Berbicara tentang miskin dan kaya itu sebenarnya kayak ngomongin siapa yang udah ngehamilin seorang PSK, yang gak Cuma bikin bingung tapi emang gak pernah ada habisnya. Gimana mau selesai kalau masing-masing ngerasa benar sendiri. Yang tajir hobinya teriak-teriak “kerja usaha” sementara yang melarat sampai yang pas-pasan tapi gaya hidup mewah hobi minta fasilitas.

Well emang sih kalau kita masyarakat biasa ngeliat kehidupan orang-orang tajir itu suka ngiri, apalagi kalau ngeliat kehidupan di negara-negara kaya seperti Dubai atau Qatar. Yang saking tajirnya jangankan hewan buas dijadiin piaraan belanja ke warung aja naik jet pribadi. Biasanya sih suka ada yang bilang kalau “mereka itu beruntung karena sejak lahir susunya udah dicampur emas, sementara saya jangankan dapet susu yang ada malah dikasih air cucian beras”.

Sebenarnya sih itu Cuma pembenaran aja, karena kekayaan itu juga didapat dengan usaha. Buktinya 4 negara berikut ini yang sekarang dikenal sebagai penguasa dunia padahal dulunya miskin. Penasaran negara mana saja? nih langsung aja dah 4 negara yang dulunya miskin kini jadi penguasa dunia.

Cina yang Dikenal Negara Petani Sekarang jadi Penguasa Industri

Kalau dari kacamata dunia, negeri tirai bamboo ini dulu selalu dipandang sebelah mata. Apalagi dulunya, negara yang melekat dengan kung fu ini masyarakatnya memang mayoritas petani. Tapi lihat saja sendiri apa yang terjadi sekarang ini?

4-Negara-yang-Dulunya-Miskin-Kini-jadi-Penguasa-Dunia-oleh-SegiEmpatCina yang sempat dipimpin oleh Mao Zedong benar-benar berubah total, bahkan kini mereka tak lagi bergantung dengan bantuan negara lain tapi sudah bisa hidup mandiri berkat kemajuan sektor industrinya yang gila-gilaan.

Singapura yang Dulunya Melarat Selepas Dijajah Inggris Kini jadi Negara dengan Perekonomian Kelas Atas

Negara tetangga kita Singapura pun dulunya sempat bernasib miris. Bahkan sejak Inggris melepaskan kekuasaan perekonomian mereka benar-benar berantakan. Menurut catatan sejarah dulu hampir 70 persen penduduk Singapura mengalami kemiskinan, saking miskinnya Singapura sempat berpikir untuk melebur dengan Malaysia.

4-Negara-yang-Dulunya-Miskin-Kini-jadi-Penguasa-Dunia-oleh-SegiEmpatTapi Lee Kuan Yew yang terpilih sebagai petinggi berhasil menemukan solusi cerdas. Ia memberikan asuransi penuh terhadap setiap warganya dan mengobral investasi pada sejumlah pengusaha dengan pajak nol persen. Hasilnya? Lihat sendiri gimana majunya negara ini.

Qatar yang Dulunya Miskin dan Kumuh Sekarang jadi Penguasa Minyak

Kalau dilihat sekarang, Qatar sudah menjadi salah satu negara dengan mayoritas masyarakatnya hidup dengan kekayaan. Yang mungkin Cuma pengen buang air aja ke mall udah gitu naik ferarri lagi. Percaya atau tidak, sejarah mencatat Qatar ini dulunya adalah negara miskin.

4-Negara-yang-Dulunya-Miskin-Kini-jadi-Penguasa-Dunia-oleh-SegiEmpatNamun semua itu berubah tak lama sejak merdeka, pasca ditemukannya kandungan gas alam cair terbesar di dunia. Hasilnya di semua sektor perekonomian masyarakatnya mendapat kenyamanan akan kekayaan. Bahkan saking kayanya pemerintah Qatar membebaskan pajak bagi masyarakatnya.

Korea Selatan yang Dulunya Setara dengan Zimbabwe Kini jadi Tren Dunia

Kini Korea Selatan tidak Cuma dikenal dengan K-Pop atau drakornya tapi secara global Korea Selatan sudah dipandang sebagai salah satu negara kaya di dunia. Padahal dulu, Korea Selatan tak lebih kaya dibanding Zimbabwe lantaran penjajahan Belanda dan pertanian yang tak banyak berkembang.

4-Negara-yang-Dulunya-Miskin-Kini-jadi-Penguasa-Dunia-oleh-SegiEmpatNamun beberapa dekade belakangan ini Korea Selatan dengan orientasi eksportnya benar-benar berubah, apalagi dengan generasi muda mereka yang memang mendapat alokasi dana mumpuni dari pemerintah setempat.

Itulah 4 negara kaya yang dulunya melarat. Miris sih kalau mau dibandingkan dengan tanah air kita sendiri, yang masih berkutat dengan ya kalau enggak nyebar hoax pasti hobinya nuding sana-sini, karena politik busuk demi memperkaya diri.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY