Bagi Anda yang menganut agama Islam, dan sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda hindari dan jalankan. Untuk hal yang dijalankan mungkin bisa terbilang cukup mudah seperti sholat lima waktu, mengaji, tarawih, sahur, berpuasa, dan berbuka. Tapi, untuk yang dihindari ini yang kadang tidak diperhatikan dan sulit untuk dilakukan, seperti menjaga godaan hawa nafsu baik itu makanan, minuman, mata, pendengaran, mulut, dan lainnya.

Apalagi saat ini sudah ada yang namanya smartphone, yang mana di dalamnya itu memiliki banyak sekali konten-konten yang bisa mempengaruhi semua hal tersebut. Untuk itu, di bawah ada 5 aplikasi smartphone yang sebaiknya jangan Anda buka saat berpuasa ya!

1. Instagram

inilah-5-aplikasi-smartphone-yang-jangan-dibuka-saat-berpuasa-1-oleh-tekno-segiempatPuasa itu memberikan kita larangan untuk menahan rasa lapar dan juga haus. Maka dari itu, sebisanya kita ini harus menghindari segala macam yang bisa mempengaruhi hal tersebut. Bagi Anda yang sering membuka-buka aplikasi Instagram di smartphone, sebaiknya hindari akun atau user yang sering mengupload foto-foto makanan, walaupun itu hanya sekedar menu saja.

Kalau Anda semakin lama membuka dan melihat menu makanan tersebut, bisa-bisa godaan akan berbuka akan semakin besar. Dan, ujung-ujungnya Anda pun bisa membatalkan puasa Anda tersebut. Selain itu, ini bisa juga membuat puasa Anda menjadi tidak sempurna, karena niat akan godaan makanan tersebut. Kalau buka aplikasi Instagram itu, sebaiknya Anda mencari user atau akun-akun ustadz atau ulama yang memberikan ceramah, kisah-kisah nabi, hadis, dan juga ayat-ayat al-quran saja, saat bulan puasa ini. Agar amal ibadah dan juga pengetahuan Anda mengenai agama bisa meningkat.

2. Youtube

inilah-5-aplikasi-smartphone-yang-jangan-dibuka-saat-berpuasa-2-oleh-tekno-segiempatSeperti yang kita ketahui Youtube itu merupakan website video streaming terbesar di seluruh dunia. Semua jenis video ada di dalam situs ini, mulai dari video anak-anak hingga orang dewasa. Sekarang Youtube ini pun sudah berbentuk aplikasi smartphone, yang memudahkan para pengguna smartphone untuk mengaksesnya. Di saat bulan Ramadhan (puasa) seperti, kita tidak hanya diharuskan untuk menahan rasa lapar dan haus, tapi segala godaan yang bertentangan dengan Islam tentunya harus kita hindari.

Jangan sampai Anda membuka aplikasi Youtube dan mencari video yang tidak-tidak (dewasa). Ini tentunya akan membuat ibadah puasa Anda seharian bisa batal loh! Bahkan, ada yang lebih parah dari video dewasa di Youtube ini, yaitu video orang adzan. Banyak remaja yang membuka video-video orang adzan maghrib tersebut, sehingga orang-orang sekitarnya pun menganggap kalau itu sudah waktu berbuka. Yang bikin tambah parah, video Adzan maghrib tersebut dibuka saat sore menjelang waktu berbuka. Parah kan!

3. Aplikasi nonton film (iFlix, NetFlix, Hooq, dan lainnya)

inilah-5-aplikasi-smartphone-yang-jangan-dibuka-saat-berpuasa-3-oleh-tekno-segiempatIni sebenarnya sama saja dengan aplikasi Youtube di atas. Akan tetapi, di aplikasi nonton film seperti iFlix, Hooq, NetFlix dan lainnya ini memang hanya menyediakan film-film saja. Kalau filmnya memang wajar dan tidak bertentangan dengan larangan agama Islam, itu sih tidak apa-apa.

Tapi, kalau nonton film seperti Game Of Thrones, Mr.Robots, Drama Korea, dan film-film drama romantis dewasa lainnya, tentunya ini bisa mempengaruhi puasa Anda. Sama seperti Youtube di atas. Yang suka nonton drama Korea romantis di stop dulu ya selama bulan puasa ini.

4. Facebook

inilah-5-aplikasi-smartphone-yang-jangan-dibuka-saat-berpuasa-4-oleh-tekno-segiempatAplikasi Facebook ini sebenarnya sama halnya dengan Instagram di atas. Bahkan, aplikasi Facebook ini lebih buruk lagi pengaruhnya terhadap ibadah puasan Ramadhan Anda. Pasalnya, di dalam Facebook ini tidak hanya foto-foto makanan saja yang ada, melainkan bisa dalam bentuk video yang lebih panjang.

Selain itu, gosip dan juga unek-unek yang membuat saling benci di sosmed tentunya akan membuat puasa Anda menjadi makruh atau tidak sempurna. Kalau hanya sekedar berkomunikasi dengan teman saja, maka cukup gunakan aplikasi Messenger saja. Batasan komunikasi ini pun sebaiknya hanya mengobrol yang wajar, bukannya menggosipi orang lain ya!

5. Game

inilah-5-aplikasi-smartphone-yang-jangan-dibuka-saat-berpuasa-5-oleh-tekno-segiempatSaat bulan puasa tiba, amal ibadah, serta pahala kita akan dilipat gandakan. Untuk itu, perbanyaklah ibadah seperti mengaji, membaca hadits, sholat, dan menghindari semua laranganNya. Mengisi waktu luang dengan bermain game bisa juga dilakukan. Tapi, pilihlah game yang tidak membuat emosi Anda meningkat atau pun yang membuat nafsu (birahi atau makan) Anda naik. Anda bisa mencari game seperti, main ular tangga, ludo, dan permainan yang biasa saja.

Nah, itulah 5 aplikasi smartphone yang sebaiknya Anda hindari selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa, bagi yang menjalankannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY