Untuk masalah karir maka semua orang tentunya setuju kalau kata “sukses” itu adalah hal yang paling utama. Meski setiap orang mungkin berbeda-beda kalau ditanya seperti apa yang termasuk sukses itu. Namun indikator dari kesuksesan itu adalah karir yang berkembang dan terus berkembang.

Tapi kalau Anda selama ini sudah bekerja selama bertahun-tahun namun hanya berada di posisi yang sama, bisa dipastikan kalau karir Anda “jalan ditempat”. Apakah ini bisa dibilang sukses? Tentu tidak bukan.

Sebagai seorang pekerja yang ingin karirnya sukses, tentu kondisi seperti itu ibarat mimpi buruk. Hanya saja tentu Anda juga tidak boleh diam dan menunggu perusahaan Anda mengeluarkan kebijakan. Tapi Anda harus bergerak agar karir Anda terus berkembang. Nah, untuk itu saya punya beberapa cara agar karir tidak jalan ditempat, semoga bisa memberikan Anda masukan sekaligus motivasi dalam menjalani karir Anda.

Cara Agar Karir Tidak Jalan Ditempat oleh SegiEmpatTentukan Target

Untuk mencapai sesuatu tentu Anda harus tahu apa yang Anda ingin capai. Sayangnya kebanyakan orang justru lebih cenderung “mengalir” untuk mengikuti apa yang sedang tren.

Karena itu ini adalah hal pertama yang wajib Anda pikirkan. Tentukan target Anda dan pastikan Anda memilih karir yang sesuai. Misalnya jika Anda ingin menjadi seorang CEO hebat atau mungkin sebuah direktur dari perusahaan tertentu pastinya Anda tidak bisa bekerja di perusahaan lain bukan? Ibaratnya ingin membeli sebotol minuman tapi yang Anda dapat hanya pasta gigi.

Susun Rencana

Saya sempat sedikit merasa aneh dengan seorang teman yang ingin sukses dalam bidang kuliner. Dia sebenarnya punya modal yang matang karena dia berangkat dari seorang koki. Sayangnya setelah beberapa kali membuka usaha makanan, dia selalu berakhir dengan gulung tikar.

Dari analisa penyebab sebenarnya bukan hanya pengaturan keuangan yang amburadul, tapi karena dia juga tidak punya rencana untuk mendapatkan targetnya. Apa yang sudah ramai dijual orang, dia juga ingin menjualnya sambil berharap kalau dagangannya lebih laris. Hal seperti ini tentu tidak boleh Anda lakukan, jadi pastikan Anda punya rencana. Misalnya jika ingin jadi pengusaha sukses dibidang kuliner perhatikan menu apa yang Anda berikan pada konsumen Anda dan apa yang membuatnya berbeda.

Nikmati Prosesnya

Pada prosesnya ada banyak hal yang akan Anda hadapi. Tanpa perencanaan dan mental yang kuat Anda karir Anda tetap bisa jalan ditempat. Karena itu Anda harus bisa menikmatinya. Nikmati semua susahnya, nikmati semua perjuangannya dan nikmati semua pasang surutnya.

Analisa

Dalam usaha Anda, tentu Anda juga wajib menganalisa setiap rencana yang sudah Anda lakukan. Ukur seberapa jauh usaha dan upaya yang sudah Anda lakukan dengan hasil yang sudah Anda capai. Bandingkan bagaimana Anda memulainya dulu dan sekarang.

Perbaikan

Pada prosesnya Anda mungkin akan menemukan banyak “celah-celah” yang mengancam kesuksesan Anda karena itulah tujuannya untuk menganalisa. Karena itu langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan.

Berkaca dari kejadian teman saya, kenapa dia selalu bangkrut dalam usahanya itu karena dia tidak pernah melakukan perbaikan. Mulai dari menjual menu yang sama, kurang berkreasi, tidak konsisten dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar karir Anda berkembang, namun pastikan pula Anda bisa mempelajari dan memperbaikinya.

LEAVE A REPLY