Jembatan adalah sebuah bangunan yang dibangun untuk bisa menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya yang terpisahkan antara jarak dengan adanya sungai atau laut. Hal inilah yang membuat pembangunan jembatan ini harus benar-benar dibangun dengan sangat baik agar bisa memberikan keamanan bagi penggunanya. Namun diantara jembatan yang dibangun yang melintang diatas laut atau sungai ini, ada beberapa yang pembangunannya sangat mahal dan hal ini dikarenakan beberapa sebab seperti jarak dan juga hubungannya dengan materil yang digunakan. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa biaya pembuatan jembatan termahal di dunia.

 

1. Great Belt Fixed Link

Foto great belt fixed link oleh unik SegiEmpat

Jembatan pertama yang pembangunannya memiliki biaya yang sangat tinggi adalah sebuah jembatan yang berada di Denmark. Di negara ini, ada jembatan yang bernama Great Belt Fixed Link yang merupakan sebuah jembatan megah dengan biaya pembuatan jembatan yang mencapai 4,4 milyar US dollar. Hal ini menjadi hal yang sangat luar biasa melihat jarak dari jembatan ini yang mencapai 6,75 km dan memiliki desain yang sangat indah dan termasuk dalam jembatan yang paling megah di dunia. Para pengguna jembatan ini, bisa menempuh pulau-pulau di Zealand Denmark hanya dengan waktu 10 menit dengan pemandangan laut yang membentang biru nan indah. Hal ini juga didukung dengan keamanan yang tinggi karena Great Belt Fixed Link ini adalah sebuah jembatan yang bisa dibangun selama 10 tahun.

 

2. Yeongjong Grand Bridge

Foto yeongjong grand bridge oleh unik SegiEmpat

Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah jembatan yang ada di negara Korea tepatnya di Korea Selatan. Jembatan yang bernama Yeongjong Grand Bridge ini adalah sebuah jembatan yang membentang sepanjang 4,42 km dan memiliki biaya pembuatan mencapai 1,9 milyar US dollar. Yeongjong Grand Bridge ini adalah sebuah jembatan yang menghubungkan pulau indah Yeongjong dengan daratan Korea Selatan sehingga banyak pengunjung yang melewati jembatan ini di masa liburan. Keindahan ini juga bisa tampak pada malam hari dimana warna-warni lampu akan terlihat dan membuatnya terlihat semakin megah saja. Namun hal yang unik dari jembatan ini adalah masa pembuatan jembatan yang hanya mencapai 5 tahun lamanya namun memiliki pondasi yang benar-benar kuat.

 

3. San Fransisco-Oakland Bay Bridge

Foto san fransisco-oakland bay bridge oleh unik SegiEmpat

Bisa dikatakan bahwa jembatan yang berada di Amerika Serikat ini adalah jembatan yang memiliki luas terluas dan juga biaya termahal di dunia. Bernama San Fransisco-Oakland Bay Bridge, jembatan yang satu ini adalah sebuah jembatan yang menelan biaya sekitar 6,4 milyar US dollar. Dikatakan bahwa San Fransisco-Oakland Bay Bridge ini adalah kompleks jembatan yang membentang di sekitar Teluk San Fransisco dan menghubungkan antara San Franico dengan Oakland. Banyak mobil yang berlalu lalang di jembatan ini dan memiliki beberapa rute yang bisa memudahkan para pengguna untuk menyebrang. Bahkan San Fransisco-Oakland Bay Bridge ini juga diakui oleh Guiness World Record tentang besarnya, panjangnya dan juga biayanya.

 

4. George Washington Bridge

Foto george washington bridge oleh unik SegiEmpat

Jembatan berikutnya yang merupakan jembatan dengan biaya pembuatan yang sangat mahal adalah sebuah jembatan yang berada di New York City. Bernama George Washington Bridge, jembatan yang satu ini adalah sebuah jembatan yang membentang di atas Sungai Hudson yang merupakan sebuah jembatan dengan biaya pembuatan mencapai 1,1 milyar US dolar. Menjadi biaya yang sangat mahal bukan? Namun pembuatan jembatan selama 4 tahun ini berhasil membuat jembatan ini menjadi jembatan aman dan banyak dilalui oleh orang untuk bisa menghubungkan antara New York dengan Manhattan yang tentunya juga bisa mengurangi masalah kemacetan kota tersebut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY