Otak kita ibaratnya sebuah prosesor dengan teknologi paling canggih. Karena otak kita dapat mengontrol apapun dan menyimpan informasi dalam bentuk apapun tanpa batas. Hanya saja ada kalanya otak pun dapat mengalami penurunan kinerja. Seperti yang umum terjadi pada banyak orang adalah sering lupa.

Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor, entah karena pengaruh usia, karena asupan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik atau karena kesibukan. Apakah Anda mengalaminya?

Susah mengingat atau gampang lupa tentu sangat merepotkan bukan? Jika Anda termasuk salah satu orang yang seperti itu maka Anda butuh 4 cara memperkuat ingatan Anda. Apa saja?

Cara Memperkuat Ingatan oleh SegiEmpatRutin Melakukan Permainan untuk Mengasah Otak

Bagaimana bisa Anda menguasai sesuatu? Jika ditanya mengenai ini tentu jawabannya adalah belajar dan terus berlatih. Nah, sesederhana itu pula caranya agar Anda bisa memperkuat ingatan Anda. Anda sebaiknya rutin melakukan permainan untuk mengasah otak seperti bermain rubik, catur ataupun bermain teka-teki silang. Selain membantu melatih otak permainan tersebut juga bisa membuat Anda mendapat pengetahuan baru.

Rutin Berolahraga dan Tidur yang Cukup

Olahraga dan tidur adalah dua aktivitas penting bagi setiap orang. Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan melatih tubuh, yang mana ini pastinya juga bermanfaat langsung pada otak. Begitu pula dengan tidur, waktu tidur yang cukup sangat penting untuk menyehatkan otak. Saat Anda kurang tidur hal tersebut akan membuat Anda jadi susah konsentrasi sehingga sulit untuk mengingat sesuatu.

Olah Stres dengan Baik

Jama sekarang, stres boleh dikata sebagai hal yang paling melekat dengan kehidupan kita. Padahal faktanya stres merupakan salah satu gangguan yang dapat melemahkan fungsi otak. Nah, untuk memperkuat ingatan Anda maka salah satu caranya adalah dengan mengolah stres dengan baik. Anda tidak harus menghindarinya tapi sebisa mungkin saat Anda mengalaminya tenangkan pikiran Anda.

Sediakan Waktu untuk Melakukan Hal Menyenangkan

Anda pasti tahu kalau mesin apapun itu punya batas waktu pemakaian, dan seiring dengan pemakaiannya maka kinerja mesin pun akan menurun. Kalau sudah begini, ada saja perangkat yang harus diperbaharui agar kinerjanya tetap maksimal atau mungkin rutin mengganti pelumasnya. Nah, diibaratkan sebagai mesin otak pun membutuhkan itu agar fungsi dan kinerjanya tetap optimal. Bedanya Anda butuh asupan makanan yang sehat dan bergizi serta memberikan waktu istirahat pada otak. Bukan hanya tidur tapi juga waktu yang menyenangkan pada otak.

Tanpa Anda sadari saat Anda melakukan kegiatan yang menyenangkan maka tubuh dan otak Anda jadi lebih segar, dengan begitu ingatan Anda pun tetap tajam.

Nah, sederhana bukan? Jadi untuk apa Anda ragu untuk melakukannya? Jangan jadi orang yang mudah lupa, bisa-bisa Anda sudah menikah tapi mengakunya masih bujang hehehe.

LEAVE A REPLY