Masjid adalah salah satu tempat yang dimiliki oleh seorang umat muslim yang ada di dunia. Masjid ini adalah sebuah tempat ibadah yang memiliki beberapa keunikan berupa adanya sebuah karikatur dan juga hal yang sangat kental bagi agama Islam ini. Masjid ini adalah tempat ibadah yang banyak kita ketahui karena dibangun di semua daerah entah itu mayoritas atau minoritas beragama Islam. Namun kali ini kita akan membahas mengenai sebuah masjid yang ada di negara Islam yaitu di Iran. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa masjid yang indah yang ada di Iran.

 

1. Masjid Shah Imam

Foto masjid shah imam oleh unik SegiEmpat

Masjid pertama yang merupakan masjid dengan keindahan yang luar biasa adalah sebuah masjid yang bernama Masjid Shah Imam. Masjid ini berada di Isfahan, Iran yang memiliki keunikan berupa mosaic dan juga karikatur yang sangat indah dan penuh membuatnya terlihat sangat menarik. Perpaduan antara warna hijau dan juga ungunya ini juga sangat berpadu dengan baik. Ditambah lagi, masjid ini juga menjadi salah satu Warisan UNESCO sehingga banyak orang yang hingga kini menjaga dan menggunakannya sebagai tempat ibadah. Masjid Shah Imam ini dibangun pada tahun 1611 dan dipertahankan mulai dari sebelum hingga setelah Revolusi Iran.

 

2. Masjid Nasir Al Mulk

Foto masjid nasir al mulk oleh unik SegiEmpat

Berada di Shiraz, Iran, telah berdiri sebuah masjid yang kokoh dan juga indah bernama Masjid Nasir Al Mulk. Masjid Nasir Al Mulk ini adalah sebuah masjid yang sangat indah dan kerap dijuluki sebagai Pink Mosque atau Masjid Pink karena memiliki desain interior yang didominasi oleh warna pink yang terang ini. Hal ini tentunya membuat masjid ini menjadi masjid yang sangat unik bukan? Lengkap dengan luasnya masjid yang cukup luas dengan karikatur dan juga berbagai ornament mosaiknya membuat Masjid Nasir Al Mulk ini menjadi salah satu yang terindah di Iran. Tentunya banyak orang yang sengaja datang untuk beribadah atau sekaligus mengunjungi Masjid Pink ini untuk bisa menambah pengalaman dan melihat visual yang jarang bisa ditemui di semua masjid di dunia.

 

3. Masjid Sheikh Lotfollah

Foto masjid sheikh lotfollah oleh unik SegiEmpat

Lagi-lagi berada di Isfahan Iran, ada sebuah masjid yang diketahui juga menjadi salah satu masjid terindah di Iran dan hal ini juga bisa dibuktikan dari adanya sebuah prestasi berupa telah dicatat di sebuah Warisan UNESCO. Masjid yang bernama Masjid Sheikh Lotfollah ini adalah sebuah masjid yang didominasi oleh warna biru yang menenangkan dan juga adanya kaligrafi yang sangat indah dibuat sendiri oleh seorang ahli kaligrafi handal di Iran. Selain itu, juga adanya sebuah puisi dari Syeikh Bahai yang menjadi pendiri dari masjdi ini di samping dinding masjid yang sangat indah. Penataan dan juga bentuk serta corak desain interiornya ini sangat menarik sehingga banyak orang yang datang untuk melihat dan menikmati beribadah di masjid ini.

 

4. Masjid Vakil

Foto masjid vakil oleh unik SegiEmpat

Masjid berikutnya yang menjadi sebuah masjid dengan keunikan dan keindahan luar biasa adalah sebuah masjid yang berada di daerah Shiraz, Iran. Masjid ini bernama Masjid Vakil. Masjid Vakil ini adalah sebuah masjid yang dibangun oleh seorang bupati Iran yang sangat memperlihatkan penampilan dari negara Iran ini sendiri lengkap dengan mosaik khas Iran, kaligrafi dan juga bahan yang digunakan seperti marmer kuning dan juga batu bata. Hal ini menambah keindahan dari Masjid Vakil ini dengan dominasi warna kuning yang indah yang sangat membuat tenang para pengunjung yang datang.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY