Mutasi dapat terjadi pada manusia karena adanya perubahan pada susunan DNA ataupun RNA (disebut juga dengan istilah kelainan genetik). Para mutan (manusia yang mengalami peristiwa mutasi) akan memperlihatkan suatu perubahan sifat yang berbeda dari sifat manusia pada umumnya. Seperti tinggi badan dan berbagai hal-hal lainnya. Ternyata, beberapa kasus medis pernah menemukan berbagai macam mutasi aneh yang pernah terjadi pada manusia. Bahkan ada beberapa diantaranya yang membuat diri para penderitanya nampak begitu aneh. Penasaran dengan daftar lengkap beberapa mutasi aneh tersebut? Berikut ulasannya.

 

1. Cyclopia

Foto Cyclopia2 Oleh Unik SegiEmpat

Cyclopia menyebabkan kedua mata penderitanya tak dapat terpisah. Cyclopia dapat ditemukan dalam 1:250 kasus kehamilan. Bayi yang mengalami cyclopia juga akan memiliki wajah yang sangat tidak beraturan bahkan hidungnya tak dapat berfungsi dengan normal. Beberapa kasus medis juga menemukan penderita cyclopia memiliki hidung yang berada di atas mata. Sedangkan kasus lainnya menemukan hidung penderita berada di bagian belakang kepala. Umumnya, janin yang menderita cyclopia akan meninggal di dalam rahim. Namun ada juga beberapa kasus yang menemukan bayi penderita cyclopia memiliki satu mata saja ketika lahir. Cyclopia dapat terjadi karena adanya gangguan genetik dan keracunan pada janin. Karena itulah wanita hamil selalu diperingatkan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi berbagai macam obat, makanan dan minuman selama proses kehamilan berlangsung.

2. Mermaid Syndrome

Foto Bayi Mermaid Syndrome Oleh Unik SegiEmpat

Mermaid syndrome merupakan suatu mutasi yang menyebabkan dua kaki penderitanya menggabung menjadi satu bagian sehingga kakinya nampak seperti ekor putri duyung. Biasanya, mermaid syndrome akan menyerang bayi yang baru lahir. Kondisi ini dapat ditemui pada 1:10.000 kasus kelahiran. Sindrom ini akan membahayakan nyawa bayi. Sebab bayi yang mengalami mermaid syndrome akan meninggal satu atau dua hari setelah terkena sindrom tersebut. Hal itu dikarenakan mermaid syndrome dapat menyebabkannya mengalami komplikasi pada kandung kemih dan ginjal.

Foto Mermaid Syndrome Oleh Unik SegiEmpat

3. Werewolf Syndrome

Foto Werewolf Syndrome Oleh Unik SegiEmpat

Sindrom lain yang ditemui pada beberapa kasus medis adalah werewolf syndrome. Penderita werewolf syndrome akan mengalami mutasi genetik pada bagian rambut. Rambutnya akan terus tumbuh hingga menjadi lebat. Sindrom ini dapat dilihat saat bayi baru saja lahir. Tubuh bayi yang mengalami werewolf syndrome akan dioenuhi oleh rambut yang begitu lebat sehingga membuatnya nampak seperti manusia serigala.

4. Arnold Syndrome

Foto Arnold Syndrome Oleh Unik SegiEmpat

Arnold syndrome akan menyebabkan penderitanya kehilangan tulang selangka sehingga dengan mudah mereka dapat membuat bahu kanannya menyentuh bagian bahu kiri. Kita semua harus waspada dengan sindrom ini, sebab kelainan genetik ini dapat menular secara genetik.

5. Gigantisme

Foto Gigantisme Oleh Unik SegiEmpat

Seseorang yang mengalami gigantisme akan memiliki tubuh yang tingginya melebihi tinggi normal manusia pada umumnya. Mutasi ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu pituitary gigantism dan cerebral gigantism. Penderita pituitary gigantism akan memiliki tubuh yang sangat tinggi sedangkan penderita cerebral gigantism akan mengalami pertumbuhan otak yang berlebih sehingga membuat penderitanya mengidap penghambatan mental.

6. Dwarfisme

Foto Dwarfisme Oleh Unik SegiEmpat

Selain gigantisme, ada satu lagi mutasi yang menyerang pertumbuhan tulang. Mutasi tersebut disebut dengan dwarfisme. Penderita kelainan genetik ini hanya akan memiliki tinggi yang berkisar antara 4 hingga 10 inchi. Sayangnya, tak ada satu pun pengobatan yang dapat menyembuhkan dwarfisme. Penderita dwarfisme memiliki susunan genetik yang sangat kacau.

7. Elephantiasis

Foto Elephantiasis Oleh Unik SegiEmpat

Elephantiasis akan menyebabkan kulit penderita serta jaringan di bawahnya mengalami pembengkakan dan penebalan. Elephantiasis umumnya menyerang scrotum, payudara dan kaki. Elephantiasis disebabkan oleh parasit yang dilepaskan ke dalam aliran darah oleh nyamuk saat menggigit kulit kita. Elephantiasis dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan imunitas. Mutasi ini banyak menyerang masyarakat di benua Afrika dan baru bisa disembuhkan sekitar 11 tahun lamanya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY