Sewajarnya mendengar nama kematian itu kita langsung bergidik ngeri, karena memang namanya kematian itu cukup menakutkan. Bagaimana tidak takut kalau nantinya setelah meninggal bukan hanya kehidupan kita yang terputus dengan dunia, tapi yang jadi teman kita hanya beberapa lapis kain kafan, tanah, ulat, papan penyanggah plus ruang yang hanya berukuran 2 kali 3 meter. Yang waktu hidup mungkin ukuran itu pada ngeluh “sempit banget sih! Geseran dikit dong!”.

Selama ini kita mendengar banyak hal tentang kematian, entah itu caranya yang menyakitkan, masa-masa penghakiman sampai yang namanya surga dan neraka. Tapi semua itu sebenarnya masih jadi misteri bagi kita yang masih hidup, kenapa? karena kita sendiri kan belum pernah mengalaminya.

Nah, salah satu hal yang paling sering kita dengar adalah seseorang yang meninggal dengan tersenyum. Hal seperti ini pasti bikin kita penasaran kan? apalagi yang kita dengar, “prosesnya” itu sangat menyakitkan. Kok bisa sih ada orang yang meninggal tapi seperti menjelaskan pada kita kalau kematian itu tidak seperti yang kita bayangkan? Daripada menebak-nebak apalagi sampai dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu, langsung saja deh nih kisah 4 manusia yang meninggal dengan tersenyum.

Ibrahim Zalat yang Meninggal dengan Menyebut Dua Kalimat Syahadat Sampai 5 Kali

Kisah-4-Manusia-yang-Meninggal-dengan-Tersenyum-oleh-SegiEmpatIbrahim Zalat adalah seorang pemuda asal Mesir yang jadi korban kebrutalan militer As-Sisi dikala Mesir dilanda krisis sampai jutaan rakyatnya turun ke jalan. Ibrahim menjadi salah satu korban yang meninggal akibat kekerasan militer saat melakukan demonstran. Tapi yang bikin dia berbeda, saat meninggal Ibrahim justru menunjukkan kebahagiaan.

Menurut rekannya yang berada disamping Ibrahim, sebelum menghembuskan napas terakhirnya Ibrahim mengucapkan dua kalimat syahadat bahkan sampai 5 kali. Tidak Cuma itu Ibrahim juga sempat mengatakan ‘Ya Rabb Al-Jannah” yang kalau diartikan bermakna “Ya Tuhan Aku Merindukan Surga-Mu”.

Haris Hilmawan Jundany Al Hafid Si Penghafal Al-Qur’an yang Dikenal Baik dan Cinta dengan Alam

Kisah-4-Manusia-yang-Meninggal-dengan-Tersenyum-oleh-SegiEmpatPada akhir Agustus kemarin, dunia maya dibuat heboh dengan kisah kematian seorang pria bernama Haris Hilmawan Jundany Al Hafid. Dimana saat meninggal pemuda yang juga merupakan seorang pecinta ala mini meninggal dengan tersenyum. Bahkan kalau dilihat ia seperti tidak meninggal melainkan dia sedang bermimpi paling indah.

Semasa hidupnya, Haris ternyata dikenal sebagai seorang Hafiz yaitu penghafal Al-Qur’an yang bahkan pernah mendapat penghargaan dari duta besar Arab Saudi. Tidak hanya itu Haris juga dikenal sebagai pemuda yang ramah dan baik, bahkan ia tercatat sebagai salah satu pecinta alam yang tidak suka dengan orang-orang yang mengotori gunung. Sebelum meninggal Haris sempat mendaki sambil membawa beberapa karung untuk memungut sampah dari mereka yang katanya cinta alam tapi hobinya buang sampah sembarangan.

Miftahul Jannah yang Meninggal Tepat di Hari Raya Idul Fitri

Kisah-4-Manusia-yang-Meninggal-dengan-Tersenyum-oleh-SegiEmpatKisah cewek cantik yang bernama Miftahul Jannah ini juga gak kalah viralnya. Sama seperti Haris, cewek cantik ini meninggal dengan tersenyum. Mita sapaan akrabnya mengalami penyakit kronis, seolah tahu kalau ajalnya sudah dekat menurut kakaknya, Mita tidak pernah lupa meminta maaf pada setiap orang yang datang menjenguknya.

Kepergian Mita boleh dibilang sebagai kepergian yang tidak hanya menyedihkan tapi juga membanggakan. Bagaimana tidak, Mita menghembuskan napas terakhirnya tepat di hari Raya Idul Fitri, disaat semua orang sedang bersiap-siap untuk menjalankan sholat ied Mita pun dipanggil untuk menghadap Sang Pencipta.

Menurut kisahnya, di malam takbiran Mita sempat minta dibelikan baju lebaran berwarna putih. Tapi saat itu tidak ada yang sadar kalau ternyata yang diminta Mita bukanlah baju lebaran seperti cewek-cewek yang sibuk ngejar diskon lebaran. Melainkan yang dia maksud adalah kain kafan yang akan membungkusnya saat menghadap Sang Pencipta.

Cecilia Maria Biarawati Ramah dan Murah Senyum Sampai Ajal pun Tetap Tersenyum

Kisah ini mungkin sedikit berbeda nih dari kisah-kisah yang lain. Karena kalau tiga kisah sebelumnya terjadi pada seorang Muslim, maka kisah ini datang dari seorang biarawati bernama Cecilia Maria.

Kisah kematian Cecilia ini sebenarnya sudah lama tapi sampai sekarang pun masih sering jadi pembicaraan. Apalagi kisahnya memang sangat menyentuh hati.

Kisah-4-Manusia-yang-Meninggal-dengan-Tersenyum-oleh-SegiEmpatSemasa hidup Cecilia Maria dikenal sebagai seorang biarawati yang baik dan ramah. Bahkan disaat ia divonis meandering kanker lidah dan paru-paru sekaligus tak membuatnya jadi stres apalagi sampai terpuruk. Menurut rekannya, biarawati asal Argentina ini selama sakit tidak pernah lepas dari Tuhan. Maksudnya Cecilia tak henti-hentinya berdoa dengan senyumnya yang tidak pernah lepas dari bibirnya. Semua orang yang menjenguknya pun mengatakan kalau “yang bisa memberitahukan Cecilia sedang sakit hanyalah infus dan semua peralatan medis yang melekat di tubuhnya” selebih itu Cecilia seperti tidak menderita. Ia terus tersenyum sampai ajal menjemput.

Yang paling menyentuh, sesaat sebelum menghembuskan napas terakhir, Cecilia sempat menulis sebuah pesan yang didalamnya berisi jika ia ingin orang-orang disekitarnya berdoa saat ia dimakamkan. Tapi dia juga tidak ingin orang-orang disekitarnya sedih, dia mau agar semua orang berbahagia.

Satu pelajaran yang bisa kita petik dari kisah di atas yaitu, asalkan selama hidup kita berbuat baik pada sesama yang tidak hanya mempedulikan duniawi tapi juga akhirat maka sang malaikat pun disaat “tiba waktunya” akan menjemput kita dengan senyuman bukannya sambil bawa pentungan. Hayoo yang hobi nyinyir gak jelas buru-buru tobat deh daripada nanti matinya sambil nyinyir?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY