Bagi seorang pekerja fenomena seorang karyawan yang “keluar-masuk” sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun hal ini tentu saja menjadi masalah tertentu bagi seorang pebisnis, karena dengan banyaknya karyawan yang datang dan pergi akan sangat menyita waktu.

Bagaimana tidak, saat karyawan lama keluar dan ada karyawan baru, tentu Anda seorang pebisnis dituntut untuk memberikan waktu lebih agar karyawan baru bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaannya. Belum lagi dengan masalah pengajaran terhadap pekerjaan sampai masalah kriteria yang sesuai. Hal ini tentu saja akan membuat Anda ikut “jatuh bangun”.

Cara Membuat Karyawan Betah Bekerja oleh SegiEmpatKalau bisnis sudah lancar fenomena keluar masuk ini memang bukan masalah, apalagi kalau perusahaan sudah makin besar. Tapi kalau baru merintis bisnis kondisi seperti itu pastinya sangat menyita waktu, belum lagi saat Anda harus memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis. Tapi tenang, itu tidak akan terjadi jika Anda tahu cara membuat karyawan betah bekerja dan loyal pada perusahaan Anda. Bagaimana caraya?

Perlakukan Karyawan Bukan Sebagai Karyawan

Seorang CEO di salah satu perusahaan terbesar dunia pernah mengatakan kalau karyawan itu sebenarnya bukan karyawan. Memang membingungkan tapi filosofi ini sebenarnya ada benarnya. Seorang karyawan memang merupakan pekerja di perusahaan Anda, tapi sebenarnya mereka bukanlah karyawan. Dalam artian mereka-lah calon-calon pemimpin perusahaan Anda, disaat Anda mungkin sudah tidak lagi bisa mengurus semuanya. Bukan hanya saat Anda memasuki masa tua tapi disaat perusahaan Anda semakin besar.

Berikan Motivasi

Di dunia kerja, selain kejujuran loyalitas adalah salah satu hal yang paling sulit ditemukan. Hanya saja sebenarnya hal tersebut dapat dibangun dengan motivasi. Bukan hanya motivasi pada diri sendiri tapi para karyawan juga butuh motivasi dari atasan. Bagi karyawan tidak ada motivasi lain yang terbaik selain masa depan yang cerah. Berikan dorongan pada karyawan Anda tentang masa depannya untuk menjadi seorang bos, tapi tentu dia harus punya semua kriteria seorang bos. Hal ini tidak hanya membuat karyawan Anda betah bekerja tapi dia juga akan berusaha mengubah diri agar lebih giat dan memenuhi kriteria terbaik.

Hilangkan Batasan Hubungan

Meski Anda adalah bos atau si pemilik perusahaan, bukan berarti Anda harus membatasi hubungan Anda. Jika Anda ingin karyawan Anda jadi loyal dan betah bekerja Anda harus bisa membangun hubungan yang dekat secara personal pada para karyawan Anda. Memang ada kalanya karyawan jadi berlebihan saat sudah merasa nyaman dan dekat, tapi itu hal yang biasa dan wajar sebagai manusia. Selama Anda sendiri bisa melihat dengan jelas dan tidak membeda-bedakan mereka.

Berikan Apresiasi dan Tepati Janji

Selain motivasi Anda juga harus bisa memberikan apresiasi terhadap karyawan Anda, apalagi kalau mereka memang bekerja dengan baik dan memberikan hasil pekerjaan yang membuat perusahaan makin berkembang. Sejumlah perusahaan umumnya memberikan jatah liburan atau voucher makan gratis di hotel mewah. Tapi selain memberikan apresiasi Anda juga harus bisa menepati janji Anda. Misalnya saat Anda memberikan motivasi seperti contoh di atas, tapi karena faktor keluarga Anda justru lebih memilih keluarga Anda untuk jadi bos ketimbang karyawan Anda yang sudah “makan asam garam” di perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY