Home » Tips & Cara » Umum » Pengembangan Diri » Cara Tampil Menarik Saat Tes Wawancara

Cara Tampil Menarik Saat Tes Wawancara


Cara Tampil Menarik Saat Tes WawancaraSeseorang bisa dinilai dari caranya berpenampilan maka sudah sewajarnya jika misalnya Anda memperhatikan penampilan. Apalagi misalnya pada saat Anda mau melamar kerja pada sebuah perusahaan maka cara berpenampilan Anda tidak luput dari penilaian. Dan kesalahan umum yang dilakukan oleh orang yang melamar kerja adalah mereka tidak memperhatikan penampilan mereka. Atau ada yang memperhatikan penampilan tetapi justru tampil mencolok. Anda hanya perlu memperhatikan hal-hal yang sederhana agar penampilan Anda terlihat rapi dan natural. Selain itu dengan berpenampilan menarik Anda bisa lebih percaya diri untuk mengikuti tes. Di kesempatan ini kita akan mengulas khusus bagaimana Anda berpenampilan rapi dan menarik ketika tes wawancara. Pada saat tes wawancara Anda akan diperhadapkan dengan orang yang akan mewawancarai Anda, dengan otomatis ia juga akan memperhatikan penampilan Anda. Cara berpakaian dan hal-hal lain yang mengenai cara Anda berpenampilan sangat mempengaruhi jalannya tes. Di bawah ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan pada saat tes wawancara kerja;

1. Memakai parfum aroma natural

Karena pada saat tes wawancara Anda akan diperhadapkan langusng dengan pewawancara maka usahakan pada saat tes Anda tidak memakai parfum yang aromanya terlalu menyengat. Parfum dengan aroma yang menyengat justru akan membuat sipewawancara akan merasa terganggu, oleh sebab itu penting untuk Anda ketahui. Menggunakan parfum dengan aroma natural atau baunya tidak terlalu menyengat tetapi tidak menghilangkan aroma wangi bisa Anda pilih. Banyak parfum yang tersedia di toko kosmetik parfum yang bisa Anda gunakan pada saat acara-acara tertentu salah satunya pada saat tes wawancara kerja misalnya.

2. Warna pakaian yang netral

Memilih warna pakaian yang netral seperti hitam, putih, biru gelap, atau coklat lebih cocok ketimbang Anda memilih warna cerah. Warna cerah pada saat Anda mengikuti tes wawancara justru akan menimbulkan kesan mencolok. Bahkan akan terlihat lucu dan konyol misalnya jika Anda menggunakan warna terang seperti pink atau orange. Jadi memilih warna pakain sangat penting untuk Anda perhatikan. Selain itu usahakan pakaian Anda juga rapi, perhatikan lipatan kerah atau pastikan pakain yang Anda pakai sudah disetrika sebelum mengikuti tes wawancara.

3. Hindari aksesoris berelebihan atau berpenampilan seksi

Hindari untuk menggunakan aksesoris yang berlebihan pada saat tes wawancara. Aksesoris berlebihan akan memunculkan kesan norak, kalau misalnya Anda menyukai aksesoris seperti cincin, kalung atau gelang maka pada saat mengikuti tes wawancara Anda cukup memakai seperlunya. Khusus untuk kaum perempuan yang perlu diperhatikan pada saat tes wawancara adalah menghindari penampilan seksi. Penampilan yang sewajarnya akan mengkomunikasikan secara verbal kepada pewawancara bahwa Anda adalah pribadi yang profesional.

4. Tetap tenang
Kondisi psykologis yang tenang adalah salah satu penampilan yang harus Anda jaga. Sekalipun misalnya Anda rapi, bersih, dan harum tetapi kalau kondisi psykologi Anda tidak tenang pada saat mengikuti tes wawancara maka itu akan banyak berpengaruh akan penilaian terhadap Anda. Usahakan tetap rileks dengan begitu Anda bisa terhindar dari rasa gugup .

Semoga tes wawancara Anda berhasil!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: