Kiamat itu sifatnya pasti, kita sebagai manusia hanya bisa menunggu kapan datangnya kiamat tanpa bisa menghindarinya. Itu bisa dibilang kalau kiamat adalah hal yang paling ditakuti semua orang, jadi rasanya wajar kalau sejak lama kiamat selalu jadi perbincangan banyak orang, bahkan saking terkenalnya sampe-sampe ada yang manfaatin kelahiran hewan yang mirip manusia sebagai tanda kiamat. Padahal mah sebenarnya Cuma karena kelainan genetik aja, ya mungkin dipikirnya Cuma manusia aja yang bisa ngalamin kelainan genetik? Emangnya manusia aja yang bisa bereproduksi? Ahsudahlah.

Well, apapun itu sadar atau tidak dari catatan sejarah jauh sebelum ada internet, jangankan internet masa-masa kehidupan makhluk baru bernama manusia pun belum ada. Ternyata bumi sudah mengalami beberapa tragedi kiamat, yang mungkin kalau itu terjadi sekarang ini bisa dibilang kalau tidak ada lagi kehidupan di bumi. Seperti apa kejadiannya? Nih 4 tragedi kiamat yang sudah pernah terjadi sebelumnya.

Hujan Batu Angkasa Sekitar 3,9 Miliar Tahun yang Lalu

Bagi yang hobi nonton film, pernah kah lihat gimana ngerinya waktu batu angkasa menghantam bumi? Yang satu batu kecil saja bisa menghancurkan lebih dari 1km daratan. Pernah gak kebayang kalau kejadiannya kayak hujan?

4 Tragedi Kiamat yang Sudah Pernah Terjadi Sebelumnya oleh SegiEmpatWell, ternyata kejadian seperti itu pernah dialami oleh bumi, fenomena ini dikenal dengan nama Late Heavy Bombardment atau hujan batu angkasa sekitar 3,9 miliar tahun lalu. Tragedyi ini menurut ilmuan disebabkan oleh gangguan sabuk asteroid antara bumi dan mars. Akibatnya, ya kira-kira aja deh karena emang belum ada ilmuan yang bisa memprediksinya. Kalau satu batu yang besarnya Cuma seperti mobil efeknya udah ngeri, gimana kalau kayak air hujan? Belum lagi ukurannya mungkin lebih gede. Tapi yang jelas gak bikin bumi sampe datar ya hehe.

Ledakan Sinar Gamma Sekitar 200 Juta Sebelum Dinosaurus Pertama Lahir

Cuma ada di film saja, sinar gamma bisa membuat orang biasa berubah jadi monster hijau. Karena faktanya sinar gamma ini adalah salah satu kekuatan alam dengan kekuatan yang tidak bisa diprediksi. Terbukti sekitar 200 juta tahun sebelum dinosaurus pertama lahir menurut ilmuan NASA, bumi pernah dihantam ledakan sinar gamma.

4 Tragedi Kiamat yang Sudah Pernah Terjadi Sebelumnya oleh SegiEmpatDimana kekuatannya itu melebihi nalar manusia, karena 10 detik saja setelah ledakan dengan jarak 6 ribu cahaya dari bumi itu bisa merusak setengah ozon bumi, ini saja sudah cukup membuat makhluk hidup di bumi punah semuanya karena radiasi matahari. Apa gak kiamat tuh namanya? Seram deh pokoknya.

Fenomena The Great Dying Jutaan Tahun Sebelum Masa Dinosaurus

Kalau diartikan namanya memang berarti kematian sempurna, tapi ini sudah cukup menjelaskan bagaimana efek yang terjadi dari fenomena ini. Fenonema the Great Dying merupakan salah satu tragedi kiamat yang pernah terjadi di bumi sekitar seperempat milyar tahun lalu lah. Dimana hanya menyisakan 4 persen kehidupan di bumi, itu pun hanya ekosistem laut yang hidup ribuan kilometer di dasar laut.

4 Tragedi Kiamat yang Sudah Pernah Terjadi Sebelumnya oleh SegiEmpatFenomena ini terjadi karena erupsi massal dari letusan supervulkanik yang berada di daerah, yang sekarang namanya Siberia. Dimana yang meletus bukanlah gunung melainkan sebuah bukaan besar ddi bumi yang ledakannya meluas dan memunculkan ledakan-ledakan lain sampai 3 juta kilometer kubik. Jadinya waktu itu bumi seperti berselimut dengan karbon dan sulfur dioksida yang sangat tebal.

Tragedi Younger Dryas Sekitar 13 Ribu Tahun Lalu

Tepatnya 13 ribu tahun lalu, dimana pada masa geologi waktu itu bumi sudah dihuni berbagai macam makhluk hidup, ya mungkin termasuk nenek moyang kita yang dulu masih hidup di gua-gua.

4 Tragedi Kiamat yang Sudah Pernah Terjadi Sebelumnya oleh SegiEmpatTragedi ini dikenal dengan nama Younger Dryas, yang mana menyebabkan menewaskan tiga perempat makhluk hidup di bumi. Tragedy ini terjadi jelang zaman es berakhir, dimana bumi sedang mengalami pemanasan namun membuat bendungan es danau Agassiz runtuh. Akibatnya temperatur bumi kembali anjlok alias seperti kembali di jaman es. Efek ini bertahan sampai seribu tahun lamanya, bisa kebayang kan seberapa banyak spesies yang mati kedinginan?

Nah, itulah tragedi kiamat yang pernah terjadi di bumi. Itu lebih jelas kan ketimbang main tebak-tebakan pake cocokologi?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY