Kalau ditanya apa hal yang paling Anda rindukan, well mungkin jawabannya bermacam-macam. Ada yang rindu sama mantan, rindu orangtua atau rindu makanan favorit. Eh ups lagi puasa jangan mikirin yang macam-macam dulu tunggu entar pas buka puasa aja, apalagi kalau udah ngomongin mantan itu berasa seperti…… ah sudahlah tunggu buka aja.

Ngomong-ngomong masalah puasa nih, Anda yang Muslim pastinya sangat rindu dengan bulan puasa kan? Ya bagi muslim inilah bulan terbaik diantara seribu bulan, dimana kita tidak hanya diminta untuk menjalankan ibadah puasa tapi di bulan ini segala amal pahala kita pun dilipat gandakan.

Bulan puasa memang bulan yang penuh berkah, bahkan selalu ada hal yang dapat membuktikan kalau bulan puasa itu adalah bulan yang sangat indah. Seperti 5 hal berikut ini yang hanya ada di bulan puasa, penasaran kan?

Sesibuk Apapun Pasti Ada yang Akhirnya Buka Al-Qur’an Setelah Sekian Lamanya

Bagi kita Al-Qur’an adalah kitab suci yang tidak hanya jadi bukti sahih akan mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Tapi Al-Qur’an juga berperan sebagai penuntun kita dalam menjalani hidup.

Tapi kalau boleh jujur, kebanyakan dari kita hanya memperlakukannya ibarat barang antik, yang disimpan rapih di lemari tanpa dibuka dan dibaca. Tapi itu sih tidak akan terjadi di bulan puasa ini. Sesibuk apapun kita selalu ada keinginan dalam diri untuk membuka dan membacanya. Meski kadang saat membaca kita harus terbata-bata, saking lamanya sih gak ngaji.

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatItu membuktikan kalau di bulan puasa ini kita yang mungkin sedikit lupa akan kewajiban kita kepada Tuhan, kembali teringat apalagi kan amalnya dilipat gandakan.

Berpuasa di Rumah Orangtua itu Gak Ada Istilah Kesiangan

Bulan puasa memang identik dengan istilah mudik, bahkan bukan Cuma waktu mau lebaran tapi saat jelang hari pertama puasa. Saking bahagianya ada yang sampai tinggal sebulan gak balik-balik.

Momen berkumpul bersama keluarga adalah momen yang sangat membahagiakan apalagi kalau bisa sahur dan buka bareng keluarga. Tapi sebenarnya beda tipis sih karena mau ngumpul sama keluarga atau kehabisan modal di perantauan hehehe.

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatApapun itu yang namanya puasa di rumah orangtua memang harus diakui kalau kita itu gak bakalan pernah ngalamin yang namanya kesiangan saat sahur jadi gak ada lagi istilah “duh aku gak puasa nih soalnya semalam aku gak sahur tau-tau bangun eh udah jam 7 aja”. Karena selalu ada orangtua yang tidak akan berhenti menggedor pintu kamar buat bangunin sahur.

  • Ortu: Jon bangun udah mau sahur

5 menit kemudian

  • Ortu: Jon kamu udah bangun belum?

15 menit kemudian

  • Ortu: Jonooo udah waktunya sahur, bentar lagi imsak nih bangun deh

15 menit kemudian

  • Ortu: Jon kalau kamu gak mau bangun makanan kamu mama kasih kucing!

  • Jono: Ok Mama Jono dah bangun nih

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatBulan puasa itu indah bukan? hehehe

Ngabuburit Selalu jadi Hal yang Membahagiakan

Ngabuburit hanya ada di bulan puasa, ini mungkin Cuma sekedar aktivitas biasa jelang berbuka puasa. Kalau itu sih kata yang jomblo, kalau yang udah punya pacar atau istri ngabuburit selalu jadi momen yang spesial.

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatApalagi habis main-main ice skate bareng pacar, semua menu berbuka mulai dari risol, kroket, pisang goreng, bakwan sampai kolak bisa langsung dimakan bareng plus bisa sholat magrib bareng. Indahnya itu hanya orang yang sudah punya pacar yang tahu heheheh.

Bulan Puasa Ajakan Beribadah Sulit Ditolak

Mungkin gak bakal banyak yang mengaku kalau saat teman mengajak ke Masjid untuk beribadah, hanya dijawab “ok duluan aja aku nyusul entar” tapi ujung-ujungnya gak muncul juga.

Hal seperti itu pastinya tidak dapat ditolak di bulan puasa ini, meski biasanya sih karena 2 faktor. Faktor pertama karena ingin meraup amal Ibadah sebesar-besarnya dan faktor yang kedua pengen curi-curi kesempatan untuk tidur di masjid.

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatApalagi kalau masjidnya adem, wajar sih karena di bulan puasa ini tidur saja ibadah “asal tidak melupakan kewajiban”.

Apalagi kalau puasanya di rumah ortu, bisa-bisa….

  • Mama Jono: Jon udah adzan tuh sholat gih di masjid

  • Jono: duh ma, aku sholatnya di rumah aja deh entar ngantuk banget ma

  • Mama Jono: kamu gak mau ke masjid? Minta uang jajannya di potong? Atau minta gak mama siapin buka puasa nih plus potong uang jajan?!!

  • Jono: Mama aku ke masjid dulu ya Assalamualaikum

Galaunya saat Puasa itu Bukan Karena Mantan Tapi Galaunya “Makan yang Mana Dulu ya?”

Pastinya ini banyak Anda alami bukan? apalagi kalau pas bukanya di rumah. Nyokap yang udah siapin menu buka puasa dari jam 3 sore memang selalu memanjakan mata. Mulai dari syrup, jus buah, kolak, teh, risol, kroket, donat, pisang goreng, ayam goreng rica-rica, nasi, sate kambing, soto betawi, coto Makassar, daging rending dan lain sebagainya.

Memang sih dimana-mana yang namanya puasa itu selalu ada menu berbuka yang sukses bikin galau. Apalagi kalau ternyata baru minum jus plus makan kolak perut udah mulai penuh, kadang disitu ada perasaan “kalau aku gak makan soto betawinya bisa abis nih”. Kadang berlebihan sih tapi itu membuktikan kalau bulan puasa itu selalu disambut dengan bahagia, meski bahagianya seperti kawinan.

5 Hal yang Membuktikan Bulan Puasa itu Indah oleh SegiEmpatTapi itu Cuma ada kalau puasa di rumah ortu, tapi kalau lagi di perantauan ujung-ujungnya galau karena “duh hari ini bukanya makan apa ya? Pengen makan bakso tapi isi dompet tinggal 50 ribu, belum lagi kalau sahur”.

Well seperti itulah indahnya bulan puasa, mungkin Anda punya kisah tertentu di bulan puasa kali ini?

LEAVE A REPLY