Selain rasa bosan, salah satu masalah yang paling identik dengan para pekerja adalah saat rasa kantung tiba-tiba menyerang di tempat kerja. Anda yang sekarang ini sudah memasuki dunia kerja tentu pernah mengalaminya. Tahukah Anda apa penyebabnya? Kenapa Anda sering ngantuk saat kerja?

Sering Ngantuk saat Kerja oleh SegiEmpatHal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda saat mengalami itu mungkin adalah karena Anda mengira kalau Anda kurang tidur semalam. Tahukah Anda kalau kurang tidur bukan satu-satunya penyebab Anda mengantuk di tempat kerja? Apa penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi ngantuk saat kerja?

Berkaca dari ilmu kedoteran yang mengatakan jika pengobatan yang terbaik adalah pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Nah, untuk itu berikut penyebab dan cara mengatasi ngantuk di tempat kerja.

Sempatkan Berolahraga

Menurut penelitian di University of Georgia, salah satu penyebab seorang pekerja sering mengantuk itu karena mereka kurang berolahraga. Untuk itu agar mengatasinya Anda sebaiknya menyempatkan diri untuk berolahraga ringan sebelum ke kantor. Berolahraga membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih baik untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan begitu tubuh jadi lebih segar tanpa rasa kantuk.

Minum Cukup Air

Kurang minum air dapat menyebabkan Anda sering mengantuk, kenapa? Karena saat tubuh kekurangan air volume darah mengental dan itu akan membuat kerja jantung jadi berkurang sehingga membuat tubuh jadi lemas dan mudah mengantuk. Karena itu sebaiknya Anda minum cukup air di pagi hari ataupun saat berada di tempat kerja.

Sarapan Sehat

Sangat penting agar Anda memulai hari dengan sarapan, agar tubuh Anda tidak lesu dan lemas karena kekurangan energi yang akhirnya membuat Anda jadi mudah mengantuk. Sebaiknya sediakan makanan yang mengandung zat besi, biji-bijian, gizi, protein dan vitamin sebagai menu sarapan Anda setiap hari.

Rapihkan Meja Kerja

Tahukah Anda kalau meja kerja yang berantakan juga bisa menyebabkan Anda jadi sering ngantuk? Menurut studi Princeton University, meja yang tidak rapih dapat membuat Anda jadi kesulitan untuk fokus dan membatasi otak untuk memproses informasi. Karena itu Anda jadi susah konsentrasi dan jadi lebih mudah mengantuk. Nah, untuk mengatasinya sebelum pulang ke rumah sempatkan waktu untuk merapihkan meja kerja Anda.

Jadi Pekerja yang Lebih Realistis

Untuk meraih sukses kita memang harus bekerja keras. Hal ini pula yang kadang membuat kita jadi harus meluangkan waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi menurut profesor psikiater yang berasal dari New York University, hal tersebut justru membuat kita mengalami susah konsentrasi dan susah untuk puas diri. Hal ini dapat berujung pada menurunnya energi saat bekerja dan akhirnya jadi lebih mudah ngantuk. Karena itu sebaiknya Anda menjadi pekerja yang lebih realistis termasuk saat ada rekan kerja Anda yang meminta bantuan. Sesekali beranikan diri untuk mengatakan tidak tentu tidak ada salahnya.

LEAVE A REPLY