Seperti kehidupan pada umumnya, dimana selalu ada yang baik dan ada yang buruk atau bahkan ada yang seperti hidup di jaman penjajahan di tempat kerja hal tersebut juga terjadi.

Dibully di Tempat Kerja oleh SegiEmpatTidak semua orang bisa menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman kantornya. Bahkan nyatanya mayoritas pekerja pernah mengalami intimidasi di tempat kerjanya, atau seperti istilah yang jadi tren masa kini yaitu bully.

Kalau Anda selama ini selalu jadi korban dari pembicaraan orang-orang di belakang Anda, yang bahkan membuat Anda jadi terlihat buruk di hadapan atasan atau bos berarti Anda harus bisa keluar dari situasi seperti itu. Dibully di tempat kerja tentu sangat tidak menyenangkan bahkan nyatanya bisa membuat karir Anda anjlok. Jadi sebelum itu terjadi Anda harus bisa menghadapinya dengan cerdas. Nah, saya punya beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk itu.

Bangun dan Pertahankan Standar yang Tinggi

Umumnya kebiasaan buruk dan juga kinerja adalah hal yang selalu menjadi sasaran bully. Untuk itu Anda harus bisa membangun standar yang tinggi dan pertahankan hal tersebut. Anda wajib untuk tidak memberikan celah bagi mereka yang suka membully Anda di tempat kerja, karena celah sedikit pun akan bisa menghancurkan kredibilitas Anda. Anda harus bisa memperlihatkan kalau Anda adalah pekerja yang punya kemampuan dan berkompeten menjalani pekerjaan Anda dan menghadapi mereka dengan sehat.

Miliki Basis yang Kuat

Basis yang kuat disini punya dua hal. Pertama basis dalam diri Anda sendiri dan kedua adalah orang-orang yang ada di dekat Anda. Basis pertama Anda harus bisa memiliki mental yang kuat karena bukan tidak mungkin mereka membully Anda karena mereka menginginkan posisi Anda. Karena itu Anda harus bisa memiliki mental dan melakukan poin pertama di atas.

Dibully di Tempat Kerja oleh SegiEmpatBasis kedua Anda harus punya orang-orang yang mendukung Anda, tapi Anda tidak harus mencari dukungan dengan tampil layaknya orang-orang alay yang curhat di sosmed. Melainkan Anda harus memperlihatkan pada teman-teman Anda kalau Anda seorang pekerja keras yang prefesional. Sehingga apapun yang orang lain lakukan teman-teman Anda akan menjadi orang pertama yang membela Anda.

Bangun Komunikasi yang Sehat dengan Bos

Komunikasi disini bukan berarti Anda harus menjadi seorang penjilat atau bahkan tukang lapor. Tapi komunikasi yang saya maksud adalah komunikasi profesional akan kinerja dan kemampuan Anda untuk mengemban tugas. Kalau Anda memiliki bos yang profesional dan baik tentunya dia akan melihat hal itu ketimbang omongan yang lainnya.

Tapi Anda juga harus bersiap kalau cara-cara di atas tidak berhasil. Jika memang pada akhirnya Anda gagal dan Anda sudah tidak tahan dengan bully dari mereka, Anda bisa memikirkan untuk mencari pekerjaan yang baru. Tapi ingat, jadikan pengalaman buruk Anda sebagai pelajaran agar Anda lebih siap di tempat yang baru.

LEAVE A REPLY