Hoax ya kalian semua udah pada tahu lah kayak gimana, jadi kalau kita pikir secara akal sehat hoax mestinya jadi musuh kita bersama. Cuma nyatanya? . . .

Yaelah boro-boro deh di musuhin, yang ada sih malah doyan. Buktinya segitu dapet kabar hoax bukannya dicerna lebih dulu, bukannya dicek kebenarannya lebih dulu, bukannya di kroscek dulu eh malah ikutan nyebar. Mirisnya lagi kalau udah nyebarin segitu ada yang gak yakin malah makin ditakut-takutin padahal yang nyebar juga gak tahu bener apa enggaknya.

Cuma jujur aja sih kalau hal kayak gitu emang gak bisa dihindarin, kenapa? Selain karena penyebarannya emang lewat sosial media yang sekarang emang udah jadi hal nomor satu di Indonesia, emang orang-orang Indonesia itu banyak yang masih kaget sosmed (ya mau bilang gblk sih tapi gak enak sob! hehe piss).

Nah, karena SegiEmpat itu media untuk mencerdaskan umat (asekk, khususnya yang jomblo nih biar lebih cerdas dikit kan malu kalau udah jomblo gblk pula haha) nih 8 hoax paling legend tentang kesehatan.

Mie Instan Bikin Kanker

Biasanya selain membangun narasi khusus, hoax kayaki gini bakal dibumbui dengan foto atau gambar. Dari yang biasa aja ampe yang menjijikkan.

Isinya ya apalagi kalau bukan narasi soal bahaya mie instan, dari menyebabkan kematian ampe menyebabkan kanker perut yang mengerikan.

Faktanya: sampai sekarang tidak ada satupun bukti ilmiah yang bisa membuktikan hal itu. Jansen Ongko, MSc., RD yang merupakan seorang pakar nutrisi pun menjelaskan kalau sampai sekarang ini belum ada satu penelitian yang bisa membuktikan kalau mie instan memicu kanker atau kematian.  

Kalau menurut saya sih mungkin bisa-bisa aja, iya bisa menyebabkan kanker kalau masa mienya ama pembungkus plus mangkok plastiknya. Kalau itu sih terjamin deh makan setahun bakal kena kanker.

MSG Memicu Kanker Otak

Kalau menurut saya ini dah udah hoax yang paling legendaris, saking legendnya ampe muncul istilah generasi micin karena kelakuan muda-mudi yang gblknya murni sejak dari sperma (bhahaha).

MSG alias monosodium glutamate disebut sangat berbahaya bagi otak, karena bisa menyebabkan kanker dan membuat daya kerja otak menurun aka gblk.

Faktanya: Direktur Standarisasi Produk Pangan BPOM, DRS Tepy Usia, Apt., MPhil, PhD menjelaskan kalau hal itu hanyalah hoax belaka, karena sampai sekarang berbagai penelitian sudah membuktikan kalau MSG itu aman. Bahkan WHO juga sudah menyebut kalau tingkat toksin pada MSG rendah, kalau pun di konsumsi tidak akan berdampak pada kesehatan.

Main HP di Tempat Gelap Sambil Tiduran Menyebabkan Kanker Mata

Siapa yang bisa menolak nyamannya main hp di tempat tidur dengan keadaan gelap? Pada doyan kan? apalagi yang jomblo tuh, yang kalau udah tengah malam main hpnya sambil “olahraga tangan” haha.

Kayaknya sih ada aja orang yang gak seneng ngeliat orang nyaman, gak seneng karena gak bisa ikutan, atau karena gak seneng udah ngajak chattingan tapi gak dibales ampe bikin hoax kayak gini.

Faktanya: dr Ferdiriva Hamzah, MD yang merupakan dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center menyebut kalau tumor mata bukan disebabkan karena ngeliat gadget.

Hmm kabar baik nih buat kamu mbloo! Lanjutkeun haha. Tapi yang benar itu emang merusak mata bukan menyebabkan tumor mata, ya gimana gak rusak kalau pas buka-buka sosmed eh nemu mantan post foto ama pacar baru bhahaha.

Ulat Mangga Bisa Membunuh Manusia

Diawali dengan foto ulat mangga yang berkamuflase di pohon manggar, terus dibumbui dengan caption “BAHAYA! Ternyata Selama ini Saya juga Tidak Sadar. . . Seorang (anggaplah remaja yang karena kebetulan nyolong mangga tetangga) remaja ditemukan terbujur kaku di atas pohon dengan luka bekas gigitan yang ternyata gigitan ulat mangga. Diduga korban meninggal dunia empat jam setelah digigit dan seterusnya” yang biasanya sih bakal di akhirnya dengan “SEBARKAN!!! Biar tak ada lagi korban”.

Faktanya: Dr Purnama Hidayat yang berasal dari IPB mengatakan  “Pertama, ulat itu tidak menggigit, jadi dia makan daun. Memang di ujung bulu-bulunya itu ada racun tapi yang ini tidak mematikan. Hanya bikin gatel kayak ulat bulu biasa lah. Jadi ini hoax ya, ini udah berkali-kali”.

Kopi Campur Durian Menyebabkan Kematian

“Seorang pria tewas setelah menenggak secangkir kopi yang dicampur durian” ya intinya antara kopi plus durian-lah yang katanya jadi penyebab kematian.

Faktanya: emang sih kasus seperti itu ada, dan korban yang meninggal pun emang beneran ada. Tapi kabar itu tidak sepenuhnya benar. Tidak ditemukan adanya bukti kalau korban meninggal setelah minum kopi campur durian. Menurut Prof Budhi Setianto Purwowiyoto yang merupakan dokter spesialis jantung, penyebab kematian korban kemungkinan karena riwayat penyakit yang kemudian memicu serangan jantung.

Tidak Kencing Malam Picu Penyakit Jantung

Sempat heboh juga nih yang katanya kalau kita gak kencing di malam hari bakal memicu penyumbatan di pembuluh darah dan jantung.

Faktanya: dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc., SpJP., FIHA., menegaskan kalau buang air kecil pada malam hari sama sekali tidak berhubungan dengan fungsi dan kinerja jantung. Jadi dia menegaskan kalau hal tersebut adalah hoax.

Tips Menolong Orang yang Terkena Stroke

Jujur sih saya juga pernah jadi korban hoax ini, untungnya sih saya emang cenderung kritis ama info-info gak jelas kayak gini jadi Cuma sekedar lewat aja. Yang katanya untuk menolong seseorang yang tiba-tiba terkena stroke kita dianjurkan untuk menusuk jari korban dengan jarum.

Faktanya: 100 persen hoax! Emang sih kayak masuk akal banget karena dengan nusuk jarum kita mengeluarkan darah korban dan karena itu katanya bisa dengan cepat mengurangi tekanan darah korban. Tapi nyatanya itu hanyalah hoax! Semua pakar kesehatan termasuk ahli syaraf mengatakan kalau serangan stroke itu punya berbagai macam mekanisme yang berbeda-beda. Dan menusuk jarum sama sekali tidak berhubungan! Cara terbaik untuk membantu korban adalah sesegera mungkin membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Ingat! serangan stroke itu adalah pertaruhan antara hidup dan matinya seseorang!

“Kamu Udah Makan?”

Haha ini nih yang paling legend, dari yang baru jadi jomblo, jomblonya udah tahunan ampe yang jomblo dari lahir pasti pernah ngalamin langsung hoax ini.

Faktanya: ini hoax yang paling berbahaya! karena bisa menyebabkan baper, dompet sekak, berkorban banyak yang ujung-ujungnya bikin dada sesak karena Cuma dianggap kakak bhahahaha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY