Legenda Padang 12 oleh SegiEmpatTidak hanya budaya legendaris yang begitu melekat dengan kehidupan masyarakat tanah air, tapi beberapa legenda mistis juga ikut melekat hingga di jaman yang serba modern seperti sekarang ini. Berbicara mengenai dunia mistis budaya dan kepercayaan masyarakata tanah air memang cukup kental dengan hal-hal yang berbau gaib. Bahkan, hal tersebut sudah banyak dikisahkan dari legenda jaman kerajaan beberapa abad yang lalu. Sebut saja, kota Wentira di Sulawesi Tengah atau kota Saranjana di Kalimantan Selatan yang begitu diyakini oleh masyarakat setempat. Nah, menariknya ternyata masih ada satu lagi daerah yang terkenal akan kota mistisnya yaitu padang 12.

Legenda Padang 12

Legenda Padang 12 oleh SegiEmpatPadang 12 sebenarnya hanyalah sebuah daerah dengan luas sekitar 12km dengan diselimuti padang pasir yang luas, namun daerah ini ternyata menyimpan legenda mistis. Menurut legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat, Padang 12 yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ini adalah sebuah kota gaib yang sangat modern. Kisahnya pun hampir sama dengan legenda Kota Saranjana dan juga Kota Wentira, dimana masyarakat yang hidup di kota tersebut merupakan makhluk yang berasal dari alam lain.

Legenda mengenai kota gaib yang dikenal dengan nama Padang 12 ini konon sudah dipercaya sejak jaman nenek moyang warga Ketapang. Kepercayaan mengenai kota gaib yang sangat melegenda ini pun bukannya tanpa alasan.  Konon puluhan tahun silam pernah ada seorang bidan yang mengalami kejadian misterius setelah berinteraksi langsung dengan penghuni gaib Padang 12. Menurut legenda, bidan tersebut dulunya pernah membantu seorang warga Padang 12 yang dikenal dengan nama orang limun untuk melahirkan. Konon, kala itu sekitar jam 2 dini hari bidan tersebut di kejutkan dengan suara ketokan pintu dari sepasang suami istri yang meminta pertolongan untuk di bantu melahirkan. Ia sempat heran dengan kejadian tersebut namun karena nalurinya sebagai bidan tanpa banyak tanya ia langsung membantu pasangan tersebut melahirkan. Setelah melahirkan pasiennya tidak memiliki biaya untuk membayar jasa si bidan, karena memang dikenal orang baik bidan tersebut pun akhirnya menerima pemberian sekantung kunyit sebagai gantinya. Namun, kejadian aneh pun terjadi ke esokan harinya, setelah terbangun dari tidur bidan tersebut sangat terkejut saat melihat sekantung kunyit berubah menjadi bongkahan emas. Konon menurut salah satu sumber, sampai sekarang bingkahan emas tersebut masih ada dan disimpan dengan rapih oleh bidan tersebut.

Legenda Padang 12 oleh SegiEmpatKisah legenda yang juga cukup sering di ceritakan adalah fenomena yang dialami oleh seorang pria saat berada dalam perjalanan antara Ketapang menuju ke Kendawangan. Konon saat itu pria yang disebut bernama Mat Noor bertemu dengan seorang kakek dengan usia yang terlihat sudah sangat tua. Sepanjang perjalanan keduanya terus berbicara panjang lebar, hingga akhirnya kakek tersbeut turun di daerah Padang 12. Selama perjalanan disebut Mat Noor diberi sebuah permen oleh kakek tersebut namun bungkusannya di ambil kembali oleh kakek. Konon setelah kejadian itu Mat Noor berubah menjadi ahli terapi yang sangat ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Kisah-kisah legenda mengenai Padang 12 hingga saat ini masih di terjadi bagi beberapa orang. Karena konon orang limun hanya bisa di jumpai oleh orang-orang yang memiliki hati yang suci dan baik. Beberapa legenda menyebut jika penghuni padang 12 atau yang dikenal dengan nama Orang Limun merupakan makhluk sebangsa jin muslim tapi ada juga yang menyebut jika mereka adalah keturunan langsung dari malaikat Marut dan Harut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY