Home » Tips & Cara » Umum » Pengembangan Diri » 9 Cara Dan Tips Agar Kebiasaan Baru Dapat Melekat Dalam Diri Anda

9 Cara Dan Tips Agar Kebiasaan Baru Dapat Melekat Dalam Diri Anda


9 Cara Dan Tips Agar Kebiasaan Baru Dapat Melekat Dalam Diri Anda Oleh SegiempatBukankah hal yang baik jika semua hal berjalan secara otomatis? Membereskan rumah, olahraga, makan makanan sehat, serta bekerja dilakukan secara otomatis. Kecuali Anda dapat menciptakan robot pembantu, semua pekerjaan Anda tidak akan habis dalam satu malam. Tetapi jika Anda mengubah tingkah laku Anda, dan membuat kebiasaan baru, Anda dapat melakukan hal-hal secara otomatis tanpa Anda sadari.

Dengan sedikit disiplin awal, Anda bisa membuat kebiasaan baru yang membutuhkan sedikit usaha agar dapat dipertahankan. Dibawah ini akan diberikan cara dan tips untuk membuat kebiasaan baru dan membuatnya melekat dalam diri Anda.

 

1. Komitmen Dalam 30 Hari

Tiga atau empat minggu adalah waktu yang Anda butuhkan agar membuat sebuah kebiasaan dilakukan secara otomatis. Jika ANda dapat melelwati fasi conditioning awal, kebiasaan tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dipertahankan. Satu bulan adalah waktu yang pas untuk membuat komitmen perubahan, karena rentang waktu tersebut sesuai dengan kalender Anda.

2. Lakukan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Konsistensi adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin membuat kebiasaan baru dapat melekat. Jika Anda ingin mulai berolahraga, pergilah ke gym setiap hari dalam satu bulan pertama Anda. Pergi ke gym beberapa kali dalam seminggu akan membuat kebiasaan itu sulit terbentuk. Aktifitas yang Anda lakukan sekali dalam beberapa hari lebih sulit untuk jadikan sebuah kebiasaan.

 

3. Lakukan Dengan Sederhana

Jangan coba-coba untuk mengubah seluruh hidup Anda dalam satu hari. Jika Anda ingin belajar 2 jam dalam sehari, pertama-tama Anda harus membangun kebiasaan belajar 30 menit dalam sehari, dan lalu mengembangkan kebiasaan tersebut.

 

4. Ingatkan Diri Anda Sendiri

Sekitar 2 minggu pertama dalam bulan pertama saat membangun kebiasaan baru, bisa membuat Anda lupa akan kebiasaan tersebut. Letakkan reminder ataupun alarm yang menandakan kebiasaan Anda setiap harinya, atau Anda nantinya akan melewatkan kebiasaan Anda tersebut dalam beberapa hari.

 

5. Tetaplah Konsisten

Makin konsisten kebiasaan yang ingin Anda bangun, makin mudah kebiasaan itu akan melekat. Jika Anda ingin mulai berolahraga, cobalah untuk pergi ketempat yang sama, juga diwaktu yang sama dalam 30 hari. Hal ini dapat membuat kebiasaan baru dapat melekat.

 

6. Carilah Teman

Carilah seseorang yang akan menemani Anda dan tetap menjaga Anda tetap termotivasi jika Anda merasa ingin berhenti.

 

7. Buatlah Trigger

Trigger adalah sebuah ritual sebelum melaksanakan kebiasaan Anda. Contohnya, jika Anda ingin berhenti merokok, Anda bisa berlatih untuk menyentakkan jari Anda setiap kali Anda merasakan dorongan untuk merokok.

 

8. Gantilah Kebutuhan Yang Hilang

Jika Anda menghilangkan suatu kebutuhan pada saat membangun kebiasaan baru, pastikan Anda mencukupi diri Anda untuk mengganti kebutuhan yang telah hilang tersebut. Jika menonton TV menjadikan Anda lebih rileks, gantilah kebiasaan menonton itu menjadi meditasi ataupun membaca.

 

9. Jadilah Orang Yang Tidak Sempurna

Jangan mengharapkan semua percobaan untuk merubah kebiasaan yang Anda lakukan itu akan langsung berhasil. Lakukan yang terbaik untuk diri Anda sendiri, dan ingat, bahwa didepan nanti pasti ada halangan yang harus Anda lewati.

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: