Meski jaman sudah maju dan kita pun dituntut untuk bisa berpikir lebih rasional, namun ada saja orang yang lebih memilih untuk hidup sebagai preman. Seolah jadi preman adalah pembuktian diri untuk disegani dan ditakuti, padahal ujung-ujungnya kalau udah kedapatan bukannya ditakuti malah digebuki.

Namun dalam sejarah, kita memang tidak bisa membohongi kalau ada banyak preman yang sudah bikin geger karena aksi-aksi kriminalnya, yang bahkan tidak Cuma ditakuti atau disegani tapi juga nyaris tidak tersentuh hukum. Sebut saja kelompok gangster sekaliber Al Capone atau pasangan kriminal Bonnie and Clyde.

Tapi tidak Cuma dinegara lain saja, di Indonesia sekalipun ada banyak preman yang sempat membuat heboh banyak orang. Namun bukan hanya karena perbuatan kriminalnya tapi aksinya yang seperti Robin Hood. Tahu kan kisah si Robin yang merampok demi membantu orang-orang miskin? Nah berikut 5 preman legendaris Indonesia yang sempat bikin geger di dalam dan luar negeri.

Mat Peci

5-preman-legendaris-indonesia-oleh-segiempatPria kelahiran 1943 asal Garut ini sebenarnya terlahir di keluarga yang cukup terpandang, sehingga tak banyak orang yang menyangka kalau ia akan tumbuh menjadi preman yang ditakuti. Dalam sepak terjang hidupnya Mat Peci pertama kali bekerja sebagai calo karcis di Bandung. Namun ternyata itu tak membuatnya merasa puas.

Sekitar tahun 70-an, nama Mat Peci mulai melambung tinggi karena perilakunya yang sangat “liar”. Tak terhitung lagi berapa banyak kejahatan yang ia lakukan, karena hampir semua kejahatan dengan kekerasan sudah ia lakukan. Mulai dari pemerasan, perampokan, penganiayaan sampai pembunuhan.

Mat Peci sebenarnya sudah berulangkali ditangkap dan dimasukkan ke penjara, namun itu tidak cukup mampu  untuk menghentikannya. Bahkan keluar masuk penjara justru memberikan “ilmu” baru bagi Mat Peci. Konon Mat Peci sempat mempelajari ilmu kebal dari seorang rekannya di dalam penjara, ia juga kabarnya mendapatkan ilmu untuk mempermudahnya kabur. Namun meski begitu, Mat Peci akhirnya dapat tertangkap. Dalam sebuah penggerebekan tahun 1978 di Stasiun Kereta Api Leles, Garus Mat Peci menolak menyerahkan diri sehingga ia pun harus tewas tertembus peluru.

Kusni Kasdut

5-preman-legendaris-indonesia-oleh-segiempatMasih dari Gresik, satu lagi preman yang cukup melegenda di tanah air, dia adalah Kusni Kasdut. Dia adalah seorang perampok spesialis permata. Dalam sepak terjangnya ia berulangkali membuat geger masyarakat Indonesia, khsusunya saat ia melakukan perampokan dengan pembunuhan terhadap seorang pedagang Arab bernama Ali Badjened. Kusni dengan teman-temannya merampok Ali dan menghabisi nyawanya.

Setahun kemudian Kusni bersama kelompoknya kembali melakukan aksinya, ia merampok Museum Nasional Jakarta dan membawa puluhan berlian. Aksi Kusni terbilang sangat rapih, karena seperti di film-film ia menyamar sebagai polisi untuk masuk ke dalam museum. Sejak saat itu Kusni jadi buron.

Setelah beberapa tahun tidak berhasil diciduk, Kusni akhirnya tertangkap saat ia mencoba untuk menggadaikan berlian hasil curiannya. Akhirnya ia ditangkap dan divonis hukuman mati.

Kusni dikenal sebagai preman berdarah dingin, namun yang tidak banyak ditahu dari sosok Kusni Kasdut ternyata hasil rampokannya tidak ia habiskan sendiri melainkan ia sempat membagi-bagikannya pada orang miskin. Kusni dieksekusi mati pada 16 Februari 1980.

Ahmad Suradji

5-preman-legendaris-indonesia-oleh-segiempatPria bernama asli Nasib ini sebenarnya bukan preman tapi lebih tepatnya pembunuh licik berkedok dukun sakti. Kepercayaan sebagian orang terhadap dukun ternyata dimanfaatkan Ahmad Suradji dan suaminya untuk berbuat keji.

Ia melakukan pembunuhan terhadap 42 orang wanita dengan berkedok sebagai dukun sejak tahun 1986 sampai 1997. Tapi bukannya diobati para wanita justru dibunuh. Suradji alias Nasib meminta para korbannya untuk dikubur hingga lengan dengan alasan ritual. Namun saat itulah Suradji justru mencekik korban hingga tewas dan jeazahnya dikubur di perkebunan.

Untungnya aksi tersebut tidak menambah korban lagi, Ahmad Suradji atau yang juga dikenal dengan nama Dukun AS ditangkap pada 2 Mei 1997. Ia kemudian dinyatakan bersalah dan divonis hukuman mati. Sedangkan istrinya dijatuhi hukuman seumur hidup. Dukun AS ini akhirnya dieksekusi mati pada 10 Juli 2008 lalu.

Slamet Gundul

5-preman-legendaris-indonesia-oleh-segiempatJaman dulu, preman tidak Cuma mangkal di pasar sambil memungut biaya keamanan pada pedagang, kalau sekarang sih premannya udah berdasi semua, udah gitu jadi wakil rakyat lagi. Tapi mereka kerap melakukan perampokan dengan skala besar, istilahnya sih begal jaman sekarang itu gak ada apa-apanya.

Salah satu preman legendaris Indonesia yang begitu terkenal adalah Slamet Gundul alias Samsul Gunawan alias Slamet Santoso. Dia adalah perampok spesialis nasabah bank yang menggunakan senjata api dalam melakukan aksinya. Yang bikin dia terkenal bukan hanya karena aksi-aksi perampokannya yang sudah banyak terjadi tapi karena ia dikenal sangat sulit untuk ditangkap. Karena dari beberapa kali aksi penggerebekan Slamet Gundul selalu berhasil lolos.

Tapi secara ajaib Slamet dan komplotannya berhasil tertangkap dan dijatuhi hukuman berat. Kabarnya sekarang ini Slamet Gundul sudah bebas dari penjara dan dipekerjakan oleh salah seorang pengusaha berinisial TW.

Johny Indo

5-preman-legendaris-indonesia-oleh-segiempatYang terakhir ini mungkin merupakan sosok preman yang paling melekat di hati banyak orang. Lahir dengan nama Yohanes herbertus Eijkenboom atau lebih dikenal dengan nama Johny Indo, dulunya adalah seorang bos gangster.

Bedanya meski sangar dan suka melakukan perampokan Johny Indo justru dikenal sebagai penjahat budiman. Bersama kelompoknya yang bernama Pachinko (pasukan China Kota) ia banyak melakukan perampokan di toko-toko emas milik orang kaya atau orang asing. Hasil curiannya sepanjang 10 tahun “karir”nya Johny merampok sekitar 129 kilogram emas tapi tidak ia habiskan melainkan ia bagikan semuanya pada masyarakat miskin.

Johny sempat tertangkap dan divonis 14 tahun penjara di Nusakambangan. Nah ini nih yang paling terkenal, bersama 14 orang tahanan lainnya ia berhasil melarikan diri, tapi itu Cuma bertahan 12 hari karena ia menyerahkan diri lantaran tidak mampu bertahan hidup dan menyebrang ke pulau lain.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY