Disaat Anda berhasil menjalani masa-masa berat untuk lulus kuliah, tentu Anda merasa sangat bangga. Apalagi dimomen-momen para petinggi kampus memberikan gelar sarjana saat prosesi wisuda. Rasa bangga menjadi seorang sarjana pun begitu menggelegar di dalam diri. Tapi apa selanjutnya?

Setelah sarjana bukan berarti perjalanan hidup Anda akan lebih mudah. Anda akan berhadapan dengan dunia nyata, dimana Anda dan ribuan sarjana lainnya akan bersaing dengan satu atau dua kursi pada sebuah perusahaan. Anda sudah siap menghadapi itu? Apalagi faktanya gelar sarjana tidak menjadi jaminan kalau Anda akan langsung diterima bekerja, bahkan sudah bukan rahasia lagi kalau di luar sana ada banyak sarjana pengangguran.

Mudah Mencari Pekerjaan oleh SegiEmpatSebagai seorang sarjana berkualitas Anda tentu tidak ingin bernasib seperti itu bukan? Nah, untuk itu saya punya 4 cara yang dapat memudahkan Anda mencari pekerjaan.

Tingkatkan Kualitas Diri Anda

Di masa kuliah tentu Anda mendapatkan begitu banyak teori. Mulai dari teori A sampai Z. Hal ini sebenarnya cukup berpengaruh terhadap kualitas diri Anda, yang membuat Anda menjadi terlalu idealis akan banyak hal. Disatu sisi ini memang bermanfaat bagi Anda tapi disisi lain sikap idealism justru bisa mempersulit Anda mendapat pekerjaan. Apalagi kalau sudah berlebihan.

Untuk itu saya sarankan agar Anda bisa meningkatkan kualitas diri Anda menjadi lebih baik, yaitu dengan berpikir realistis dalam idealisme Anda. Bingung maksudnya? Idealisme yang Anda dapatkan jadikan itu sebagai pedoman karir Anda. Tidak boleh begini, harus begitu dan lain sebagainya. Namun Anda juga harus bersikap realistis, karena ada kalanya hal yang sangat kita inginkan tidak dapat kita penuh tapi justru pada hal yang lainnya.

Survey Sejak Dini

Hal ini bisa Anda lakukan sejak Anda masih di bangku kuliah. Anda bisa mencari tahu bagaimana kriteria perusahaan, orang-orang yang ada di dalamnya sampai suasana kerja. Anda bisa mencari tahu lewat website resmi perusahaan atau sosial medianya para pencari kerja, seperti LinkedIn. Anda juga bisa mensurvey langsung dengan cara magang yang tentu lebih memudahkan Anda untuk mengetahui semua seluk-beluk pada sebuah perusahaan.

Perbanyak Diskusi dengan Orang-Orang yang Sudah Merasakannya

Sebagai orang yang baru mau masuk ke dunia kerja, Anda tentu bukanlah orang yang berpengalaman. Dalam artian Anda belum tahu betul bagaimana dan seperti apa dunia kerja yang sebenarnya. Sebenarnya hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat merusak kinerja dan karir Anda. Karena jika Anda tidak paham maka Anda dengan mudah dapat tersingkir. Untuk itu, tidak ada salahnya agar Anda memulai diskusi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Seperti orangtua Anda atau kakak Anda yang sudah bekerja. Tidak ada salahnya kan menghabiskan waktu akhir pekan dengan bersantai sambil bertukar pikiran mengenai dunia kerja.

Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas Tertentu

Ikut bergabung dengan sebuah organisasi atau komunitas merupakan salah satu langkah yang baik untuk lebih mengeksplorasi diri Anda. Untuk mencari tahu apa saja kelemahan dan kemampuan Anda. Jangan salah hal ini penting untuk membantu Anda mengenali dunia kerja dengan baik.

LEAVE A REPLY