Harus diakui kalau sekarang ini di tanah air, angka pengangguran masih sangat tinggi. Hal ini pun semakin diperparah dengan biaya hidup yang semakin mahal. Tak pelak orang-orang yang masih menganggur pun harus bertaruh dengan nasib agar tidak jadi tuna wisma yang hidup dipinggir jalan tanpa rumah, tanpa uang dan tanpa makanan.

Hal seperti itu tentunya merupakan mimpi buruk apalagi Anda yang sampai sekarang masih belum mendapat panggilan kerja. Nah, agar Anda tidak mengalaminya penting agar Anda melakukan beberapa cara agar tidak kehabisan uang saat menganggur berikut ini. Tidak mau kan dari seorang jobless jadi homeless?

Cara Agar Tidak Kehabisan Uang saat Menganggur oleh SegiEmpatRencanakan dengan Cermat

Menganggur, tanpa ada kegiatan yang bisa membuat dapur terus berasap sebenarnya sangat berisiko dengan kehancuran total. Apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga. Mungkin untuk beberapa saat setelah berhenti bekerja Anda masih bisa mencukupi kebutuhan. Namun pada akhirnya mau tidak mau Anda bisa mengalami kehancuran total. Anak dan istri Anda tidak Cuma butuh tempat tinggal tapi butuh makan dan butuh pendidikan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi sejak hari pertama Anda menganggur Anda mutlak memiliki rencana. Rencanakan setiap pengeluaran yang akan Anda keluarkan setiap harinya. Tidak perlu takut untuk menurunkan taraf hidup Anda untuk sementara waktu. Misalnya jika setiap hari Anda makan daging ayam, kali ini mungkin Cuma ikan atau sebutir telur ayam. Selain itu Anda juga harus merencanakan pengeluaran biaya-biaya lain dengan cermas misalnya uang bahan bakar kendaraan atau uang transportasi saat Anda bepergian melamar pekerjaan. Kencangkan ikan pinggang kapten! Sebelum kapan Anda tenggelam.

Jangan Habiskan Waktu Anda dengan Percuma

Waktu adalah uang. Hal ini sebenarnya tidak Cuma terjadi saat Anda masih bekerja tapi juga saat Anda jadi seorang pengangguran. Mayoritas orang-orang yang tidak bekerja lebih sibuk menghabiskan waktu berkualitas untuk dirinya sendiri, dibanding menghabiskan waktunya untuk berusaha agar dapur tetap mengepul.

Hal tersebut tentu tidak boleh Anda lakukan, waktu adalah uang semakin banyak waktu Anda buang maka uang pun akan semakin terbuang. Ujung-ujungnya Anda bisa kehabisan uang kan? Jadi pastikan setiap waktu yang Anda punya sekarang, Anda habiskan dengan usaha mencari kerja. Tapi sebaiknya saat mencari kerja jangan cari yang ingin Anda tahu saja tapi cari yang Anda butuhkan. Semakin baik Anda mengalokasikan waktu dengan tepatt maka Anda akan semakin terhindar dari kehabisan uang.

Manfaatkan Bantuan Tapi Jangan Jadi Kesukaan

Sebagai makhluk sosial, kita harus selalu berbuat baik kepada setiap orang. Tujuannya bukan cuma untuk menjalin tali silaturahmi tapi juga saling membantu disaat kesusahan. Jika Anda baik maka saat Anda kesusahan orang-orang lain pasti akan tergerak untuk membantu Anda.

Anda bisa memanfaatkan ini, tapi tidak untuk jadi kebiasaan atau bahkan jadi kesukaan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan bantuan tapi bukan untuk bantuan ekonomi melainkan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan lupa bantuan juga punya masa expire.

LEAVE A REPLY