Sukses adalah satu kata sederhana tapi itu adalah hal yang diinginkan semua orang dalam karirnya, mau itu di dunia kerja atau dunia bisnis. Alasannya pun sangat beragam, mulai karena ingin punya banyak uang atau karena ingin menikmati hidup yang nyaman. Ya karena punya banyak uang.

Kalau Anda sendiri sependapat dengan alasan itu, saya sebenarnya bisa menebak seperti apa karir Anda. Saya berani bertaruh kalau karir Anda sekarang ini masih belum sukses bukan?

Karir dan Pekerjaan Lebih Sukses oleh SegiEmpatBanyak orang yang memang sangat fokus untuk membuat langkah yang maksimal dalam pekerjaan yang ia lakukan demi meraih kesuksesan. Sayangnya hal ini sebenarnya kurang tepat, karena faktanya Anda seharusnya fokus pada diri Anda sendiri untuk bisa meraih kesuksesan itu bukan pada pekerjaan atau karir Anda. Nah, untuk itu ini beberapa cara yang Anda butuhkan agar karir dan pekerjaan lebih sukses.

Fokus pada Diri Sendiri

Mungkin Anda sendiri bingung kenapa saya sebutkan di atas kalau Anda harus fokus pada diri Anda sendiri ketimbang pada pekerjaan atau karir Anda. Jujur saat pertama kali membaca buku ‘The Happiness Track: How to Apply the Science of Happines to Accelerate Your Success” karya Seppala, saya juga sempat kebingungan. Tapi pada akhirnya saya mengerti kenapa.

Seppala mengatakan kalau sebenarnya kita akan meraih sukses dalam karir dan pekerjaan jika bisa menaruh perhatian lebih pada diri sendiri. Karena menurutnya semua indikator kesuksesan ada di dalam diri sendiri bukan pada pekerjaan. Kemauan, kreativitas dan mental adalah tiga faktor penting untuk bisa meraih kesuksesan di karir yang sedang Anda jalani, dan apakah semua itu ada pada pekerjaan Anda? Tidak, itu ada di dalam diri Anda sendiri.

Salah satu bukti yang nyata adalah saat Anda mengalami masalah. Mungkin Anda pernah berhadapan dengan masalah yang Anda sendiri sudah berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan solusinya. Tapi pada akhirnya Anda tidak pernah mendapatkannya, bahkan Anda menyalahkan diri sendiri karena itu. Anda pernah mengalami itu?

Seppala mengatakan sebenarnya Anda bisa menemukan solusi jika Anda tidak berusaha terlalu keras. Karena saat Anda terlalu fokus pada satu hal, faktanya otak justru kehilangan kreativitasnya karena harus menghabiskan tenaga untuk fokus pada hal yang terbatas. Sebaliknya saat Anda sedang santai dan rileks otak justru akan bekerja lebih kreatif, dan disaat itu Anda akan menemukan solusinya.

Berikan Perhatian pada Orang Lain

Diri sendiri dan orang lain, Seppala mengatakan kalau dua hal itu adalah cara yang Anda butuhkan untuk membuat karir dan pekerjaan lebih sukses. Kenapa? Karena saat kita memberikan perhatian dan peduli pada orang lain, kita akan mendapat dan merasakan kebahagiaan. Saat kita bahagia, tubuh akan bekerja maksimal untuk memberikan semangat, energi dan kreativitas. Selain itu saat kita memberikan perhatian, kepedulian dan kasih sayang orang lain akan memberikan hal yang sama pada kita. Termasuk membantu menyelesaikan banyak hal seperti masalah yang Anda hadapi nantinya.

LEAVE A REPLY