Ajang balapan motor selalu menarik minat banyak orang, tidak hanya ajang bapalan lokal tapi juga internasional. Jika di ajang balapan mobil internasional, Formula1 adalah kelas yang bergengsi maka di balapan roda dua MotoGP menjadi kelasnya para raja.

Ajang balapan motor tentu saja tidak berkutat mengenai siapa yang tercepat dengan motor yang mereka kendarai masing-masing, namun yang paling penting adalah aksi overtake yang memberikan hiburan tersendiri bagi para penonton. Disinilah yang membedakan mereka yang memiliki talenta terbaik dan berhasil merengkuh gelar juara dunia.

Di ajang balapan dunia, MotoGP bisa disebut sebagai ajang balapan yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia. Tidak hanya menampilkan sederet motor-motor berkecepatan tinggi dengan kapasitas 1000cc tapi juga menghadirkan segudang pembalap-pembalap top dengan gelar juara terbanyak. Sejarah mencatat ada sederet pembalap yang berhasil mengantongi gelar juara terbanyak di kelas MotoGP yang dulunya 500cc. Nah, siapa saja pembalap MotoGp dengan juara dunia terbanyak? Berikut 4 peringkat teratas.

4 Kali Juara Dunia

Kita mulai dari posisi paling bawah. Dalam sejarah hanya sedikit dari mereka yang sepanjang karirnya berhasil meraih juara dunia, dan di posisi 4 pembalap yang berhasil meraih 4 kali juara dunia dimiliki oleh dua pembalap yang berbeda yaitu Mike Hailwood dan Eddie Lawson.

Pembalap MotoGP dengan Juara Dunia Terbanyak oleh SegiEmpatMike Hailwood pembalap kelahiran Inggris pada 2 April 1940 ini  merupakan salah satu pembalap dengan talenta berbakat di kelas 500cc. Pembalap yang dijuluki “mike the Bike” ini berhasil meraih gelar juara dunia pada tahun 1962, 1963, 1964 dan 1965.

Pembalap MotoGP dengan Juara Dunia Terbanyak oleh SegiEmpatPrestasi tersebut juga diraih oleh pembalap kelahiran Upland, California pada 11 Maret 1958 bernama Eddie Lawson. Pembalap yang dijuluki “Steady Eddie” ini meraih gelar juara dunia pada tahun 1984, 1986, 1988 dan 1989 di kelas 500cc.

5 Kali Juara Dunia

Pembalap MotoGP dengan Juara Dunia Terbanyak oleh SegiEmpatTentu kalian tidak asing dengan pembalap asal Australia ini. Michael Doohan atau yang lebih dikenal dengan nama Mick Doohan adalah salah satu pembalap legendaris di ajang balap roda dua. Pria kelahiran 4 Juni 1965 ini dikenal sebagai salah satu pembalap dengan talenta terbaik di eranya, dan hal tersebut pun sudah ia buktikan dengan 5 kali gelar juara dunia berturut-turut di sepanjang karir balapnya. Masing-masing tahun 1994, 1995, 1996, 1997 dan 1998.

7 Kali Juara Dunia

Pembalap MotoGP dengan Juara Dunia Terbanyak oleh SegiEmpatPembalap kelahiran Urbino, Italia pada 16 Februari 1979 ini juga tentunya sudah sangat kalian kenali, ya dia adalah Valentino Rossi pembalap asal Italia yang sampai sekarang ini masih eksis di ajang balap MotoGp. Valentino Rossi adalah salah satu pembalap yang sangat terkenal dengan talentanya di ajang adu balap yang memberikan tontonan “menghibur” bagi banyak orang. Talentanya yang luar biasa, sajian yang benar-benar menghibur dalam aksi overtaking yang brilian dan penuh adrenalin menjadikan pembalap berjuluk “The Doctor” ini disebut sebagai “King of MotoGp” yang sesuai dengan pencapaiannya di ajang balap MotoGP yang berhasil meraih 7 kali gelar juara dunia. Masing-masing tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan 2009. Bahkan dalam sejarah Valentino Rossi masuk dalam deretan pembalap tersukses bersama Jimmie Johnson (pembalap NASCAR), Sebastien Loeb (WRC) dan Michael Schumacher (Pembalap Formula1)

8 Kali Juara Dunia

Pembalap MotoGP dengan Juara Dunia Terbanyak oleh SegiEmpatValentino Rossi boleh saja masuk dalam catatan sejarah sebagai pembalap tersukses, namun raihannya di ajang balap MotoGp yang sebelumnya 500cc masih berada di bawah pembalap yang satu ini. Dia adalah Giacomo Agostini pembalap kelahiran Brescia, Italia pada 16 Juni 1942. Agostini sejauh ini masih memegang rekor sebagai pembalap MotoGP yang meraih gelar 8 kali juara dunia, masing-masing tahun 1966, 1967, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972 dan 1975. Bahkan, ia mencatat rekor sebagai pembalap MotoGp yang berasil meraih juara hingga 7 kali berturur-turut.

Sekarang ini di ajang balapan MotoGp telah menghadirkan sejumlah talenta-talenta baru yang tentu menarik melihat perkembangan mereka, apakah mereka mampu memecahkan rekor para pembalap seniornya?

LEAVE A REPLY