Baru-baru ini memang telah merebak kabar mengenai kasus perselingkuhan Habib Rizieq (Imam Besar FPI), dengan Firza Husein. Bahkan, kasus perselingkuhan tersebut memperlihatkan chat-chat serta foto vulgar antara Imam Besar (Habib Rizieq) dengan Firza Husein. Sontak, ini tentunya membuat para penggemar serta pengagum Imam Besar FPI angkat bicara kalau semua itu adalah hanya rekayasa (hasil hack) dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Kalau chat Habib Rizieq itu rekayasa, bagaimana dengan foto panas Firza Husein? Rekayasa juga kah? Saya tidak ingin membahasnya. Karena, memang Saya hanya penulis tekno di SegiEmpat.com, mungkin teman penulis Entertainment (Gosip) yang akan membahasnya.

agar-akun-tidak-kena-hack-seperti-habib-rizieq-lakukan-cara-ini-1-oleh-tekno-segiempatDi artikel ini Saya hanya ingin membagikan tips agar akun sosial media Anda tetap aman dari serangan hacker. Mau tahu bagaimana tips dari Saya? Silahkan lihat di bawah ini:

Buatlah password lebih dari 10 karakter

User mungkin adalah salah satu hal yang bisa didapatkan oleh seorang hacker. Karena, memang biasanya user tersebut menggunakan alamat email saja. Akan tetapi, untuk password tentunya adalah hal yang cukup sulit. Karena, memang ini adalah hal yang paling disembunyikan setiap website dan user secara pribadi. Walaupun Anda merasa sudah menyembunyikan password tersebut dengan sangat aman, akan tetapi, beberapa software tentunya bisa saja dibobol oleh para hacker dengan menggunakan tools.

Untuk itu, tips dari Saya dalam membuat password yang paling rumit itu adalah menggabungkan angka dan huruf, lalu kemudian huruf tersebut Anda berikan satu yang kapital pada bagian tengah. Satu tambahan lagi yaitu spesial karakter, jika memang website tersebut mendukung password spesial karakter.

Setiap akun berbeda password

Banyak dari pengguna sosial media menggunakan password yang sama dengan akun-akun lainnya seperti email, atau akun online lainnya. Dengan menggunakan cara tersebut, tentunya para hacker akan lebih mudah dalam mengutak-atik semua akun sosial media hingga email Anda. Untuk itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan password yang berbeda dengan akun yang lainnya. Jika memang akun Facebook Anda menggunakan password 123, maka pada email Anda sebaiknya gunakan huruf yang berbeda atau terbalik untuk mempermudah Anda mengingatnya.

Jangan gunakan nama dan tanggal lahir

Hal ini sangat banyak Saya temukan pada setiap akun sosial media, khususnya Facebook yang memang paling banyak digunakan. Untuk melihat tanggal lahir tentunya bisa melalui halaman profile Facebook, yang sudah lengkap dengan nama dan user pada url-nya. Jadi, ini akan mempermudah hacker untuk membobol.

Bersihkan cache browser

Cara ini sangat penting pula untuk Anda perhatikan, baik itu komputer pribadi apalagi kalau komputer publik (warnet). Karena, seorang hacker bisa saja menyusup ke dalam akun-akun online Anda dengan memanfaatkan sistem cache dari browser Anda. Untuk itu, Anda jangan lupa membersihkan cacher browser Anda setelah selesai menggunakan komputer. Untuk artikel pembersihan cache ini, silahkan lihat di bawah ini:

Jangan asal konek hotspot

Konek atau terhubung dengan hotspot memang akan membuat kuota data smartphone Anda tetap hemat. Akan tetapi, tidak semua hotspot itu aman. Malah hotspot bebas itu biasanya menjadi ajang coba-coba para hacker untuk mendapatkan informasi dari para setiap user yang konek.

Nah, itulah beberapa tips dari Saya agar tidak mengalami kejadian seperti Habib Rizieq yang akun WhatsApp (WA) yang katanya kena hack.

7 COMMENTS

  1. waaah ternyata membersihkan cache browser itu penting ya, saya baru tau nih. Berarti tiap googling harus langsung di delete berarti ya.
    Asal konek ke hotspot emang bahaya juga ya, tapi kebanyakan orang langsung bahagia kalau udah tersambung ke wifi, padahal terdapat bahaya yang sangat mengintai.
    Artikelnya bagus banget nih untuk menjaga privasi dan keamanan diri sendiri, keren keren…

LEAVE A REPLY