pecandu ya?

Seborga

Negara di dalam negara, ya seperti itulah yang menggambarkan Negara Seborga ini, negara berdaulat yang wilayahnya berada di dalam kekuasaan Italia. Seborga adalah sebuah negara yang wilayahnya sangat kecil dan hanya memiliki sekitar 400 orang penduduk.  Tapi jangan salah selain Vatikan, Seborga pun menjadi salah satu negara tertua di Eropa dan dunia.

7-Negara-yang-Mungkin-Belum-Pernah-Anda-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatNegara Seborga sudah didirikan sejak tahun 953 Masehi, yang awalnya merupakan kota Suci bagi Kaisar Romawi semasa kekuasaannya. Namun saat Kekaisaran Roma runtuh pada 1806, Seborga pun memilih melepaskan diri dari Kekaisaran Roma dan bergabung dengan Sardinia yang akhirnya berubah jadi Italia. Uniknya kemerdekaan negara Saborga ini tak dilalui dengan peperangan, saat Italia terdaftar sebagai sebuah negara wilayah Saborga sama sekali tak tercatat. Sejak itulah Saborga menjadi sebuah negara independen dan terus eksis sampai sekarang.

LEAVE A REPLY