Legenda Negeri Paloh oleh SegiEmpatIndonesia di mata dunia tidak hanya dikenal sebagai Negara yang memiliki penduduk yang ramah dan panorama alam yang sangat indah. Namun di sisi lain Indonesia juga sangat terkenal dengan kisah-kisah legendanya termasuk legenda mistis. Indonesia memang sudah tidak asing dengan legenda-legenda mistis, tidak hanya tentang sosok makhluk gaib legendaris seperti genderuwo, kuntilanak sampai wewe gombel tapi juga mengenai legenda kerajaan hantu. Salah satunya kisah legenda mengenai Negeri Paloh yang konon adalah sebuah kerajaan gaib di tanah Borneo, Kalimantan.

Legenda Negeri Paloh

Kisah legenda kerajaan gaib Negeri Paloh merupakan kisah yang berasal dari daerah Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sebenarnya daerah Paloh merupakan kawasan yang penuh dengan pegunungan dan hutan-hutan lebat, namun ternyata di balik itu daerah Paloh tapatnya di kawasan hutan pedalaman menyimpan sebuah kisah mistis yang sangat melegenda. Para penduduk percaya jika kawasan hutan tersebut menyimpan kekuatan gaib, bahkan konon banyak fenomena gaib yang sampai sekarang ini masih terus terjadi.

Kisah mistis yang paling melegenda mengenai negeri Paloh sebenarnya cukup identik dengan kisah-kisah legenda kerajaan gaib yang ada di tanah air, seperti legenda Wentira yang mengisahkan munculnya bangunan-bangunan misterius dengan bentuk yang jauh lebih modern dari kehidupan manusia itu sendiri. Namun tidak hanya itu, konon ada sejumlah masyarakat yang hilang secara misterius bahkan diculik oleh para penduduk dari negeri paloh. Tidak hanya itu konon, hampir setiap malam masyarakat sekitar juga merasakan banyaknya aktivitas dari dalam hutan.

Salah satu kisah legenda yang sangat melekat bagi masyarakat Paloh adalah legenda mengenai hilangnya sebuah pesawat beserta penumpang dan kru saat melintas tepat di kawasan negeri paloh yang konon sampai sekarang tidak pernah ditemukan. Dari kacamata gaib, konon seluruh penumpang dan pesawat tersebut diambil oleh rasa negeri paloh karena melintas tepat di atas pusat pemerintahan.

Konon dari situlah awal munculnya berbagai fenomena gaib yang dirasakan oleh masyarakat Paloh. Konon, sejak itu banyak gadis perawan di Paloh yang hilang dan dipercaya diculik oleh penduduk gaib negeri Paloh. Bahkan sejak hilangnya pesawat tersebut para penduduk negeri Paloh mulai sering menunjukkan diri pada manusia. Namun, kini masyarakat sekitar pun menganggap kemunculannya sebagai hal yang biasa.

Bagaimana menurut Anda, apakah legenda tersebut memang nyata?

* * * * *
Buku Formula Cinta

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY